Apa yang Terjadi Jika Anda Terlalu Lama Terpapar Matahari

DokterSehat.Com– Bermain di pantai di bawah sinar matahari memang menyenangkan. Namun Anda harus waspada dengan paparan sinar matahari yang menyengat kulit Anda. Pasalnya, paparan sinar matahari terus menerus berpotensi merusak kulit Anda. Dilansir dari onhealth.com, berikut ini beberapa hal yang mungkin terjadi jika Anda terlalu lama terpapar sinar matahari.

1. Kulit menjadi gelap

Kulit yang berubah gelap setelah terlalu lama terpapar sinar matahari sebenarnya adalah tanda bahwa kulit Anda sedang mengalami kerusakan. Paparan UV meningkatkan risiko berkembangnya kanker kulit di masa depan. Karena itulah, pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih setiap Anda akan beraktifitas di bawah sinar matahari.

2. Kulit Terbakar Matahari

Kulit bisa berubah kemerahan ketika Anda terlalu lama terbakar matahari. Ini adalah tanda bahwa lapisan kulit terluar Anda sedang terbakar, oleh karena itu, segeralah berteduh dan gunakan krim anti inflamasi atau kompres dingin untuk meredakan kemerahan tersebut. Ketika terbakar makin parah, biasanya akan muncul lepuhan pada kulit dan bisa sangat menyakitkan. Segera temui dokter jika ini terjadi pada Anda.

3. Kerutan

Sinar UV dapat merusak lapisan kulit. Jika paparan terus menerus terjadi, maka kulit akan cepat mengalami keriput serta kehilangan kekecangannya.

4. Warna kulit tidak merata

Paparan sinar matahari berlebihan juga membuat warna kulit menjadi tidak merata akibat pigmentasi yang tidak beraturan. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari langsung dan selalu gulakan pelindung setiap beraktifitas di luar ruangan.

5. Penyakit pada kulit

Selain itu, paparan sinar UV yang berlebihan juga dapat berbahaya bagi kesehatan kulit karena bisa menimbulkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa muncul karena paparan sinar matahari yang berlebihan antara lain adalah Actinic Keratosis, Actinic Chilitis, Karsinoma Sell Skuamosa, Melanoma dan lain-lain.

Sinar matahari memang baik untuk tubuh, namun bukan berarti Anda bisa terus menerus berada di bawah matahari sepanjang hari. Hindari sinar matahari pada pukul 10 siang hari hingga pukul 4 sore hari yang dapat berbahaya bagi kulit. Selain itu, selalu gunakan pakaian pelindung saat keluar rumah serta gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.