Apakah Sperma Bau Pasti Membawa Penyakit

doktersehat-sperma-taoge

DokterSehat.Com – Sperma atau dalam hal ini air mani memiliki karakteristik yang cukup unik. Cairan yang keluar saat pria mengalami ejakulasi ini memiliki tekstur yang cukup kental. Biasanya setiap etnis memiliki karakteristik air mani yang berbeda-beda.

Selanjutnya, air mani juga memiliki aroma yang cukup khas. Beberapa pria yang sudah terbiasanya dengan air maninya sendiri mungkin akan menganggap aroma dari sperma itu biasa saja. Namun, wanita yang baru mengetahuinya akan merasa aneh degan aroma yang sedikit kuat dan kadang amis.

Nah, sebenarnya sperma yang bau itu sehat atau tidak? Apakah kalau sperma berbau agak busuk pasti tidak sehat?

Bau dan rasa dari air mani

Seperti yang dikatakan sebelumnya bau dari sperma atau air mani cukup khas dan beberapa wanita menganggapnya tidak sedap. Selama bau dari sperma tidak terlalu kuat dan tidak ada perubahan warna, tidak ada penyakit yang ada di dalamnya. Namun, kalau ada perubahan warna jadi kekuningan atau abu-abu bisa jadi ada virus atau bakteri di dalamnya.

Selanjutnya rasa dari penis juga memengaruhi sehat atau tidaknya pria. Sperma normal harusnya agak manis dan asin. Kalau rasanya jadi pahit atau malah terlalu manis, ada masalah pada tubuh pria.

Melakukan uji laboratorium

Kita tidak bisa melihat kesehatan sperma dari warna, bau, atau rasanya saja. Untuk melihat ada atau tidaknya masalah pada sperma, pria disarankan untuk melakukan uji laboratorium. Dengan uji ini akan diketahui dengan jelas ada atau tidaknya penyakit yang terkandung di dalamnya.

Kalau ada penyakit di dalamnya penularan bisa saja terjadi dari pria ke wanita. Namun, kalau tidak ditemukan apa-apa, kondisi tubuh sedang sehat sehingga pria dan pasangannya tidak perlu cemas.

Nah, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda untuk mengetahui sehat atau tidaknya sperma yang dihasilkan.