Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Senggama yang terputus atau istilah ilmiahnya Coitus Interuptus merupakan salah satu cara yang sering dilakukan oleh pasangan untuk mencegah kehamilan. Cara ini juga bisa disebut sebagai KB alami karena dipercaya dapat mencegah terjadinya pembuahan di dalam rahim.

Apakah Senggama Terputus Efektif Mencegah Kehamilan?

Cara melakukan senggama terputus adalah dengan mengeluarkan cairan sperma di luar vagina. jadi, pada saat melakukan penetrasi, pria akan segera mencabut penisnya dari vagina sebelum ejakulasi terjadi, lalu melakukan ejakulasi atau mengeluarkan cairan sperma di luar vagina.

Sebenarnya, cara ini tidak bisa dikatakan gampang, karena ada banyak kasus yang mengalami kegagalan dalam melakukan senggama terputus. Hal ini dikarenakan, pria tidak bisa mengendalikan dirinya untuk mencabut penis secepatnya. selain itu, pria juga lebih menyukai mengeluarkan sperma di dalam, sehingga terkadang mereka melakukan sebagian ejakulasi di dalam sebelum akhirnya mencabut penisnya secara penuh dari vagina.

Lantas, apakah cara ini cukup ampuh untuk mencegah kehamilan? Sedangkan, seperti yang telah diketahui bahwa pria lebih suka melakukan ejakulasi di dalam, apalagi pria yang masih berusia muda dan masih belum bisa mengendalikan dirinya ketika mengalami ejakulasi.

Senggama terputus memang tidak sepenuhnya bisa mencegah kehamilan, namun tingkat keberhasilan untuk mencegah kehamilan dengan menggunakan cara ini adalah tergantung dari kesepakatan awal sebelum melakukan hubungan seksual.

Oleh sebab itu, jika memang ingin menunda kehamilan dengan cara senggama terputus, Anda harus membuat kesepakatan awal dengan pasangan Anda sebelum melakukan hubungan seksual, sehingga pasangan Anda mampu mencabut penisnya ke luar dari vagina sebelum melakukan ejakulasi.

Meskipun senggama terputus tidak sepenuhnya ampuh untuk mencegah kehamilan, tetapi metode ini memiliki banyak manfaat. Senggama terputus tidak membutuhkan biaya seperti ketika Anda menggunakan alat kontrasepsi. Selain itu Anda juga bisa melakukannya setiap saat tanpa harus khawatir mengenai efek samping yang akan ditimbulkan, sebab cara ini tidak menimbulkan efek samping yang berarti.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi