Apakah Kesuburan Wanita Dipengaruhi Pola Tidurnya?

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengetahui kalau kesuburan wanita dipengaruhi oleh gaya hidupnya. Kalau wanita malas berolahraga, hobi makan gorengan, dan mengalami obesitas, kesempatan merekan untuk hamil akan menurun. Sementara itu, kalau wanita lebih aktif berolahraga dan melakukan diet dengan benar, kesuburannya akan meningkat dan mudah hamil.

Selain masalah-masalah di atas, kesuburan pada wanita juga dipengaruhi oleh pola tidurnya. Wanita yang tidurnya terganggu atau tidak berjalan dengan lancar akan rawan mengalami kemandulan baik langsung atau pun tidak langsung.

Tidur yang tidak berkualitas picu gangguan menstruasi
Hormon yang memicu rasa kantuk adalah melatonin. Sayangnya melatonin akan terganggu saat ruangan terlalu bercahaya saat tidur. Saat ruangan terlalu terang melatonin yang dihasilkan oleh tubuh akan mengecil. Dampaknya rasa kantuk akan hilang dan hormon estrogen dan progesteron yang dilepas oleh LH dan leptin tidak terbentuk.

Kalau keadaan di atas terjadi pada wanita, mereka akan kerap mengalami insomnia dan akhirnya siklus menstruasinya terganggu.

Kurang tidur picu banyak gangguan
Selain menyebabkan menstruasi terganggu dan tidak teratur, kurang tidur juga bisa memicu berkurangnya minat untuk berhubungan badan. Lebih lanjut, sering mengalami insomnia bisa menyebabkan seseorang jadi makan tidak teratur dan sembarangan. Efek lanjutan dari hal ini adalah munculnya obesitas, diabetes, dan serangan jantung.

Agar tidur wanita bisa teratur
Agar wanita bisa memiliki tidur yang berkualitas, mereka disarankan untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Berolahraga rutin setiap hari minimal 30 menit dengan jalan kaki.
  • Lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran.
  • Menghindari aktivitas yang membuat tubuh jadi terlalu capai.
  • Jika mengalami stres, lakukan relaksasi dengan membaca, menonton film, atau melancong ke tempat wisata.
  • Sebelum tidur, matikan atau redupkan lampu.
  • Hindari hal-hal yang mengganggu tidur seperti ponsel.