Asam Alfa Lipoat (ALA) – Informasi, Cara Kerja, Dosis dan Indikasi (1)

Obat Asam Alfa Lipoat (ALA)-doktersehat

Apakah Anda pernah mendengar tentang asam alfa lipoat? Mungkin Anda bertanya-tanya asam alfa lipoat obat apa. Asam alfa lipoat adalah antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas. Manfaat asam alfa lipoat sangat besar untuk kesehatan. Fungsi asam alfa lipoat ini salah satunya adalah untuk mencegah adanya kerusakan oksidatif karena adanya pengaruh radikal bebas di dalam tubuh.

Sebenarnya, asam alfa lipoat adalah antioksidan yang dapat diproduksi oleh tubuh secara alami. Namun, dalam beberapa kondisi tertentu, seseorang yang kekurangan asam alfa lipoat membutuhkan tambahan asam alfa lipoat dari luar tubuh. Suplemen asam alfa lipoat dapat dibutuhkan untuk beberapa kondisi tertentu. Namun, meskipun manfaat asam alfa lipoat ini sangat besar, tetap saja penggunaan suplemennya harus berada di bawah pengawasan dokter agar tidak terjadi over dosis atau pun kekurangan dosis yang menyebabkan penggunaan suplemen menjadi kurang efektif.

Kini Anda telah mengetahui tentang asam alfa lipoat. Namun, tentunya masih banyak informasi penting tentang asam alfa lipoat yang perlu untuk Anda ketahui lebih lanjut. Berikut ini telah dirangkumkan untuk Anda informasi lengkap tentang asam alfa lipoat yang perlu untuk diketahui.

Nama: Asam Alfa-Lipoat (ALA)
Nama Dagang:
Acetate Replacing Factor, A-Lipoic Acid, Acide Alpha-Lipoïque, Acide Alpha-Lipoïque R, Acide DL-Alpha-Lipoïque, Acide Lipoïque, Acide Thioctique, Acide 1,2-dithiolane-3-pentanoïque, Acide 1,2-dithiolane-3-valérique, Acide 5 Valérique (1,2-dithiolan-3-yl), Acide 6,8-dithiooctanoïque, Acide 6,8-Thioctique, Acido Alfa Lipoico, Asam alfa-lipoat Extract, ALA, Biletan, Extrait d’acide Alpha-Lipoïque, Lipoic Acid, Lipoicin, R-ALA, R-Asam alfa-lipoat R, S-Alpha Lipoic Acid, (R)-Lipoic Acid, R-Lipoic Acid, RS-Asam alfa-lipoat Thioctacid, Thioctan, Thioctic Acid, 1,2-dithiolane-3-pentanoic acid, 1,2-dithiolane-3-valeric acid, 6,8-dithiooctanoic acid, 6,8-thioctic acid, 5-(1,2-dithiolan-3-yl) valeric acid.

Tersedia Dalam Bentuk: 

  • Kaplet salut selaput 600 mg
  • Krim asam alfa lipoat 5%

Informasi Tentang Asam Alfa Lipoat

Mengingat manfaat asam alfa lipoat yang cukup besar untuk mencegah tubuh mengalami kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, barangkali Anda berpikir untuk menggunakan obat asam alfa lipoat ini untuk mencegah penyakit yang merugikan akibat radikal bebas. Namun, tetap saja konsumsi suplemen asam lipoat yang tidak sesuai dengan anjuran dokter bisa menyebabkan efek samping yang merugikan untuk penggunanya.

Beberapa efek samping dari asam alfa lipoat yang mungkin terjadi adalah sakit kepala, kram, kesemutan, ruam-ruam pada kulit, sakit perut, sembelit, dan mual-mual. Maka dari itu, informasi lengkap tentang asam alfa lipoat adalah penting untuk diketahui sebelum menggunakan suplemen dengan manfaat yang signifikan ini.

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang asam alfa lipoat yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Asam alfa-lipoat merupakan bahan kimia seperti vitamin disebut antioksidan. Jamur, hati, ginjal, bayam, brokoli, dan kentang merupakan sumber yang baik dari asam alfa-lipoat. Senyawa asam lipoat ini juga dibuat di laboratorium untuk digunakan sebagai obat.
  • Asam alfa-lipoat digunakan untuk diabetes dan gejala yang berhubungan dengan saraf diabetes termasuk pembakaran, rasa sakit, dan mati rasa di kaki dan tangan. Dosis tinggi asam alfa-lipoat disetujui di Jerman untuk pengobatan gejala-gejala tersebut.
  • Beberapa orang menggunakan asam alfa-lipoat untuk kondisi kehilangan memori, sindrom kelelahan kronis (CFS), HIV/AIDS, kanker, penyakit hati, penyakit jantung dan pembuluh darah (termasuk gangguan yang disebut cardiac neuropati otonom dan penyakit Lyme.
  • Asam alfa-lipoat juga digunakan untuk mengobati gangguan terkait mata, seperti kerusakan pada retina, katarak, glaukoma, dan penyakit mata yang disebut penyakit Wilson.

Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Asam alfa-lipoat tampaknya membantu mencegah beberapa jenis kerusakan sel dalam tubuh, dan juga mengembalikan kadar vitamin seperti vitamin E dan vitamin C. Ada juga bukti bahwa asam alfa-lipoat dapat meningkatkan fungsi dan konduksi saraf pada pasien diabetes.
  • Asam alfa-lipoat digunakan dalam tubuh untuk memecah karbohidrat dan membuat energi untuk organ-organ lain di dalam tubuh.
  • Asam alfa-lipoat tampaknya bekerja sebagai antioksidan, yang berarti bahwa itu mungkin memberikan perlindungan untuk otak dalam kondisi kerusakan atau cedera. Efek antioksidan juga mungkin membantu dalam penyakit hati tertentu.

Dosis Asam Alfa Lipoat dan Indikasi

Kondisi yang terkait pemberian asam alfa-lipoat:

  • Diabetes
  • Neuropati diabetes
  • Neuropati
  • Neuropati perifer
  • Nyeri neuropatik

Penggunaan asam alfa lipoat pada penderita dengan beberapa kondisi di atas bisa menyebabkan kontra indikasi pada penggunaan obat, misalnya kontra indikasi yang terjadi jika digunakan seiring dengan obat penurun kadar gula darah. Maka dari itu, penggunaan suplemen asam alfa lipoat harus disesuaikan dengan petunjuk dokter.

Untuk penatalaksanaan diabetes tipe 2 dan memperbaiki gejala seperti rasa terbakar, nyeri, dan baal pada kaki dan tangan (neuropati diabetes): 600 atau 1200 mg perhari.

Baca halaman selanjutnya jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang suplemen asam alfa lipoat yang dapat menangkan radikal bebas dan memberi efek menguntungkan bagi tubuh.

Asam Alfa Lipoat (ALA) – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4