Terbit: 4 November 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

DokterSehat.Com– Metformin adalah obat yang diresepkan untuk menjaga kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2. Anda mungkin pernah mendengar bahwa metformin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi apakah itu benar?

Apakah Benar Metformin Menurunkan Berat Badan?

Jawabannya dapat menggembirakan. Inilah yang harus Anda ketahui tentang metformin terhadap penurunan berat badan, dan juga mengapa dokter perlu meresepkannya untuk Anda.

Dapatkah metformin menyebabkan penurunan berat badan?
Menurut penelitian, metformin dapat membantu beberapa orang menurunkan berat badan. Namun, tidak jelas mengapa metformin dapat menyebabkan penurunan berat badan. Satu teori adalah bahwa metformin akan mendorong Anda untuk makan lebih sedikit dengan mengurangi nafsu makan Anda. Metformin juga bisa mengubah cara tubuh Anda menggunakan dan menyimpan lemak.

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa metformin dapat membantu menurunkan berat badan, obat ini bukanlah solusi cepat. Menurut sebuah studi jangka panjang, penurunan berat badan akibat metformin cenderung terjadi secara bertahap lebih dari satu sampai dua tahun. Jumlah berat badan yang hilang juga bervariasi dari orang ke orang. Dalam studi tersebut, rata-rata jumlah berat badan yang hilang setelah dua atau lebih tahun adalah empat sampai tujuh kilogram.

Mengkonsumsi obat tanpa mengikuti gaya hidup sehat lainnya mungkin tidak menyebabkan penurunan berat badan. Individu yang mengikuti diet sehat dan berolahraga saat mengkonsumsi metformin cenderung akan mengalami penurunan berat badan lebih banyak. Kondisi ini dapat dikarenakan metformin diperkirakan akan meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar saat berolahraga. Jika Anda tidak berolahraga, kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari mengkonsumsi metformin ini.

Selain itu, setiap penurunan berat badan yang Anda miliki mungkin hanya bertahan selama Anda minum obat. Itu berarti jika Anda berhenti memakai metformin, ada kemungkinan Anda akan kembali ke berat badan semula. Dan bahkan saat Anda masih minum obat ini, Anda mungkin perlahan akan menuju kembali ke berat badan yang telah hilang.

pil-metformin

Photo Credit: medimoon

Dengan kata lain, metformin mungkin bukan pil diet ajaib yang telah ditunggu beberapa orang. Metformin memang menunjukkan penurunan berat badan pada beberapa orang, namun ada pula yang tidak berefek dengan mengkonsumsi metformin. Salah satu manfaat metformin adalah bahwa meski tidak menyebabkan penurunan berat badan, metformin tidak menyebabkan penambahan berat badan. Kondisi ini tidak berlaku untuk beberapa obat yang digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2.

Akankah dokter saya memberi resep metformin untuk menurunkan berat badan?
Jika Anda menderita diabetes tipe 2 atau kondisi pradiabetes dan kelebihan berat badan atau obesitas, dokter dapat memberi resep metformin untuk membantu Anda mengelola diabetes atau menurunkan risiko diabetes Anda, dan untuk melihat apakah itu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebenarnya, dokter dapat pula meresepkan metformin untuk menurunkan berat badan meski Anda tidak menderita diabetes atau prediabetes.

Penggunaan metformin dengan tujuan menurunkan berat badan disebut penggunaan di luar label (off-label use). Itu berarti FDA belum menyetujui metformin sebagai obat penurun berat badan. Akibatnya, informasi tentang seberapa efektifnya metformin untuk tujuan ini masih sangat sedikit.

Berapa dosis metformin untuk menurunkan berat badan?
Jika dokter meresepkan metformin untuk Anda, dokter akan memutuskan dosis yang tepat untuk Anda. Anda dapat memulai metformin pada dosis yang rendah, dan ditingkatkan secara bertahap dalam bebarapa minggu untuk mengurangi efek samping.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi