Apel dan Cokelat Bisa Turunkan Kolesterol

apel-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika makanan atau minuman yang bisa menurunkan kolesterol cenderung memiliki rasa yang kurang enak jika dibandingkan dengan makanan yang bisa meningkatkan kolesterol. Dalam realitanya, kita akan lebih suka mengonsumsi gorengan atau makanan cepat saji dibandingkan dengan mengonsumsi oatmeal atau sayuran, bukan? Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada makanan enak seperti apel dan cokelat yang sebenarnya juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Dampak makan apel dan cokelat bagi kolesterol tubuh

Pakar kesehatan menyebut apel sebagai salah satu buah terbaik bagi kesehatan tubuh kita. Rasanya yang enak membuatnya cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan sehari-hari. Di dalam satu buah apel merah terdapat pektin, sejenis serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan antioksidan yang bisa menyehatkan pembuluh darah dengan cara menurunkan plak yang bisa menyumbat aliran darah.

Sementara itu, cokelat hitam juga sangat direkomendasikan untuk dijadikan camilan alih-alih makanan lainnya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid yang bisa memberikan peran yang mirip seperti antioksidan yang bisa mencegah datangnya peradangan dan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri.

Makanan lain yang bisa membantu mencegah datangnya kolesterol

Selain apel dan cokelat yang memiliki rasa yang enak, pakar kesehatan juga menyebut ada beberapa jenis makanan lain yang bisa kita konsumsi demi menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan-makanan yang bisa kita konsumsi secara rutin.

  1. Gandum utuh

Mengonsumsi gandum utuh atau yang berupa oatmeal dengan kandungan serat larut sebanyak 5-10 gram setiap hari mampu menurunkan kolesterol di dalam pembuluh darah arteri. Bukannya diserap oleh tubuh, serat di dalam gandum utuh bisa mengikat kolesterol. Kolesterol jahat ini kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui buang air besar.

  1. Ikan laut

Ikan laut memang memiliki kandungan lemak, namun lemak ini adalah asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh karena mampu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pakar kesehatan dari American Heart Association menyarankan kita untuk mengonsumsi 3,5 ons ikan laut yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna, hering, trout, dan mackerel setiap minggu.

  1. Teh hijau

Teh hijau dikenal luas sebagai minuman yang bisa mengatasi stres karena kemampuannya dalam menenangkan pikiran. Selain itu, teh hijau ternyata juga bisa mencegah datangnya penyakit lainnya, termasuk kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan katekin, sejenis flavonoid yang bisa membantu menurunkan produksi kolesterol sekaligus mencegah penyerapannya dari makanan yang kita konsumsi.

  1. Kale

Sayuran hijau ini ternyata memiliki kemampuan untuk mengikat asam empedu di dalam tubuh. Hal ini tentu akan membantu tubuh membakar lemak dengan lebih baik. Hasilnya adalah, kadar kolesterol di dalam tubuh pun akan bisa ditekan dengan efektif.

  1. Minyak safflower

Minyak safflower bisa menurunkan kolesterol jahat dengan lebih baik dibandingkan dengan minyak zaitun. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakannya saat menumis makanan atau membuat salad.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol

Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat tersebut, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk melakukan hal-hal lainnya untuk menurunkan kolesterol dengan cara rajin berolahraga, memperbanyak asupan air putih, tidur cukup setiap malam, dan menghindari asap rokok serta minuman beralkohol