Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghadapi anak yang banyak energi merupakan suatu tantangan tersendiri bagi orang tua. Ada kalanya anak mengeluh merasa bosan saat berada di tempat liburan atau di tempat lain seperti mall, restoran dan tempat lainnya. Apa yang harus dilakukan orang tua jika anak-anak bersikap demikian?.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Mudah Bosan?

Memahami arti kebosanan anak-anak

Saat anak-anak mengeluh bosan, sebenarnya ada dua hal yang ingin mereka sampaikan. Pertama, ia memang menginginkan aktivitas yang lain dari apa yang sedang lakukan sekarang.

Misalnya, anak-anak sedang berada dalam sebuah acara keluarga kemudian mereka mengeluh bosan. Bisa jadi hal ini disebabkan karena anak-anak tidak bisa menikmati rangkaian acara tersebut. Dalam situasi ini, Anda bisa menyiasatinya dengan membawa mainan kesukaan anak, atau motivasi anak Anda untuk bergaul dengan sepupu atau keluarga yang lain. Biarkan anak berpikir kreatif untuk mencari alternatif kegiatan yang dapat menghilangkan rasa bosannya.

Kedua, jika kebosanan anak berarti bahwa ia ingin menghabiskan waktu bersama dengan Anda, maka libatkan ia pada apa yang sedang Anda kerjakan agar ia tidak merasa terabaikan.

Manfaat membiarkan anak bosan

Dilansir dari Huffington Post, ada kalanya orang tua lebih baik membiarkan anak-anak mengalami kebosanan. Saat bosan anak-anak akan lebih mendengarkan dirinya sendiri tentang apa yang ia inginkan. Secara tidak langsung hal ini mendorong proses berpikir dan memicu kreativitas anak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Anda juga dapat memancing anak untuk berkreasi membuat sesuatu dari apa yang ada di sekitarnya atau mencoba hal-hal lain yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Sering kali kebosanan pada anak bukanlah sesuatu yang menakutkan namun justru cara bagi anak untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Bagaimana dengan Anda, apa trik yang biasa Anda lakukan untuk menghadapi anak yang mudah bosan?

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi