DokterSehat.Com – Keluarnya darah dari vagina memang diidentikkan dengan menstruasi. Jika wanita mendapati adanya perdarahan yang keluar berupa titik darah, mereka akan menganggap kalau menstruasi akan datang. Selain menstruasi, perdarahan yang terjadi pada rahim bisa terjadi karena ada gejala kehamilan.

pendarahan vagina-doktersehat

Perdarahan saat proses kehamilan
Setelah sel telur dibuahi oleh sperma, janin akan berkembang dan bergerak ke arah rahim untuk menempel atau implantasi. Nah, pada proses inilah, wanita akan kerap mengalami sakit pada perut dan perdarahan terjadi dalam bentuk bercak atau titik dam tidak banyak.

Perdarahan yang terjadi akibat implantasi pada rahim ini tidak mengganggu janin yang menempel. Proses ini berjalan dengan normal sehingga calon ibu tidak perlu khawatir atau merasa ada yang aneh dengan tubuhnya.

Perbedaan perdarahan implantasi dan haid
Mengetahui kehamilan seorang wanita tentu menjadi kebahagiaan pria dan keluarganya. Namun, kalau sampai salah duga karena adanya bercak darah yang dianggap tanda kehamilan, kekecewaan tentu akan dirasakan.

Nah, agar hal seperti ini tidak terjadi, coba simak perbedaan perdarahan implantasi dan menstruasi di bawah ini.

  • Perdarahan akibat implantasi hanya berupa titik darah dan tidak bertambah volumenya. Sementara itu, perdarahan yang terjadi karena menstruasi semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu.
  • Darah menstruasi biasanya cenderung merah dan berwarna cerah. Darah yang keluar saat implantasi cenderung cokelat atau merah muda. Saat menstruasi, wanita kerap keluarkan darah cokelat meski hanya di awal saja.
  • Perdarahan akibat implantasi berjalan selama 4-7 hari. Sementara itu perdarahan pada haid yang berupa bercak cokelat hanya 1-2 hari saja seperti yang dibahas sebelumnya.
  • Kram akibat menstruasi lebih sakit ketimbang implantasi. Jadi, kalau Anda merasakan sakit perut yang tidak terlalu kuat dari biasanya dan darah berupa flek muncul, bisa jadi itu merupakan kehamilan. Segera cek ke dokter untuk mengetahui kepastiannya.