Apa itu Diet? Inilah Pengertian, Jenis, dan Anjuran

Doktersehat-diet-yang-benar

DokterSehat.Com – Diet adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh–guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol. Perlu diketahui, pengertian diet bagi setiap orang berbeda-beda karena setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan diet.

Pada beberapa kasus, ada orang yang menjalani diet demi menjaga kesehatan tubuhnya, akan tetapi ada juga orang yang menjalankan diet karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga mereka yang melakukan diet karena memang berat badannya sudah berlebihan.

Diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan biasanya dilakukan oleh penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, dan penderita penyakit lainnya yang diharuskan melakukan diet. Selain itu, diet juga biasanya dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Sedangkan, diet yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, mempunyai perbedaan cara dalam menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan (obesitas) dan menaikkan berat badan bagi yang kurang atau belum mancapai berat ideal. Diet juga biasa dilakukan oleh para atlet, biasanya mereka mengikuti diet untuk menjaga berat badan sekaligus untuk menjaga bentut otot.

Bagi mereka yang mempunyai berat badan yang ideal tetapi mudah sekali mengalami kenaikan berat badan biasanya akan melakukan diet untuk menjaga berat badan mereka supaya tetap stabil.

Di dalam melakukan diet, diperlukan program diet yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia. Hal ini perlu karena dengan program diet yang tepat maka tujuan dari diet yang dilakukan akan tercapai

Program diet banyak macamnya dan setiap orang belum tentu akan sama hasilnya dalam menerapkan program diet yang sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum Anda melakukan diet, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Diet tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Banyak para remaja dan anak-anak melakukan diet. Biasanya program diet mereka akan berbeda dengan program diet yang dilakukan oleh orang dewasa.

Di dalam program diet biasanya akan disertakan berbagai resep diet. Selain mengatur pola makan, biasanya program diet untuk menjaga berat badan terutama untuk menurunkan berat badan biasanya disertai dengan latihan fisik.

Diet yang Benar

Karena diet adalah bagaimana cara mengatur pola makan sehari-hari yang tepat, diet sering kali membuat banyak orang bingung. Banyak orang beranggapan bahwa diet adalah sekadar mengurangi makan.

Padahal anggapan itu tidaklah tepat. Meskipun sering kali mengurangi makan juga dapat menurunkan berat badan secara signifikan, akan tetapi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seharusnya jauh lebih diperhatikan lagi dalam melaksanakan program diet.

Setelah Anda mengetahui secara lengkap apa itu diet, hal lain yang harus Anda ketahui adalah mengetahui cara diet yang sehat, di antaranya:

  • Penuhi asupan cairan tubuh

Supaya tubuh bekerja dengan baik, organ di dalamnya membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Menjaga suhu tubuh, memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit, mencegah dehidrasi, melembapkan kulit, serta menjaga ginjal tetap sehat, merupakan beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi air putih. Tak sampai di situ, air putih juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara diet yang benar.

Air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Sebaiknya minum segelas air putih setengah jam sebelum Anda makan. Rasa kenyang setelah minum air putih akan membuat Anda lebih sedikit mengonsumsi kalori, sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Agar asupan cairan tubuh tetap terjaga, sebaiknya konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

  • Penuhi asupan kalori harian

Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda. Kebutuhan kalorinya dibedakan berdasarkan aktivitas fisik, kondisi kesehatan dan usia. Misalnya, mereka yang berusia 19-30 tahun dan cukup aktif bergerak, rata-rata membutuhkan 2.000 – 2.800 kalori per hari.

Cukupi kebutuhan kalori harian Anda tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Sebab jika Anda mengonsumsi kalori melebihi dari kebutuhan kalori per hari, maka kalori tersebut akan disimpan tubuh sebagai lemak.

Guna mendukung diet yang sehat, sebaiknya cukupi kebutuhan kalori ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hindari sumber kalori yang kurang sehat, seperti makanan manis yang mengandung gula tinggi.

  • Konsumsi buah dan sayur

Cara diet yang benar satu ini sangat dianjurkan bagi Anda tidak kuat menahan lapar, karena diet ini menganjurkan Anda untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak. Tidak hanya mengandung vitamin dan mineral, kedua makanan ini juga mengandung serat dan air. Kandungan inilah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Buah dan sayur juga memiliki kalori yang rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak.