Apa yang Terjadi Jika Kita Minum Tiga Cangkir Teh Hijau Setiap Hari?

doktersehat-teh-hijau-matcha

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang menganggap teh hijau sebagai minuman yang bisa melangsingkan tubuh atau menghilangkan stress. Karena alasan inilah banyak orang yang kerap mengonsumsi minuman dengan rasa yang nikmat dan menenangkan ini. Sebenarnya, apa yang akan terjadi pada tubuh jika kita secara rutin mengonsumsi teh hijau sebanyak tiga cangir setiap hari?

Dilansir dari Times of India, seseorang mencoba untuk menurunkan berat badannya dengan cara rutin berolahraga di pusat kebugaran, mengubah pola makan menjadi lebih sehat, dan mengonsumsi tiga cangkir teh hijau setiap hari selama satu bulan. Hasilnya adalah, Ia mampu menurunkan berat badannya dengan lebih mudah.

Mengonsumsinya tiga cangkir setiap hari akan membuat tubuh lebih berenergi dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Kulit juga tak lagi mudah terkena jerawat sehingga terlihat lebih bersih dan bercahaya. Hal ini disebabkan oleh kemampuan teh hijau yang bisa membuang berbagai macam racun di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau juga akan membuat tubuh menjadi semakin sehat, sistem metabolisme tubuh meningkat dan aktivitas insulin juga akan menjadi lebih baik. Hal inilah yang membuat tubuh lebih berenergi sekaligus membuat berat badan semakin mudah turun.

Salah satu kandungan antioksidan yang berperan besar dalam proses penurunan berat badan adalah katekin. Salah satu jenis katekin dalam teh hijau bernama epigallocatechin gallate (EGCG) mampu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di dalam tubuh dengan lebih efektif.

Hanya saja, meskipun kaya akan manfaat kesehatan, konsumsi teh hijau dalam jumlah yang banyak juga bisa memicu gangguan pencernaan seperti diare atau kekurangan zat besi yang bisa memicu anemia dan gangguan tidur.

Melihat adanya fakta ini, teh hijau boleh saja diminum secara rutin untuk membuat badan lebih sehat atau menurunkan berat badan. Namun, kita juga harus rutin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat untuk mendapatkannya.