Terbit: 22 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang protein whey? Protein whey identik dengan protein yang digunakan para atlet untuk membentuk massa otot. Lalu sebenarnya apa itu protein whey?

Apa Sebenarnya Protein Whey?

Protein adalah salah satu jenis zat gizi makro, sedangkan protein whey adalah salah satu bentuk turunan protein.

Protein whey kerap disajikan dalam bentuk susu bubuk, namun protein whey tetatp bisa kita peroleh dari bahan makanan protein hewani alami, dan sedikit produk protein nabati.

Yang membedakan protein whey dengan protein biasa, adalah cara memperolehnya jika protein whey ini telah di buat menjadi produk olahan susu bubuk.

Jika umumnya protein biasa dari bahan makanan segar, seperti daging, ayam dan telur, jika kita konsumsi maka asupan zat gizi yang masuk juga bersamaan dengan asupan zat gizi lain seperti lemak.Sedangkan jika sudah dibentuk sebagai susu berprotein whey maka zat gizi yang masuk ke dalam tubuh hanya protein whey saja.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Dua perbedaan utama protein whey dengan protein biasa adalah:

  • Protein whey adalah salah satu bentuk turunan utama protein yang ada pada protein hewani

  • Protein whey memiliki kandungan substanisal yang mampu membawa asam amino (bentuk protein) dalam bentuk yang mudah cerna untuk meningkatkan performa tubuh

Keunggulan diatas menyebabkan protein whey menjadi produk yang bermanfaat untuk tubuh karena protein whey menjadi bahan makanan berprotein yang lebih mudah diserap oleh tubuh.

Kandungan substansial yang pada protein whey mampu mendukung fungsi kesehatan tubuh dengan optimal, melalui asupan protein yang baik untuk organ dan otot, serta mendukung proses penyembuhan dari cidera.

Melihat manfaat dari protein whey tersebut, menurut WebMD, protein whey tidak sebenarnya tidak hanya dikhususkan untuk atlet saja, namun protein whey baik diberikan pada anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, serta mendukung penyembuhan pada kondisi tubuh yang sedang sakit.

Nah, jadi sekarang Anda sudah tahu kan apa itu protein whey, tertarikkah Anda mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi