Lebih Baik Pilih Apel Hijau atau Apel Merah?

apel-doktersehat

DokterSehat.Com– Jika dicermati, terdapat dua jenis warna apel yang bisa kita temui di pasaran, yakni apel merah dan apel hijau. Apel merah dianggap sebagai apel impor, sementara apel hijau seringkali dianggap sebagai apel lokal. Hanya saja, mana yang sebaiknya dipilih dari dua jenis apel tersebut?

Kandungan sehat di dalam apel

Apel dikenal luas sebagai salah satu buah yang paling tinggi nutrisinya bagi kesehatan. Meski sangat rendah kalori dan lemak, apel tinggi kandungan serat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan pektin. Rutin mengonsumsi apel bisa membantu kita mencegah datangnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti alzheimer, kanker paru, masalah jantung, diabetes, kanker payudara, dan penyakit lainnya.

Kandungan vitamin C di dalam satu butir apel bahkan mencapai 14 persen dari kebutuhan harian tubuh. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya akan membantu sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Karena alasan inilah ada istilah yang menyebut apel bisa membantu kita tak perlu lagi datang ke dokter.

Kandungan di dalam apel merah

Pakar kesehatan menyebut apel merah dan apel hijau cenderung memiliki kandungan serat dan vitamin C yang seimbang. Hanya saja, di dalam apel merah terdapat kandungan beta karoten yang lebih tinggi dibandingkan dengan apel hijau. Hal inilah yang membuatnya memiliki warna merah.

Sebagai informasi, beta karoten memiliki fungsi layaknya antioksidan yang bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari paparan buruk radikal bebas. Selain itu, kandungan ini juga bisa mencegah peradangan, serangan virus, dan menurunkan risiko terkena kanker.

Warna merah pada apel ini juga berasal dari pigmen antosianin. Antosianin juga bisa berfungsi sebagai antioksidan pelindung tubuh dari berbagai macam masalah kesehatan.

Kandungan di dalam apel hijau

Memang, kandungan beta karoten di dalam apel hijau tak sebanyak di dalam apel merah, namun bukan berarti apel hijau tidak bisa memberikan manfaat kesehatan. Kandungan kalori dan karbohidrat di dalam apel hijau cenderung lebih rendah dibandingkan dengan di dalam apel merah. Hal ini berarti, buah ini jauh lebih cocok untuk dijadikan camilan atau bagi mereka yang sedang menjalani program diet.

Di dalam apel hijau juga tinggi kandungan polifenol. Kandungan ini bisa berfungsi layaknya antioksidan. Selain itu, kandungan di dalam apel hijau juga bisa membuat jumlah bakteri baik di dalam usus meningkat. Sebagai informasi, jika sampai tubuh mengalami kekurangan bakteri baik, akan lebih rentan mengalami gangguan pencernaan, masalah metabolisme, peradangan, dan obesitas.

Sebaiknya memilih apel hijau atau apel merah?

Pakar kesehatan menyebut apel merah ataupun apel hijau bisa memberikan manfaat kesehatan. Hanya saja, jika memang kita ingin menurunkan berat badan, apel hijau bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Jika kita ingin mendapatkan manfaat antioksidan atau mencegah masalah penuaan dini, pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi apel merah.

Meskipun begitu, jikalau kita hanya memilih apel berdasarkan faktor harga yang lebih murah atau apa yang tersedia di pasaran, hal ini juga tidak apa-apa untuk dilakukan karena mengonsumsinya pasti akan bisa memberikan dampak positif bagi tubuh.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi dua buah apel setiap hari jika memang ingin mendapatkan manfaat kesehatannya, namun, mengingat kebutuhan vitamin dan serat setiap orang berbeda-beda, konsumsi apel atau buah-buahan lainnya juga tidak harus selalu sama. Banyak orang yang bahkan hanya mengonsumsi satu butir apel per hari dan tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.