Susu Kental Manis Baik Bagi Tubuh? – Kandungan & Manfaat

kandungan-susu-kental-manis-doktersehat

DokterSehat.Com – Seperti yang kita tahu, ada cukup banyak jenis susu dan olahan susu. Salah satu yang tidak asing adalah susu kental manis. Rasanya yang enak dengan harga murah, membuat kental manis menjadi primadona.

Belakangan ini berhembus kabar bahwa kental manis bukan merupakan produk susu. Sebenarnya, apa saja kandungan susu kental manis? Lalu, adakah manfaat susu kental manis? Yuk¸ kita bahas tuntas!

Kental Manis Bukan Produk Susu?

Pakar kesehatan menyebut susu sebagai produk yang dihasilkan oleh kelenjar susu yang biasanya ada pada mamalia. Manusia sendiri termasuk dalam golongan manusia sehingga kaum hawa tentu mampu memproduksi ASI yang sangat menyehatkan.

Hal ini berarti, beberapa jenis susu yang terbuat dari bahan nabati layaknya susu kedelai ternyata tidak bisa diklaim sebagai produk susu meskipun memiliki rasa dan bentuk yang sama layaknya susu.

Uniknya, banyak pakar kesehatan yang justru menilai susu kental manis dengan wadah kaleng itu ternyata juga termasuk dalam golongan yang sama dengan susu kedelai, yakni bukan merupakan produk susu.

Lalu, bagaimana dengan kabar yang sempat beredar bahwa susu kental manis bukanlah susu? Apakah hal tersebut benar?

Mengenai hal ini, sebenarnya BPOM sudah mengaturnya dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan. Dijelaskan juga bahwa susu kental manis adalah produk susu yang menghilangkan sebagian air, sehingga berbentuk cairan kental.

Kandungan susu kental manis

Susu kental manis ternyata memiliki kandungan lemak dan gula yang sangat tinggi. Sementara itu, jika pada susu mamalia kandungan kalsium dan proteinnya tinggi dan sangat baik bagi tubuh, susu kental manis justru sebaliknya hanya memiliki kandungan protein dan kalsium yang sangat rendah.

Susu kental manis justru hanya dianggap sebagai penggemuk badan karena kandungan lemak dan gula yang tinggi tersebut. Disinilah mitos mengapa masyarakat menganggap susu sebagai penggemuk badan berasal.

Tak sedikit juga yang penasaran dengan kandungan susu kental manis. Kira-kira komposisinya terdiri dari apa saja, ya?

Banyak kabar yang beredar bahwa kandungan susu kental manis didominasi oleh gula. Bahkan, banyak sumber mengatakan bahwa kandungan gula dan lemak susu kental manis mencapai 70%. Nyatanya kabar ini tidak benar.

Kandungan susu kental manis sendiri sudah diatur dalam Standar Nasional Indonesia No. 2971 Tahun 2011. Di dalamnya dijelaskan bahwa:

  • Kandungan gula susu kental manis berkisar 51% – 56%
  • Kandungan lemak susu kental manis berkisar 43% – 48%

Jika dilihat dari karakteristik dan aturan yang ada, susu kental manis adalah produk susu. Tentu cara meminumnya sangat disarankan untuk dicampur dengan air agar kandungannya setara dengan susu lainnya.

baca juga: 3 tips sehat konsumsi susu kental manis

Manfaat susu kental manis

Selanjutnya, kita bahas juga mengenai manfaat susu kental manis. Rasa susu yang begitu manis dan gurih membuat jenis susu ini digemari semua kalangan.

Langsung saja, berikut manfaat susu kental manis untuk tubuh:

  • Mendukung kebutuhan asupan gizi

    Bukan hanya kalsium, kandungan susu kental manis pun terdiri dari beragam gizi makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Gizi makro yang dimaksud terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kemudian untuk gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Seperti yang kita tahu, mengonsumsi susu bisa meningkatkan kualitas tidur, apalagi jika dikonsumsi pada malam hari. Sama seperti produk susu sapi lainnya, asam amino juga terdapat dalam kandungan susu kental manis.

Bukan hanya berguna untuk tubuh, kenyataannya masih ada manfaat susu kental manis lainnya, yaitu menambah cita rasa makanan. Ya, susu kental manis memang bisa dicampurkan juga dengan beragam makanan manis.

Manfaat susu kental manis untuk wajah

Tahukah Anda?

Ternyata ada juga manfaat susu kental manis untuk wajah, bahkan dapat membuat wajah semakin cerah. Tentunya ini juga sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah dengan harga murah.

Oleh karena itu, tak jarang seseorang menggunakan masker susu kental manis. Lebih jelasnya, ini dia manfaat susu kental manis untuk wajah:

    • Mencerahkan wajah

      Masker apa saja yang pernah digunakan untuk mencerahkan wajah? Anda harus coba masker susu kental manis!
      Bersihkan wajah, oleskan susu kental manis ke wajah secaramerata, dan diamkan selama 30 menit. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

    • Mengencangkan kulit

      Manfaat susu kental manis untuk wajah juga termasuk mengencangkan kulit. Caranya? Campurkan 1 sendok kental manis, 1 sendok parutan wortel, dan sedikit madu. Masker susu kental manis ini bisa Anda gunakan di malam hari selama 15 menit. Oh, ya, bisa juga untuk menghilangkan noda bekas jerawat, lho!

    • Menghilangkan flek hitam

      Semakin tua, maka flek hitam di wajah pun tak bisa dihindari. Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah adalah dengan menggunakan masker susu kental manis. Caranya sama dengan poin sebelumnya, hanya saja Anda harus lebih fokus mengoleskan di bagian wajah yang terkena flek hitam.

    • Menghilangkan mata panda

      Lingkaran hitam di mata atau yang biasa dikenal dengan mata panda memang menjadi masalah banyak orang. Penampilan kita jadi kurang segar jika ada lingkaran hitam ini. Sudah mencoba beragam cara alami hilangkan mata panda?

      Anda juga disarankan untuk menggunakan susu kental manis. Caranya mudah, cukup seduh sedikit susu kental manis, masukkan ke dalam kulkas, basahi kapas dengan sental manis tersebut, dan kompres mata selama 15 menit.

    • Mencegah penuaan dini

      Manfaat susu kental manis yang terakhir adalah mencegah penuaan dini. Anda perlu membuat masker susu kental manis dengan campuran buah stroberi. Campurkan 100 ml susu kental manis dengan 50 gr stroberi, haluskan, dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, lalu basuh dengan air hangat.

Nah, itu dia sekilas ulasan mengenai kandungan susu kental manis hingga manfaat susu kental manis untuk wajah. Semoga berguna untuk Anda!