Terbit: 7 Februari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Antonius Hapindra Kasim

Pernahkan Anda mendengar tentang daun artichoke? Artichoke biasanya diolah menjadi pendamping makanan seperti pizza, pasta, serta berbagai hidangan Amerika, Eropa, dan Mediterania. Tanaman juga dimanfaatkan sebagai suplemen. Ketahui apa itu artichoke, manfaat suplement artichoke, efek samping, dll.

Artichoke: Manfaat, Kandungan, Efek Samping, dll

Apa Itu Artichoke?

Artichoke adalah tanaman yang berasal dari Mediterania. Tanaman ini sering dianggap sebagai jenis sayuran, namun sebenarnya termasuk dalam jenis thistle. Thistle adalah sekelompok tanaman berbunga yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar berbagai obat herbal.

Jenis thistle ini memiliki nama latin Cynara cardunculus var. Scolymus yang juga tumbuh di Eropa selatan dan Afrika utara. Sejak zaman Mesir kuno, tanaman ini dijadikan obat alami untuk masalah pencernaan, penyakit kuning, refluks asam, dan banyak lagi. Artichoke juga dimanfaatkan dalam sedian suplement yang dijual bebas, namun belum ada uji medis terkait keamanan obat herbal ini.

Kandungan Artichoke

Tanaman ini memiliki berbagai kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh sehingga dijadikan sebagai suplemen dan obat herbal juga. Berikut ini adalah kandungan artichoke dalam setiap 128 grams porsi mentah, yaitu:

  • Karbohidrat 13,5 gram
  • Serat 6,9 gram
  • Protein 4,2 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Vitamin C 25% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Vitamin K 24% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Tiamin 6% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Riboflavin 5% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Niasin 7% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B6 11% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Folat 22% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Magnesium 19% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Iron 9% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Fosfor 12% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Kalium 14% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Kalsium 6% dari asupan harian yang direkomendasikan
  • Zinc 6% dari asupan harian yang direkomendasikan

Tanaman ini juga kaya akan serat, rendah lemak, rendah kalori, dan tinggi akan antioksidan. Berbagai kombinasi kandungan ini membawa manfaat kesehatan bila dikonsumsi.

Manfaat Artichoke

Artichoke diolah menjadi ekstrak, suplemen, dan obat herbal untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan manfaat obat herbal secara medis, namun tanaman ini telah digunakan sejak berabad-abad secara tradisional.

Berikut ini adalah manfaat artichoke yang dipercayai kebanyakan masyarakat, yaitu:

1. Mengatur Kadar Kolesterol

Artichoke dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Ekstrak daunnya mengandung luteolin yang berperan sebagai antioksidan untuk mencegah pembentukan kolesterol jahat serta membantu memproses kolesterol secara lebih efektif.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam untuk Menurunkan Kolesterol (Disertai Daun Lainnya)

2. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Berdasarkan penelitian yang masih dikembangkan, kandungan antioksidan tertentu dalam tanaman ini mungkin berperan dalam membantu melindungi kondisi hati dari kerusakan dan membantu meredakan gejala penyakit hati.

3. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Tanaman ini telah dipercaya sejak berabad-abad sebagai obat tradisional untuk beberapa gangguan pencernaan dalam pengobatan tradisional Mediterania.

Tanaman ini kaya akan serat yang berperan sebagai probiotik untuk mempercepat pergerakan usus, meningkatkan pencernaan lemak tertentu, dan mengatasi berbagai masalah pencernaan.

4. Membantu Menurunkan Gula Darah

Suplemen ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Belum dapat dipastikan kandungan apa yang bekerja dalam membantu menurunkan gula darah, namun ekstrak daunnya telah terbukti memperlambat aktivitas alpha-glucosidase yaitu enzim yang berpotensi mengatur kadar gula darah.

5. Memiliki Efek Antikanker

Ekstrak daunnya mengandung rutin, quercetin, silymarin, dan asam galat yang berperan sebagai antioksidan sebagai efek antikanker, namun dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

Baca Juga: Kanker: Jenis, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, dll

6. Membantu Meredakan Gejala Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus adalah iritasi pada usus besar yang menyebabkan sakit perut, kram, diare, sembelit, dan perut kembung.

Ekstrak daunnya juga mengandung senyawa antispasmodik yang berperan untuk mengatasi iritasi pada usus besar dengan cara meredakan peradangan dan menyeimbangkan bakteri usus di perut.

7. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Ekstrak dari tanaman ini mengandung enzim eNOS untuk melebarkan pembuluh darah. Tanaman ini juga kaya akan potasium, namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengetahui kandungan dan cara kerjanya dalam mengatur tekanan darah.

Baca Juga: 10 Manfaat Kembang Kol bagi Kesehatan (Kandungan Nutrisi Lengkap)

Cara Memasak Artichoke

Apabila Anda tertarik dan penasaran dengan rasa tanaman ini, cara memasaknya yang tidak terlalu sulit.

Tanaman ini dapat diolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkannya untuk pendamping hidangan pizza, pasta, salad, sup, atau roti panggang dengan campuran rempah dan bumbu lainnya.

Manfaat Suplemen Artichoke

Selain dikonsumsi dengan berbagai olahan makanan, artichoke juga dikemas dalam bentuk suplemen. Artichoke mengandung berbagai vitamin, mineral, nutrisi, dan bahan kimia untuk mengurangi berbagai gejala penyakit, namun belum ada penelitian medis yang mempublikasikan tentang bagaimana cara kerja suplemen ini dalam mengatasi berbagai indikasi penyakit.

Dosis Suplemen Artichoke

Berikut ini adalah dosis umum suplemen artichoke, yaitu:

  • Gangguan Pencernaan: Dosis 320-640 mg ekstrak daunnya sebanyak tiga kali sehari.
  • Masalah Kolesterol Tinggi: Dosis 1800-1920 mg per hari untuk ekstrak artichoke tertentu. Dosis 60-1500 mg per hari untuk suplemen dengan bahan aktif cynarin.

Dosis umum berkisar antara 300-640 mg sebanyak tiga kali sehari, namun belum diketahui aturan khusus dalam mengonsumsi suplemen ini. Dosis setiap orang mungkin berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatan, usia, jenis kelamin, dan indikasi lainnya.

Anda mungkin harus berkonsultasi dengan ahli obat herbal atau dokter untuk penggunaan suplemen ini secara tepat. Informasi kesehatan ini tidak menggantikan konsultasi langsung dengan dokter.

Efek Samping Artichoke

Beberapa pihak menganggap bahwa artichoke adalah tanaman beracun dan berbahaya bila dikonsumsi, namun tanaman ini aman dimakan baik pada bagian daun luar dan jantungnya.

Tanaman ini mungkin memiliki risiko efek samping, seperti:

  • Menimbulkan reaksi alergi apabila Anda memiliki riwayat alergi marigold, aster, ragweed, krisan, dan tanaman lainnya dalam famili tanaman Asteraceae atau Compositae.
  • Memperburuk kondisi obstruksi saluran empedu.

Anda mungkin harus berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi ekstrak atau suplemen ini apabila memiliki kondisi tersebut.

Interaksi Artichoke

Interaksi obat adalah kondisi ketika Anda mengonsumsi dua jenis atau lebih obat, vitamin, obat herbal, atau suplemen yang mungkin meningkatkan atau menurunkan efektivitas kandungan dari masing-masing substansi tersebut.

Belum ada data yang dipublikasikan tentang interaksi obat herbal atau suplemen artichoke, namun akan lebih baik untuk berkonsultasi pada dokter apabila Anda ingin mengonsumsi obat lain secara bersamaan.

Peringatan Penggunaan Artichoke

Olahan tanaman ini sebagai bahan pendamping makanan umumnya dianggap aman, namun Anda mungkin harus memerhatikan peringatan berikut ini:

  • Wanita hamil atau menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam bentuk apapun karena belum informasi valid tentang keamanan kandungan tanaman ini.
  • Dosis yang dianggap aman adalah 300–640 mg untuk suplemen.

Mengingat masih sangat sedikit informasi tentang efektivitas, kandungan, dan keamanan tentang obat herbal ini secara medis, harap tetap berhati-hati sebelum mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

 

  1. Jane Brown, Mary, PhD, RD (UK). 2019. Top 8 Health Benefits of Artichokes and Artichoke Extract. https://www.healthline.com/nutrition/artichoke-benefits#section2. (Diakses pada 7 Februari 2020).
  2. Levy, Jillian CHHC. 2019. Artichokes: Top 7 Benefits of Artichoke Nutrition (+ Recipes & Growing Tips). https://draxe.com/nutrition/artichokes/. (Diakses pada 7 Februari 2020).
  3. Moll, Jennifer, PharmD. 2019. The Health Benefits of Artichoke Leaf Extract. https://www.verywellhealth.com/can-artichoke-leaf-extract-lower-cholesterol-698105. (Diakses pada 7 Februari 2020).
  4. WebMD. 2020. Artichoke. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-842/artichoke. (Diakses pada 7 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi