Apakah Paraben Berbahaya Bagi Kulit Wajah?

dotersehat-kulit-wajah-pori-mengecil-deodoran-untuk-wajah-berminyak

DokterSehat.Com– Paraben merupakan salah satu bahan kimia yang kerap dicampurkan pada sejumlah produk kecantikan. Kendati memiliki fungsi untuk menjaga keawetan suatu produk dengan mencegah munculnya bakteri, jamur atau pun virus, penggunaan paraben sangat tidak dianjurkan. Penggunaan paraben ternyata dapat memicu sejumlah masalah kesehatan, terutama yang berhubungan dengan produksi hormon. Kendati demikian, ternyata penggunaan paraben pada skincare mau pun kosmetik ternyata tidak memicu masalah kesehatan yang menyerang kulit.

1. Dibuktikan Lewat Sejumlah Penelitian

Mungkin banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya mengapa terdapat produk ‘parabe-free’ jika paraben aman untuk kulit. Hal ini rupanya sudah terjawab lewat sebuah klarifikasi yang dimuat dalam jurnal The Washington Post. Dalam penjelasan tersebut terungkap jika paraben hanya menimbulkan reaksi terhadap kesehatan tubuh, terutama yang berkaitan dengan hormon estrogen. Lebih lanjut, The Washington Post juga mengungkap hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah kelompok peneliti jika paraben dapat menyebabkan kanker payudara.

2. Tidak Diperbolehkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

Kendati aman untuk digunakan pada kulit, ternyata pemilik kulit sensitif sangat tidak disarankan menggunakan skincare yang mengandung paraben. Pasalnya, kandungan paraben pada skincare dapat menyebabkan iritasi pada pemilik kulit sensitif. Tidak hanya itu saja, penggunaan skincare yang mengandung paraben juga tidak boleh diapliakasikan pada bagian tubuh yang memiliki membran mukosa.

Penjelasan mengenai bahaya dan manfaat paraben di atas tentu akan membantu Anda menemukan skincare yang tepat. Kendati demikian, penggunaan paraben pada skincare mau pun kosmetik kerap tidak disebutkan dalam daftar komposisi suatu produk. Lebih amannya, Anda dapat menggunakan produk ‘paraben-free’ untuk mencegah risiko iritasi yang ada. Dengan demikian, Anda tetap dapat menjaga kesehatan kulit beserta tubuh Anda.