Terbit: 10 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masker wajah adalah salah satu solusi kecantikan wanita. Setiap wanita tentu menginginkan wajah yang cerah, bersih, dan berseri setiap saat. Menjaga wajah agar tetap sehat dan bersih tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Maka diperlukan perawatan yang rutin setiap hari agar mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Salah satu perawatan wajah yang kerap dilakukan oleh kaum hawa adalah dengan menggunakan masker wajah alami. Lalu, apakah ada efek memakai masker alami setiap hari?

Apakah Aman Jika Memakai Masker Wajah Setiap Hari?

Masker Wajah Alami

Beberapa jenis masker wajah yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah masker wajah yang terbuat dari bahan alami seperti bengkoang, alpukat dan bahan alami lainnya. Meskipun terbuat dari bahan alami, masker wajah ternyata kurang baik jika dipakai setiap hari.

Pakar kecantikan bahkan menyebutkan jika efek memakai masker alami setiap hari bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita yang memakai masker wajah setiap hari selama setidaknya 6 tahun ternyata secara signifikan bisa membuat kulit wajah kehilangan kelembapannya sehingga menjadi kering. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dampak Buruk Memakai Masker Wajah Setiap Hari

Masker wajah alami digunakan untuk membuat kulit wajah terbebas dari masalah minyak pada wajah yang berlebihan atau masalah jerawat. Jika masker wajah alami dilakukan secara rutin selama seminggu penuh, berikut ini efek memakai masker alami setiap hari:

1. Menghilangkan kelembapan kulit

Efek memakai masker alami setiap hari yang pertama adalah mengurangi kelembapan kulit wajah. Masker wajah “menyerap” kedua masalah pada muka tersebut dan juga ikut menyerap kelembapan pada kulit wajah sehingga jika dipakai setiap hari, maka kulit pun kehilangan kelembapan sehingga kulit wajah menjadi kering. Padahal, banyak wanita Indonesia yang memakai masker setiap hari bahkan dalam waktu yang sangat lama, yakni digunakan sambil tidur malam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Iritasi kulit wajah

Selain kemampuannya dalam membuat kelembapan kulit, masker wajah yang mengandungan alkohol tentu akan berpengaruh besar pada kesehatan kulit jika dipakai terlalu lama atau tidak sesuai dengan aturan yang aman. Bila digunakan setiap hari, kandungan alkohol dalam masker bisa menyebabkan wajah mengalami iritasi.

3. Menyebabkan kulit berminyak

Efek memakai masker alami setiap hari menyebabkan minyak alami di wajah akan hilang, bahkan juga menyebabkan kulit mudah kering. Kulit yang kering akan berusaha keras memproduksi cairan keringat untuk melembapkan kulit. Dampaknya, kulit mudah mengalami masalah, karena wajah lebih berminyak.

4. Menyebabkan kulit sensitif

Efek memakai masker alami setiap hari dapat menyebabkan kulit sentitip, karena mengalami penipisan kulit. Dampak buruk kulit sensitip juga menyebabkan kulit mudah mengalami masalah.

5. Menyebabkan kulit berjerawat

Efek memakai masker alami setiap hari yang telah disebutkan di atas dapat memimbulkan berbagai masalah kulit, namun masalah yang satu ini berkaitan dengan penggunakan masker yang tidak bersih setelah menggunalan masker wajah. Jika tidak cermat membersihkan wajah setelah pakai masker wajah, kemungkinan kulit akan meniumpulkan jerawat karena pori-pori wajah tersumbat sisa masker.

6. Mempercepat penuaan dini

Efek memakai masker alami setiap hari selanjutnya kulit wajah berisiko mengalami penuaan dini, karena kulit kehilangan kelembapan akibat dari kulit kering.

Jadi, berapa kali menggunakan masker dalam seminggu?

Pakar kecantikan meyarankan jika masker wajah sebaiknya dipakai setidaknya sekali dalam seminggu dengan durasi maksimal sekitar 20 menit untuk perawatan yang maksimal tanpa adanya risiko mendapatkan kulit wajah yang kering.

Cara mendapatkan khasiat yang maksimal, kita bisa membasuh masker dengan air hangat dan diusap dengan handuk yang lembut. Jika menggunakan masker wajah dengan tepat, wajah pun akan menjadi halus, cerah, berseri, dan pori-pori kulit pun semakin mengecil.

Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Jika menggunakan masker wajah sekali dalam semingu, manfaatnya akan terasa pada kulit wajah. Apa saja manfaat masker wajah? Berikut ini manfaat masker wajah yang akan Anda dapatkan:

1. Relaksasi

Masker wajah tidak hanya memberikan hasil yang meningkatkan penampilan keseluruhan kulit Anda, masker wajah juga bisa sangat terapeutik. Ketika masker mengandung minyak esensial aromatik seperti mint dan rosemary, masker wajah dapat mengangkat semangat dengan merangsang indra Anda.

Menggunakan masker wajah harus diperlakukan sebagai barang mewah. Cobalah sisihkan sedikit waktu ketika Anda memutuskan untuk menggunakan masker. Siapkan air panas untuk berendam, nyalakan beberapa lilin dan biarkan masker mulai bekerja. Anda akan tertarik pada pengalaman sensoris yang indah dan tidak hanya akan menenangkan pikiran dan jiwa tetapi juga akan menjadikan kulit tampak luar biasa.

2. Membersihkan kulit secara mendalam

Membersihkan wajah membantu kulit tetap bersih dengan membuang kotoran, minyak, dan make up dari permukaan kulit. Menggunakan masker wajah dapat membantu mengeluarkan kotoran yang bersembunyi di bawah lapisan atas epidermis. Beberapa orang mengatakan bahwa kulit mereka mengalami “detoksifikasi” ketika mereka menggunakan masker, karena mereka benar-benar memperhatikan perubahan pada kulit. Masker wajah sangat luar biasa dalam melakukan proses pembersihan lebih dalam, yang bermanfaat mengecilkan pori-pori wajah.

3. Membersihkan pori-pori kulit

Masker wajah dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran, menghaluskan kulit, dan mengecilkan pori-pori. Membersihkan pori-pori dari sel-sel kulit mati, akan mencegah kulit bermasalah karena limbah metabolik dan zat berminyak yang dapat menyumbat pori-pori.

4. Menghidrasi kulit

Masker wajah juga dapat melembabkan kulit dan menghidrasi untuk jenis kulit kering. Cairan dari masker menembus jauh ke dalam epidermis kulit untuk melembutkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya. Ketika kulit terhidrasi dan lembab, menjadi mudah untuk menggunakan riasan yang tepat. Juga menjadikan kulit terlihat lebih muda.

5. Mengurangi garis-garis halus di kulit wajah

Penggunaan masker wajah dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, bintik-bintik cokelat dan sebagainya. Anda juga akan dapat menikmati tekstur kulit yang lebih lembut dan lebih halus.

6. Meratakan warna kulit

Masker wajah juga dirancang untuk mengurangi hiper-pigmentasi dan memberi Anda warna dan tekstur kulit yang lebih merata. Masker wajah juga membatu sekresi kelenjar keringat sehingga dapat meningkatkan kandungan oksigen pada kulit.

7. Kulit wajah lebih kencang

Kulit yang longgar dapat membuat tampilan kulit lebih tua dari usia Anda. Masalah kulit longgar dapat dengan mudah diatasi dengan penggunaan masker wajah. Ada beberapa jenis masker wajah yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan melawan kerusakan radikal bebas yang secara bertahap akan menghasilkan kulit yang lebih kencang dan segar.

Sebagai informasi tambahan, tahukah Anda bahwa susu mentah juga bermanfaat untuk kecantikan kulit yang luar biasa? Namun maskeran susu tiap hari belum diketahui dampak baik dan buruknya. Berikut manfaat susu untuk kulit, di antaranya:

  • Melembapkan kulit
  • Sebagai toner kulit
  • Pembersih kulit
  • Mengatasi jerawat
  • Sebagai tabis surya alami
  • Mengatasi kulit kering
  • Mencerahkan kulit

Nah, Teman Sehat! Itulah efek memakai masker alami setiap hari dan manfaat masker wajah bila dilakukan satu kali dalam seminggu.

 

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi