Penderita Asam Lambung Boleh Minum Kopi Ini

kopi-doktersehat
Photo Source: Twitter/kopiombak

DokterSehat.Com– Penderita asam lambung biasanya memilih untuk tidak minum kopi meski sangat menyukai rasanya. Hal ini disebabkan oleh kekhawatiran akan terkena serangan asam lambung yang menyakitkan. Padahal, menurut pakar kesehatan, mereka sebenarnya masih bisa minum kopi. Kopi apa yang aman untuk mereka konsumsi?

Kopi yang aman bagi penderita asam lambung

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kopi dingin atau es kopi ternyata masih boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena tidak akan memicu serangan penyakit ini. Bahkan, produksi asam lambung bisa ditekan dengan signifikan sehingga perut akan tetap terasa nyaman saat mengonsumsinya.

Berdasarkan sebuah penelitian, es kopi memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi panas. Rata-rata kadar asam di dalam kopi dingin hanyalah 6,31, sementara itu di dalam kopi panas bisa mencapai 5,48. Sebagai informasi, semakin rendah tingkat kadar keasaman kopi, semakin tinggi pula sifat asamnya.

Bagaimana bisa kopi dingin atau es kopi memiliki kadar keasaman yang lebih rendah? Pakar kesehatan menyebut air panas yang dipakai untuk menyeduh kopi ternyata mampu membuat asam pada biji kopi menjadi semakin pekat. Sementara itu, es justru mampu membuat konsentrat kopi menjadi lebih encer.

Porsi yang aman bagi penderita asam lambung untuk minum kopi

Meskipun penderita asam lambung masih bisa mengonsumsi es kopi, pakar kesehatan juga menyarankan mereka untuk membatasi konsumsinya. Normalnya, orang dewasa masih bisa mengonsumsi kopi sekitar tiga atau empat cangkir saja setiap hari agar tidak mengonsumsi kafein lebih dari 300-400 mg, batasan aman asupan kafein bagi tubuh. Hanya saja, penderita asam lambung sebaiknya membatasinya sekitar satu atau dua cangkir saja. Jika tidak, maka risiko terkena kenaikan asam lambung akan meningkat atau bahkan terkena gejala lain seperti sering buang air kecil, peningkatan tekanan darah, dan lain-lain.

Beberapa tips yang bisa dilakukan penderita maag untuk minum kopi

Meskipun memiliki rasa yang nikmat dan bisa membuat kita menghilangkan rasa kantuk, penderita maag memang harus berhati-hati saat minum kopi. Jika sembarangan meminumnya, bisa jadi serangan maag akan muncul dan mereka pun tidak akan bisa beraktivitas dengan normal.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan penderita maag jika ingin minum kopi.

  1. Memilih kopi yang tepat

Ada banyak sekali jenis kopi yang bisa dikonsumsi. Selain itu, cara pengolahan kopi juga mempengaruhi kadar kafein atau tingkat keasamannya. Berdasarkan sebuah penelitian, semakin lama proses pemanggangan biji kopi, semakin asam pula rasanya, semakin meningkat kadar kafeinnya, dan semakin gelap warnanya.

Penderita maag biasanya akan diminta untuk memilih kopi arabika yang cenderung lebih lembut dan manis. Kadar kafeinnya juga hanya 1,2 persen, lebih rendah dibandingkan dengan kadar kafein di dalam kopi robusta yang mencapai 2,2 persen. Hanya saja, kopi arabika ini juga sebaiknya dijadikan minuman dingin demi menurunkan kadar keasamannya.

Meskipun begitu, jika kita ingin mencoba kopi panas, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengolah kopi arabika dengan teknik dark roast yang masih aman untuk dikonsumsi karena tidak akan menyebabkan kenaikan asam lambung dengan berlebihan.

  1. Tambahkan susu pada kopi

Susu termasuk dalam minuman yang baik bagi penderita asam lambung sehingga bisa dicampurkan pada kopi. Hanya saja, susu yang sebaiknya kita pilih adalah susu rendah lemak atau susu skim, bukannya susu full cream yang justru bisa memberikan efek buruk bagi penyakit ini.

  1. Jangan berlebihan

Pakar kesehatan menyarankan penderita maag untuk mengonsumsi kopi maksimal secangkir saja dalam sehari. Bahkan, kita juga sebaiknya memilih cangkir dengan ukuran kecil sehingga akan bisa mencegah kenaikan asam lambung setelah mengonsumsinya.