Seperti Apa Aroma dari Air Mani atau Sperma?

bau-dari-sperma-doktersehat

DokterSehat.Com – Hal yang dianggap tabu tapi harus diketahui oleh semua orang termasuk wanita adalah aroma dari sperma atau air mani. Cairan yang keluar saat pria mengalami ejakulasi itu bisa berbeda-beda setiap harinya. Secara umum apa yang dimakan akan memengaruhi seperti apa aroma dari sperma yang akan muncul.

Aroma sperma dan kesehatan tubuh

Sperma yang keluar saat pria ejakulasi akan mengeluarkan aroma khusus. Nah, aroma khusus inilah yang akan menjadi tanda apakah kita sedang sehat atau tidak. Anda bisa mencium aromanya langsung sebelum masuk ke dalam vagina atau sebelum mencari karena terkena udara luar terlalu lama.

Karena aroma dari sperma atau air mani yang keluar bisa menjadi salah satu tanda apakah sedang terjadi gangguan atau tidak, kita disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin. Kalau ada aroma aneh yang berbeda dari aroma yang sebelum Anda keluarkan, berarti sedang ada masalah dan butuh penanganan segera.

Aroma yang muncul seperti amonia atau klorin

Kalau Anda mencium aroma amonia, klorin, atau aroma logam lainnya, berarti sperma atau mani dalam kondisi yang sehat. Dalam air mani yang keluar, sekitar 99% persen merupakan cairan atau substansi lain termasuk beberapa logam yang akan memberikan kondisi basa dengan pH sekitar 7,2-8.

Variasi aroma dari air mani mungkin saja terjadi khususnya saat melakukan seks. Hal ini cukup wajar karena di dalam vagina cukup asam dengan pH sekitar 3,8-4,5.

Aroma yang muncul seperti telur busuk dan secara umum tidak sedap

Aroma dari air mani yang terlalu amis atau baunya seperti telur busuk tidak normal, Sedang ada masalah yang terjadi pada tubuh atau karena salah makan. Kalau Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, daging merah, dan bawang putih, berarti tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Sebaliknya kalau aroma aneh muncul dan muncul tanda abnormalitas, kemungkinan besar sedan terjadi salah satu dari infeksi di bawah ini.

  • Infeksi yang terjadi akibat bakteri ini menyebabkan sensasi panas dan seperti terbakar. Selain itu ada juga cairan yang keluar dengan aroma sangat tidak sedap.
  • Infeksi bakteri yang ditandai dengan pembengkakan testis dan juga keluarnya cairan kuning dan hijau dari penis.
  • Inflamasi yang terjadi di prostat. Tanda dari penyakit ini adalah muncul darah di urine hingga nyeri saat mengalami ejakulasi.

Aroma alami dari sperma

Aroma asli dari sperma atau air mani yang keluar mirip sekali dengan aroma dari tanaman bernama Pyrus calleryana, sejenis tanaman buah pir di Amerika Utara. Saat pohon ini berbunga dan terkena angin, aroma dari air mani akan keluar. Tidak mengherankan kalau tanaman ini sering disebut semen tree atau pohon air mani.

Zat kimia yang muncul dari tanaman ini sama dengan zat kimia dari aroma tubuh, ikan, dan juga air mani. Selama aroma air mani Anda sama dengan aroma tubuh dan agak amis meski tidak berlebihan, kemungkinan besar sedang tidak ada masalah pada tubuh.

Pemicu perubahan aroma

Aroma dari sperma yang keluar dipengaruhi oleh banyak faktor. Secara umum, aroma akan dipengaruhi oleh beberapa hal di bawah ini.

  1. Sunat

Ada perbedaan yang mendasar antara mereka yang sunat dan tidak. Pertama, mereka yang mengalami sunat tidak akan ada kumpulan kotoran di kulup atau foreskin penis. Dampaknya air mani yang keluar tidak akan terkena dampak dari aroma yang tidak sedap itu,

Sebaliknya kalau Anda tidak sunat, kumpulan kotoran di bawah kulup akan besar dan terkonsentrasi. Dampaknya aroma tidak sedap akan lebih sering terjadi. Kalau Anda tidak sunat, ada baiknya untuk lebih memperhatikan sanitasi di penis agar tidak ada penumpukan kotoran.

  1. Keringat dan urine

Keringat dan urine bisa tertinggal di sekitar kulit dan memicu aroma dari air mani yang keluar jadi seperti klorin atau logam lainnya. Hal ini bisa terjadi karena ada banyak kandungan garam yang ikut keluar.

  1. Diet yang dijalankan

Kalau Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang manis seperti buah dan sayur, kemungkinan besar rasa dan aroma dari penis akan sedikit manis. Sebaliknya kalau banyak mengkonsumsi kopi atau berbagai jenis jamu herbal, rasa dan aroma pahit akan cenderung lebih dominan.

Kalau Anda tidak ingin mengalami masalah pada kualitas sperma dan aromanya, usahakan untuk diet dengan baik. Makan yang teratur dan tidak terlalu berbahaya seperti terlalu asin, manis, asam, dan pahit.

Bisakah aroma sperma diubah?

Jawabannya adalah bisa, selama kita memperhatikan apa yang dilakukan dengan baik, aroma bisa dibuat jadi lebih baik. Beberapa hal di bawah ini bisa membantu mengubah aroma dari air mani:

  • Menjaga sanitasi tubuh dengan baik setiap harinya. Saat mandi bersihkan area penis dengan sempurna, Anda yang tidak sunat perhatikan juga kebersihan di bawah kulup penis.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat, Anda bisa makan buah dan sayuran lebih banyak dibandingkan dengan makanan lain seperti gorengan atau sejenisnya.
  • Sebisa mungkin untuk membatasi konsumsi alkohol setiap harinya. Minuman ini juga memicu munculnya bau tidak sedap dari sperma yang keluar.
  • Sebisa Mungkin untuk menggunakan kondom kalau melakukan seks.

Inilah beberapa ulasan tentang aroma sperma atau air mani yang keluar saat pria sedang ejakulasi. Dari beberapa ulasan di atas terlihat dengan jelas kalau aroma bisa menjadi tanda kondisi kesehatan. Oleh karena itu kita disarankan untuk melakukan pengecekan secara rutin. Kalau ada masalah yang terjadi, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.