Apa Sih yang Dimaksud Dengan Penyakit Darah Manis?

doktersehat-wanita-punggung-gatal-merah-itchy-kulit-alergi-Pruritus-garuk-cacar-air

DokterSehat.Com– Pernahkah anda mendengar istilah penyakit darah manis? Istilah ini kerap ditujukan pada anak yang mudah mengalami bentol-bentol atau koreng jika digigit serangga. Biasanya, bentol-bentol bekas digigit serangga ini tidak mudah untuk sembuh sehingga akhirnya membekas dalam waktu yang cukup lama.

Pakar kesehatan dr. Radijanti Anggraheni, SpKK menyebut penamaan darah manis sebenarnya kurang tepat bagi kondisi kesehatan yang dialami oleh anak-anak ini karena darah penderitanya sama sekali tidak terasa manis. Biasanya, penyebab anak mudah mengalami korengan akibat hal-hal sepele seperti gigitan nyamuk disebabkan oleh dermatitis atopik. Penderita masalah kesehatan ini memang memiliki kulit yang terlalu sensitif, kulit kering, dan mudah gatal-gatal meskipun karena penyebab yang sangat sepele layaknya gigitan nyamuk.

Bagi orang lain, gigitan nyamuk hanya akan menyebabkan rasa gatal untuk waktu yang singkat. Benjolannya juga akan menghilang setelah beberapa saat. Namun, bagi penderita dermatitis atopik, rasa gatal akibat dari gigitan nyamuk ini sangatlah terasa sehingga membuatnya terus menggaruknya sehingga menyebabkan luka. Luka ini juga tidak mudah sembuh sehingga akhirnya menyebabkan koreng di berbagai bagian tubuh.

Dermatitis atopik ternyata termasuk dalam penyakit keturunan. Orang tua dengan kondisi kesehatan ini biasanya memiliki masalah kulit kering dan menurunkannya pada buah hatinya. Penderita masalah kesehatan ini juga cenderung mudah terkena alergi dan asma.

Menurut pakar kesehatan, saat penderita dermatitis atopik terkena allergen, maka tubuh akan bereaksi dengan memproduksi antibody berupa Imunoglobulin E yang merangsang kulit mengeluarkan zat histamin, sitokin, dan leukotrines yang memicu sensasi gatal, membuat kulit lebih mudah meradang dan menghasilkan bekas luka yang sulit hilang.