Terbit: 6 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setelah mengupas apel, warna dari daging buah ini cenderung berubah menjadi kecokelatan, apalagi jika buah ini dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita buah apel yang sudah berwarna kecokelatan ini kita konsumsi?

Sudah Berubah Warna, Apakah Apel Masih Bisa Dimakan?

Banyak orang yang menganggap perubahan warna apel ini adalah tanda bahwa apel sudah membusuk sehingga tidak layak lagi dikonsumsi. Padahal, menurut pakar kesehatan, perubahan warna apel ini disebabkan oleh oksidasi karena terpapar udara. Oksigen yang kemudian tercampur dengan enzim di dalam apel akhirnya memicu perubahan warna pada daging buah apel. Semakin tinggi kandungan enzim di dalam apel, semakin cepat pula proses oksidasi yang mengubah warna ini.

Lantas, apakah apel yang sudah berubah warna ini masih aman untuk dikonsumsi? Sebenarnya, hal ini tidak apa-apa asalkan apel disimpan di tempat yang baik dan bersih. Hanya saja, jika kita membiarkannya begitu saja, bisa jadi apel sudah terpapar kotoran, debu, bakteri, atau bahkan dihinggapi serangga. Apel ini tentu kurang aman untuk dikonsumsi. Karena alasan inilah ada baiknya memang kita segera menghabiskan apel setelah dikupas.

Tak hanya kontaminasi debu, kotoran, atau bakteri, apel yang sudah mengalami oksidasi ternyata juga mengalami penurunan kandungan nutrisi. Beberapa nutrisi yang kadarnya menurun adalah vitamin C dan senyawa dihydroxyphenylalanine (DOPA). Vitamin C memang cenderung akan hancur setelah terpapar oksidasi. Sementara itu, senyawa DOPA yang baik bagi kesehatan otak dan saraf ini tentu sayang jika hilang begitu saja dari apel yang kita konsumsi.

Jika memang apel yang sudah berubah warna ini kita simpan di wadah bersih yang tertutup rapat, tidak ada salahnya untuk tetap dikonsumsi, namun jika apel ini dibiarkan di tempat yang tidak bisa dijamin kebersihannya dalam waktu yang lama, ada baiknya kita tidak lagi memakannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi