Terbit: 13 Desember 2019 | Diperbarui: 18 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Suami Nia Ramadhani, Ardi Bakrie membuat banyak orang terkejut saat mengunggah postingan yang menunjukkan bahwa dirinya mengonsumsi mi instan yang sudah kadaluarsa. Sebenarnya, tindakan yang dilakukannya berbahaya bagi kesehatan tidak sih?

Ardi Bakrie Makan Mi Kadaluarsa, Berbahayakah?

Dampak Makan Mi Kadaluarsa

Mi instan memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Makanan yang murah meriah dan mudah dibuat ini juga bisa mengenyangkan perut. Hanya saja, Ardi Bakrie sepertinya tidak begitu mempedulikan tanggal kadaluarsa dari mi instan yang dikonsumsinya. Dia mengaku sudah sangat lapar sehingga memilih untuk tetap mengonsumsinya.

“Eeeeh…belum 3 bulan deh expired-nya. Baru hampir 3 bulan. Aman, Bismillah,” tulisnya.

Memang, ada sebagian pakar kesehatan yang berpendapat bahwa mengonsumsi makanan kadaluarsa, asalkan tidak terlalu lama seperti satu atau dua hari usai melewati tanggalnya tidak berbahaya. Masalahnya adalah hal ini bisa saja menyebabkan efek buruk.

Bahkan jika tanggal kadaluarsanya sudah sangat jauh terlewati, bisa jadi akan menyebabkan keracunan makanan dengan gejala seperti muntah-muntah, sakit perut parah, hingga diare dan demam tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Meskipun begitu, pakar kesehatan Jenn Fillenworth menyebut mengonsumsi makanan yang sudah melewati masa kadaluarsa satu atau dua hari dari tanggal yang tertera di kemasan biasanya tidak begitu memberikan dampak kesehatan yang signifikan.

“Sebenarnya kita memang sebaiknya tidak makan makanan yang sudah melewati tanggal yang disarankan. Bisa jadi nilai gizinya sudah berubah atau hilang,” terangnya.

Melihat fakta ini, ada baiknya memang kita tidak sembarangan mengonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa. Jika sudah terlihat ada tanda-tanda bahwa makanan sudah basi, bisa jadi mengonsumsinya akan memicu keracunan atau dampak kesehatan lainnya.

Fakta Tanggal Kadaluarsa pada Kemasan Makanan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa informasi terkait dengan tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan makanan.

Berikut adalah fakta yang harus diketahui:

  1. Penjelasan Tanggal “Sell by”

Jika di kemasan makanan tertera tanda “Sell by”, hal ini menandakan tentang seberapa lama produk makanan ini boleh ditampilkan di toko. Pastikan bahwa kita membeli makanan dengan tanggal yang belum melewati tanda ini.

Hanya saja, dalam banyak kasus makanan yang sudah beberapa hari melewati tanggal ini masih dalam kondisi yang baik dan aman untuk dikonsumsi karena tanggal ini biasanya hanya menandakan kualitas terbaik makanan.

  1. Penjelasan Tanggal “Best Before”

Tanda kemasan makanan “Best before” atau “Best if used by” menandakan bahwa sebelum tanggal tersebut, kualitas atau kesegaran makanan berada dalam kondisi paling baik. Sebagai contoh, roti yang sudah melewati tanggal tersebut satu atau dua hari masih bisa dikonsumsi dan belum berjamur meskipun kesegarannya sudah menurun.

  1. Penjelasan Tanggal “Use by”

Tanggal ini menandakan bahwa hari tersebut adalah hari terakhir produk makanan bisa dikonsumsi. Setelahnya, produk makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi.

  1. Penjelasan Tanggal “Expiration” atau “Exp”

Setelah melewati tanggal ini, sebaiknya produk makanan tidak lagi dikonsumsi dan dibuang saja. Biasanya tanggal ini bisa ditemukan dalam makanan kemasan atau kalengan.

  1. Penjelasan Tanggal “Baik Digunakan Sebelum”

Tanggal ini hanya berlaku jika kemasan produk belum dibuka. Jika sudah dibuka, sebaiknya segera menghabiskannya dan tidak disarankan mengikuti tanggal yang tercantum.

Meskipun begitu, dalam beberapa kasus, makanan sudah mengalami penurunan kualitas dengan drastis bahkan sebelum melewati tanggal yang tercantum dalam kemasan. Biasanya hal ini disebabkan oleh kemasan yang rusak atau bocor. Jika kita melihat tanda-tanda seperti aroma, tekstur, atau rasa yang sudah tidak layak, sebaiknya tidak mengonsumsinya.

 

Sumber:

  1. Sifferlin, Alexandra. 2013. Is Your Food Expired? Don’t Be So Quick to Toss It. http://healthland.time.com/2013/09/18/is-your-food-expired-dont-be-so-quick-to-toss-it// (Diakses pada 13 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi