Apakah Ukuran Buah Zakar Lebih Besar Sebelah Berbahaya?

penis-hilang-sensasi-doktersehat

DokterSehat.Com –┬áBentuk tubuh yang ideal adalah dambaan setiap orang, tidak hanya kaum hawa, kaum pria saat ini pun mulai juga memerhatikan dan menjaga kondisi tubuhnya.

Setiap pria tentu ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, di samping kondisi yang selalu prima. Tidak menutup kemungkinan juga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dari alat kelaminnya.

Alat kelamin kaum Adam ini terdiri atas 2 bagian utama, yang dimana salah satunya, buah zakar, yang akan kita bahas lebih mendalam pada artikel kesehatan ini.

Buah zakar atau dalam istilah medis dikenal dengan istilah testis, memiliki fungsi untuk memproduksi sperma yang berguna untuk proses bereproduksi. Buah zakar pada pria umumnya terdiri atas 2 buah, ukurannya setiap orang berbeda-beda tergantung dari ras dan genetik orang tersebut (┬▒ 15-35ml).

Ukuran testis kanan dan kiri umumnya berbeda satu sama lain, perbedaan ini normal asalkan tidak disertai gejala berupa rasa nyeri. Namun untuk ukuran testis yang cukup besar dan disertai nyeri, patut untuk kita waspadai!

Apakah berbahaya ukuran testis yang lebih besar sebelah?

Telah disinggung sedikit sebelumnya bahwa testis yang normal memiliki ukuran yang berbeda baik kanan maupun kiri. Perbedaan ukuran testis yang sebelah ini biasanya tidak terlalu berbeda jauh satu sama yang lain. Selain ukuran testis, salah satu testis juga cenderung menggantung lebih rendah pada skrotum (kantong zakar) dibandingkan testis yang satunya.

Cara memeriksa kondisi testis

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk memeriksa kondisi testis Anda:

1. Mandi air hangat

Cara ini membantu melemaskan skrotum sehingga memudahkan Anda untuk memeriksa keadaan testis sebelumnya.

2. Mencari area yang membengkak

Caranya pegang dan sedikit tarik penis Anda ke arah luar dan mulailah nilai warna kulit di sekitar skrotum Anda, apakah ada tanda kemerahan atau mungkin timbul pembengkakan yang merupakan tanda dari suatu infeksi.

3. Nilai kondisi kedua testis

Dengan menggunakan kedua tangan, letakkan jari telunjuk dan tengah Anda tepat di bawah testis dan ibu jari Anda berada di atas. Untuk membandingkan ukuran dari kedua testis Anda, apakah terjadi pembesaran pada salah satu testis atau tidak.

4. Lakukan gerakan seperti memijat dengan bantuan jari-jari Anda

Lihat dan rasakan untuk setiap perubahan pada testis Anda. Cara ini berguna untuk mendeteksi apakah ada rasa nyeri, benjolan (keras dan halus), perubahan ukuran, atau konsistensi testis.

Pemeriksaan ini sebaiknya dapat dilakukan secara rutin satu kali setiap bulan secara mandiri, terutama untuk pria yang memiliki riwayat tumor testis sebelumnya atau riwayat keluarga yang pernah memiliki kanker testis. Dan apabila pada pemeriksaan tersebut ditemukan suatu tanda-tanda testis yang tidak normal, segeralah konsultasikan diri Anda pada dokter.

Penyebab ukuran testis yang besar sebelah dan disertai rasa nyeri

Berikut beberapa kondisi testis yang besar sebelah disertai nyeri yang perlu Anda tahu dan waspadai, di antaranya:

1. Radang testis (Orchitis)

Radang testis atau orchitis adalah peradangan yang terjadi akibat infeksi pada testis sehingga menyebabkan pembengkakan dan nyeri. Penyakit orchitis ini bisa menyebabkan nyeri pada buah zakar (testis), sehingga mengganggu kesuburan dan aktivitas seksual pada pria.

2. Epididimitis

Merupakan peradangan yang terjadi pada saluran epididimis. Epididimitis ini biasa disebabkan oleh infeksi bakteri yang dimulai dari uretra, prostat, atau kandung kemih. Apabila peradangan ini menyebar hingga ke testis, dapat menghambat dan mengganggu proses dari pembentukan sperma ini sendiri. Penyakit ini biasa dikenal dengan sebutan epididymo-orchitis.

3. Hidrokel

Penyebab ketiga yang bisa menyebabkan testis nyeri adalah hidrokel. Hidrokel disebabkan oleh penumpukan cairan pada satu atau di kedua testis pria yang menyebabkan skrotum (kantung testis) membesar.

4. Varikokel

Buah zakar sakit adalah penyakit yang tidak diinginkan oleh pria mana pun. Salah satu hal yang bisa membuat testis sakit adalah masalah kesehatan yang disebut sebagai varikokel. Varikokel adalah salah satu gangguan kesehatan pada pembuluh darah di sekitar alat reproduksi pria, yaitu sekitar testis yang menjadi tempat diproduksinya sperma pada pria.

5. Torsi

Kondisi ini terjadi ketika salah satu testis Anda terpelintir secara spontan di dalam skrotum yang menyebabkan penurunan aliran darah ke testis yang terpelintir. Kondisi ini juga sangat darurat dan memerlukan penanganan medis yang cepat.

6. Kanker testis

Merupakan pertumbuhan cepat dan abnormal dari sel-sel normal testis menjadi sel ganas, yang bisa menyebabkan testis membesar dan nyeri.

7. Hernia inguinalis

Hernia inguinalis terjadi karena usus turun pada bagian lemah pada otot dinding abdomen. Apabila bagian usus yang turun (prolaps) ini sampai terpuntir hingga menghambat aliran darah di usus dan harus memerlukan penanganan medis segera.

8. Cedera (trauma) di sekitar testis

Trauma mekanis atau aktivitas fisik yang terlalu berat di sekitar selangkangan, dapat menyebabkan nyeri pada testis. Tingkat nyeri yang ditimbulkannya tergantung dari besarnya keparahan dan derajat trauma mekanis penyebabnya. Dalam keadaan darurat akibat trauma mekanis yang hebat, nyeri pada testis kadang perlu mendapatkan penanganan yang serius dari dokter.

_

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim.