Jika Dibiarkan, Asam Urat Bisa Memicu Penyakit Ini

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Secara alami, tubuh kita memproduksi zat asam urat. Biasanya, produksi zat asam urat ini terkait dengan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin. Makanan-makanan yang kaya akan kandungan ini adalah makanan laut, jeroan, emping, minuman beralkohol, dan beberapa jenis sayuran atau kacang-kacangan.

Masalahnya adalah jika dibiarkan, penyakit asam urat tak hanya menyebabkan gejala seperti sensasi nyeri, pembengkakan, rasa kaku, hingga kemerahan pada persendian, melainkan juga memicu datangnya berbagai penyakit lainnya. Salah satunya adalah penyakit ginjal atau batu ginjal.

Ginjal adalah organ tubuh utama yang memiliki fungsi menyaring asam urat di dalam tubuh kita. Jika sampai kadar asam urat sangat tinggi, maka ginjal pun harus bekerja dengan sangat keras demi menyaringnya. Kinerja berlebihan ini akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, dihasilkan fakta bahwa kadar asam urat yang berlebihan akhirnya menyebabkan penyakit ginjal progresif dan akhirnya berimbas pada gagal ginjal, penyakit yang membuat penderitanya harus menjalani cuci darah secara rutin agar bisa tetap sehat dan bertahan hidup.

Selain penyakit ginjal atau gagal ginjal, masalah asam urat juga bisa menyebabkan batu ginjal. Tingginya kadar asam urat membuat kristal asam urat akhirnya terbentuk dan menumpuk di dalam ginjal, kandung kemih, dan tabung ureter yang menjadi penghubung antara ginjal dan kandung kemih. Jika sampai penderita asam urat juga sering terkena dehidrasi, maka risiko terkena batu ginjal akan meningkat dengan signifikan.

Jika sampai dibiarkan, penyakit asam urat atau gout bisa menjadi semakin parah. Biasanya, serangan asam urat ini akan lebih sering muncul pada persendian dan tulang pada jari-jari. Jika sampai membengkak dan menyebabkan rasa sakit, maka persendian juga akan menjadi lebih sulit untuk digerakkan. Selain itu, serangan asam urat juga cenderung lebih sering muncul di tengah malam yang tentu akan memicu gangguan tidur. Dalam banyak kasus, penumpukan kristal yang berujung pada benjolan pada persendian dengan ukuran yang cukup besar juga bisa merusak tulang dan tulang rawan serta menyebabkan kematian sendi.