Arumi Bachsin Keguguran, Ini Tips Pemulihan yang Harus Dilakukan

arumi-bachsin-doktersehat
Photo Source: Breakingnews.co.id

DokterSehat.Com– Kabar duka datang dari aktris cantik Arumi Bachsin. Usai mendampingi suaminya, Emil Dardak menjalani acara Serah Terima Jabatan di gedung DPRD Jawa Timur, ia mengalami keguguran. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kabar Arumi Bachin keguguran diungkapkan Emil Dardak

Saat menemani Arumi di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari, Surabaya, Senin, 18 Februari 2019 kemarin, Emil menyebut kelelahan bukanlah penyebab keguguran yang dialami istrinya. Emil menyebut istrinya mengalami masalah perkembangan embrio kehamilan yang berjalan sangat lambat.

Berhubung perkembangan embrionya tidak berlangsung dengan baik, dokter pun akhirnya meminta mereka mengeluarkan janin tersebut. Hal ini membuat Arumi juga mengalami perdarahan. Beruntung, tindakan medis segera diberikan kepada Arumi demi menyelamatkan nyawanya.

“Tadi dipastikan bahwa kondisi perkembangan embrio sudah tidak ada harapan dan tidak lagi sesuai dengan normal sebagaimana kehamilan di trimester pertama. Kami pun pun mematuhi anjuran dokter,” ucap Emil.

Emil sendiri mengaku kaget saat tahu Arumi mengalami perdarahan. Hal ini disebabkan oleh posisi mereka berdua yang tidak bersama setelah acara serah terima jabatan di DPRD Jateng. Emil harus datang ke Mapolda Jatim terlebih dahulu sementara Arumi dibawa pulang kediamannya di kawasan Jemursari setelah ada tanda-tanda kelelahan dan wajahnya terlihat sangat pucat.

“Saat melakukan silaturahmi dengan Kapolda Jatim, saya dikabari pendamping Mbak Arumi mengalami perdarahan. Jadi saya langsung kontak dokter yang dulu juga menangani persalinan anak kedua saya,” lanjutnya.

Sebenarnya, saat Rapat Paripurna Sertijab yang diadakan di pagi hari, Arumi sudah terlihat pucat.

“Bu Khofifah sempat berkata kalau Mbak Arumi terlihat pucat. Usai acara saya memintanya untuk pulang ke rumah. Ternyata baru sampai di rumah ia justru mengalami perdarahan sehingga langsung diberi bantuan medis,” cerita Emil.

Kondisi Arumi sudah membaik

Meski sempat dirawat di rumah sakit dan bahkan mendapatkan prosedur kuret, kondisi Arumi terus membaik sehingga pada hari ini, Selasa, 19 Februari 2019 mampu menjalani proses pelantikan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Tips pemulihan setelah keguguran

Keguguran adalah hal yang memilukan bagi setiap ibu. Selain kehilangan buah hati di dalam kandungan, mereka juga harus menjalani berbagai prosedur untuk membersihkan organ reproduksinya. Mereka juga harus menjalani berbagai hal untuk memulihkan diri setelah keguguran.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

  1. Mencegah infeksi

Ibu yang baru saja menjalani keguguran sebaiknya mencegah infeksi dengan menjaga kesehatan organ vitalnya. Selain itu, mereka sebaiknya tidak sembarangan berenang atau memakai sabun kewanitaan yang memiliki bahan kimia karena bisa saja memicu datangnya infeksi. Penggunaan pembalut atau tampon juga sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan.

  1. Tidak berhubungan intim untuk sementara

Karena mengalami perdarahan, ibu yang baru saja mengalami keguguran sebaiknya tidak berhubungan intim terlebih dahulu sekitar dua pekan. Bahkan, jika keguguran berlangsung dengan cukup berat, ibu hamil sebaiknya beristirahat lebih lama.

  1. Tetap berolahraga ringan

Bila dokter meminta ibu yang baru saja mengalami keguguran untuk beristirahat total, maka sebaiknya menurutinya. Hanya saja, ibu juga bisa melakukan olahraga ringan seperti peregangan otot atau berjalan kaki demi membantu proses pemulihan berjalan dengan lancar.

  1. Menerapkan pola makan yang sehat

Setelah keguguran, ibu membutuhkan banyak nutrisi sehat demi membantu proses pemulihan. Beberapa makanan yang sangat direkomendasikan adalah sayur bayam, hati ayam, salmon, rumput laut, produk gandum, buah-buahan, kacang-kacangan, dan alpukat.