Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap melihat iklan susu yang berkata bahwa kerap mengonsumsi susu yang mereka tawarkan bisa membuat tulang menjadi semakin sehat dan tulang. Bahkan, rajin minum susu disebut-sebut bisa mencegah datangnya osteoporosis, penyakit yang membuat tulang keropos di usia tua. Sebenarnya, apakah memang susu bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Apa yang Terjadi Jika Kita Kerap Mengonsumsi Produk Susu?

Dilansir dari Zee News, sebuah penelitian membuktikan bahwa produk susu seperti susu, yoghurt, atau keju ternyata memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tulang, kerap mengonsumsinya membuat kepadatan mineral tulang meningkat, khususnya pada tulang belakang, salah satu tulang paling penting bagi tubuh kita.

Karena hanya mendengar manfaat susu dari iklan, kebanyakan orang berpikir jika susu hanya akan bermanfaat bagi kesehatan tulang orang-orang dengan usia lebih dari 50 tahun. Padahal, jika kita kerap mengonsumsinya sejak usia muda, maka kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang jauh lebih menyeluruh.

Pakar kesehatan Shivani Sahni dari Institute for Ageing Research di Amerika Serikat menyebutkan bahwa Ia dan rekan-rekannya telah melakukan penelitian untuk mencari tahu kaitan antara konsumsi produk susu harian dengan kesehatan tulang. Saat melakukannya, Ia menggunakan Quantitative Computed Tomography (QCT) yang bisa mengukur kesehatan tulang dengan efektif.

Dalam penelitian ini, 1.552 pria dan 1.104 wanita dengan usia 32 hingga 81 tahun dilibatkan. Hasilnya adalah, rutin mengonsumsi produk susu memang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tulang kita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Hasil penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Bone and Mineral Density ini bisa kita jadikan patokan untuk rajin-rajin minum susu atau berbagai produk turunannya seperti yoghurt atau keju. Tak hanya baik bagi kesehatan tulang, nutrisi lainnya juga akan membuat kita menjadi lebih sehat kok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi