Terbit: 19 April 2021 | Diperbarui: 20 April 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Sikat gigi elektrik adalah alat untuk menyikat gigi yang digerakkan tanpa tenaga tangan alias menggunakan mesin. Lantas apa keunggulan dan perbedaan sikat gigi ini dengan sikat gigi biasa? Selengkapnya simak penjelasannya di bawah ini! 

Sikat Gigi Elektrik dan Manual, Mana yang Lebih Efektif Bersihkan Gigi?

Perbedaan Sikat Gigi Elektrik dan Sikat Gigi Biasa

Sikat gigi elektrik adalah alat penyikat gigi dengan bulu atau sikat yang berkgerak atau berputar otomatis untuk membantu menghilangkan penumpukan plak dari gigi dan gusi. Sementara getaran memungkinkan lebih banyak gerakan mikro setiap kali memindahkan sikat ke gigi.

Sedangkan sikat gigi manual digerakkan oleh tangan yang sudah ada sejak lama. Meskipun begitu, ini masih merupakan alat yang sangat populer dan efektif untuk membersihkan gigi dan mencegah radang gusi.

Apakah Sikat Gigi Elektrik Lebih Baik dari Sikat Gigi Biasa?

Kebanyakan orang  dapat menyikat gigi secara efektif menggunakan sikat gigi manual. Namun, yang elektrik bisa menjadi alternatif untuk sikat gigi manual, terutama bagi anak-anak, penyandang disabilitas, lansia, dan penderita radang sendi atau kondisi lain yang membuatnya sulit menyikat gigi dengan baik.

Gerakan dari bulu sikat yang elektrik bahkan bisa membantu menghilangkan lebih banyak plak atau sisa makanan pada gigi dan meningkatkan kesehatan gusi.

Jika menggunakan sikat gigi elektrik, pastikan sikat gigi nyaman Anda pegang dan mudah digunakan. Dokter gigi mungkin menganjurkan model dengan kepala sikat yang berputar ke satu arah dan kemudian ke arah lainnya (kepala bulu sikat berosilasi) atau yang memiliki bulu sikat bergetar sangat cepat.

Fitur lainnya, seperti tingkat daya yang dapat Anda sesuaikan, pengatur waktu, dan baterai isi ulang, yang bersifat opsional. Jangan lupa membaca petunjuk dari produk ini tentang kapan harus mengganti kepala bulu sikat untuk memastikan sikat gigi terus bekerja secara efektif.

Baik yang memilih elektrik atau manual, hal paling terpenting adalah menyikat dan membersihkan gigi dua kali setiap hari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

Kelebihan dan Kekurangan Sikat Gigi Manual dan Elektrik 

Memilih sikat gigi yang benar dan efektif sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. Ada banyak sikat gigi di pasaran yang mungkin membuat Anda sulit memilih yang paling bagus. Namun, keputusan pertama yang perlu Anda tentukan adalah apakah akan menggunakan yang manual atau elektrik.

Guna membantu memilih dengan mudah, berikut ini keunggulan sikat gigi manual dan elektrik:

  • Sikat Gigi Manual

Melakukan teknik menyikat yang benar, sikat gigi manual efektif membersihkan gigi. Mudah membawanya saat bepergian dan tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya atau baterai. Yang Anda butuhkan hanya tempat sikat gigi. Selain itu, harganya murah dan mudah Anda ganti setiap tiga bulan.

Namun, teknik menyikat yang benar penting untuk menghilangkan plak gigi secara efektif. Kekurangan, Anda harus memperkirakan berapa lama menyikat gigi karena sikat gigi manual tidak memiliki penghitung waktu.

  • Sikat Gigi Elektrik

Penelitian telah menunjukkan bahwa yang elektrik lebih efektif membersihkan gigi daripada yang manual. Pengatur waktu membantu lamanya waktu yang Anda butuhkan untuk menyikat gigi. Pengatur waktu dapat menghentikan sikat gigi setelah dua menit setelah pemakaian.

Sikat gigi ini sangat mudah Anda gunakan, karena hanya memiringkan kepala 45 derajat dan sikat gigi akan bergerak secara otomatis. Keunggulan ini memberikan kesenangan bagi anak dan membuatnya lebih cenderung ingin menyikat gigi.  

Kekurangannya, harga sikat gigi elektrik jauh lebih mahal daripada sikat gigi manual. Ketika kehabisan daya, Anda perlu mengisi dengan menancapkannya ke stopkontak. Alat ini cukup besar, sehingga merepotkan saat bepergian. Selain itu, Anda perlu mengganti kepala bulu sikat beberapa bulan sekali yang jauh lebih mahal daripada sikat gigi manual.

Baca Juga: Cara Memilih Sikat Gigi untuk Anak (Panduan bagi Orang Tua)

Manfaat Sikat Gigi Elektrik

Bulu sikat elektrik bergetar atau berputar untuk membantu menghilangkan plak dari gigi dan gusi. Getaran membantu lebih banyak gerakan mikro setiap kali mengarahkannya ke gigi.

Selain itu, berikut ini berbagai manfaat dari sikat gigi elektrik:

1. Lebih Efektif Menghilangkan Plak

Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa, secara umum, yang elektrik memang membersihkan lebih banyak plak dan radang gusi daripada sikat gigi manual. Setelah tiga bulan penggunaan, plak berkurang 21% dan radang gusi sebesar 11% . Sikat gigi yang berosilasi (berputar) tampaknya bekerja lebih baik daripada hanya sikat gigi yang bergetar.

2. Memudahkan untuk Mereka dengan Mobilitas Terbatas

Selain memudahkan anak yang sulit untuk menyikat gigi, alat ini juga sangat memudahkan bagi orang yang memiliki gerakan terbatas atau kondisi tertentu, termasuk:

  • Radang sendi.
  • Sindrom terowongan karpal (kesemutan, mati rasa, atu myeri).
  • Penyandang disabilitas.

3. Memiliki Timer

Alat ini memiliki pengatur waktu atau timer dalam membantu menyikat gigi cukup lama yang Anda butuhkan untuk menghilangkan plak gigi dan gusi. Dengan demikian, ini akan menghindari menyikat gigi terlalu lama yang berisiko merusak gigi atau gusi.      

4. Ramah Lingkungan

Jika sudah waktunya mengganti bulu sikat baru, Anda hanya perlu mengganti kepala sikat gigi saja. Dengan begitu, Anda tidak terlalu boros dan tidak banyak menghasilkan limbah daripada membuang sikat gigi manual.

5. Meningkatkan Fokus saat Menyikat Gigi

Orang akan lebih fokus saat menyikat gigi menggunakan yang elektrik. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman menyikat gigi orang secara keseluruhan dan berpotensi meningkatkan seberapa baik membersihkan gigi.

6. Meningkatkan Kesehatan Mulut bagi Pengguna Kawat Gigi

Sebuah penelitian menemukan bahwa yang elektrik sangat membantu bagi mereka yang menggunakan kawat gigi, karena menyikat gigi akan jauh lebih mudah.

Di antara orang-orang pengguna kawat gigi sudah memiliki kesehatan mulut yang baik, kadar plak hampir sama, baik mereka yang menggunakan sikat gigi elektrik atau tidak. Namun jika merasa kesulitan untuk membersihkan mulut saat menjalani terapi ortodontik, yang elektrik bisa meningkatkan kesehatan mulut.

7. Aman untuk Gusi

Jika menggunakannya dengan benar, yang elektrik tidak akan melukai gusi atau enamel. Keamanannya bisa meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. Oleh karenanya, Anda tidak per khawatir dan akan memberikan kenyamanan selama menggosok gigi.   

8. Menyenangkan bagi Anak-Anak

Tidak semua anak tertarik untuk menggosok gigi baik setelah sarapan atau menjelang tidur malam. Namun, berbeda ceritanya ketika anak menggunakan sikat gigi elektrik yang bagus, karena lebih menarik bagi anak. Hal ini dapat membantu anak membersihkan mulut yang baik.

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi (Alami & Medis)

Manfaat Sikat Gigi Manual

Sikat gigi manual sudah ada sejak dulu dan masih populer hingga sekarang dengan berbagai model sikat gigi. Ini masih menjadi alat yang efektif untuk membersihkan gigi dua kali sehari setiap hari.

Berikut manfaat lainnya dari sikat gigi manual:

1. Mudah Didapatkan

Siapa pun bisa mendapatkan sikat gigi manual di hampir semua minimarket, supermarket, atau apotek. Sikat gigi ini juga tidak memerlukan daya atau baterai, sehingga Anda dapat menggunakannya di mana pun dan kapan pun.

2. Sangat Terjangkau

Harga sikat gigi manual tergolong sangat terjangkau oleh siapa pun, sehingga bikin kantong hemat daripada yang elektrik. Anda dapat membelinya dengan kisaran harga Rp10.000-30.000.

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Hal terpenting dalam menyikat gigi adalah menggunakan teknik yang baik dan benar, serta melakukannya dua kali setiap hari. Berikut ini cara menyikat gigi yang baik dan benar:

  • Memilih sikat gigi dengan ukuran yang pas untuk mulut Anda.
  • Hindari bulu sikat keras yang dapat mengiritasi gusi. Selain itu, cari kuas dengan bulu bertingkat atau bersudut. Jenis bulu ini lebih berpengaruh daripada bulu datar satu tingkat.
  • Menggunakan pasta gigi berfluoride.
  • Memegang sikat gigi dengan sudut 45 derajat dari gigi dan gusi.
  • Menyikat dengan lembut pada semua permukaan gigi (bagian depan, belakang, samping) selama dua menit.
    Bilas sikat gigi dan simpan dalam posisi tegak hingga kering dengan sendirinya, dan jauhkan dari jangkauan kloset yang dapat memercikan kuman saat membilas.
  • Menggunakan dental floss (benang gigi) sekali sehari untuk membersihkan celah gigi. 
  • Menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi.

Baca Juga: Cara Menggosok Gigi yang Benar (Bersih dan Sehat)

Jika mengalami pendarahan pada gusi, konsultasikan dengan dokter gigi. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pendarahan saat menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, meliputi:

  • Kekurangan vitamin.
  • Penyakit gusi.
  • Kehamilan.

Terkadang gusi berdarah terjadi akibat terlalu lama menyikat dan membersihkan gigi, dan plak benar-benar mulai menumpuk.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 2015. Manual vs Electric Toothbrushes: Pros and Cons. https://www.freshdentalcare.co.uk/post/manual-vs-electric-toothbrushes-pros-and-cons (Diakses pada 19 April 2021)
  2. Norris, Taylor. 2019. Is It Better to Use an Electric or a Manual Toothbrush?. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/electric-toothbrush-vs-manual#electric-cons (Diakses pada 19 April 2021)
  3. Salinas, Thomas J. 2020. Is an electric toothbrush better than a manual toothbrush?. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/electric-toothbrush/faq-20058325 (Diakses pada 19 April 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi