Mata Lelah: Penyebab, Gejala, Pengobatan & Pencegahan

mata-lelah-doktersehat

DokterSehat.ComAsthenopia atau mata lelah adalah istilah yang biasanya digunakan oleh orang-orang yang mengalami gejala samar yang terkait dengan penggunaan mata. Meskipun mata lelah terasa tidak nyaman, kondisi ini tidak menyebabkan kerusakan mata. Mata lelah merupakan gejala, bukan penyakit mata.

Apa Itu Mata Lelah?

Mata lelah adalah kondisi yang terjadi ketika mata mengalami kelelahan karena penggunaan yang intens, seperti mengendarai mobil dalam waktu yang lama, membaca, atau terlalu lama bekerja di depan komputer. Jika Anda memiliki ketidaknyamanan mata yang disebabkan oleh melihat sesuatu untuk waktu yang lama, Anda bisa menyebutnya mata lelah.

Meskipun mata lelah bisa mengganggu, biasanya tidak serius dan hilang begitu mengistirahatkan mata. Dalam beberapa kasus, tanda dan gejala mata lelah adalah tanda kondisi mata yang membutuhkan perawatan. Meskipun mungkin tidak dapat mengubah cara pekerjaan atau semua faktor yang dapat menyebabkan mata mata lelah, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi mata lelah.

Penyebab Mata Lelah

Penggunaan komputer dan perangkat digital dalam waktu lama menjadi penyebabnya. Seiring menatap layar untuk waktu yang lama, penyebab mata lelah lainnya di antaranya:

1. Terlalu lama fokus terhadap visual

Gejala kelelahan mata, pandangan kabur, sakit kepala, dan kadang-kadang penglihatan ganda disebabkan oleh penggunaan mata yang terkonsentrasi untuk visual.

Beberapa orang, sambil berkonsentrasi dengan visual yang intens seperti membaca buku, menggunakan komputer selama berjam-jam, atau mencoba melihat dalam gelap, tanpa sadar mengepalkan otot-otot kelopak mata, wajah, pelipis, dan rahang mereka dan mengembangkan ketidaknyamanan atau rasa sakit karena terlalu sering menggunakan otot-otot tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan siklus yang menegangkan otot-otot lebih jauh dan menyebabkan lebih banyak tekanan. Orang lain yang mencoba melakukan tugas visual serupa mungkin tidak memiliki gejala sama sekali.

Faktor-faktor yang sering menjadi penyebab mata lelah termasuk:

  • Terlalu lama di depan monitor komputer atau video
  • Melihat dengan cahaya yang sangat redup
  • Paparan terhadap cahaya atau silau yang ekstrem

2. Mata kurang berkedip

Banyak orang akan berkedip kurang dari biasanya ketika melakukan aktivitas visual. Berkurangnya berkedip ini dapat menyebabkan kekeringan pada permukaan mata dan gejala mata kering.

Kesalahan bias (kebutuhan untuk kacamata untuk jarak atau dekat terhadap penglihatan, atau keduanya) dapat menghasilkan gejala mata lelah.

3. Kemampuan kedua mata tidak seimbang

Ketidakmampuan untuk membuat kedua mata bekerja bersama-sama dalam mode teropong juga dapat menghasilkan gejala mata lelah. Namun, sebagian besar individu yang memiliki penglihatan binokular terbatas atau tidak memiliki gejala tersebut.

Pada orang yang sudah mengalami sakit kepala atau pandangan kabur karena mata tegang, gejalanya dapat diperburuk oleh masalah mata seperti ketidakseimbangan otot mata atau kebutuhan akan kacamata untuk koreksi miopia, hiperopia, atau astigmatisme.

4. Penggunaan kacamata

Mengenakan kacamata dengan resep yang salah menjadi penyebab mata lelah. Pada mereka yang sudah memiliki mata tegang, kurang tidur, obat-obatan tertentu, sedang stres, atau kelelahan juga dapat membuat gejala-gejala tersebut lebih buruk.

Gejala Mata Lelah

Gejala mata lelah bervariasi bagi setiap orang tergantung pada penyebab mata lelah dan masalah mata yang mendasarinya. Ciri-ciri mata lelah yang paling sering dialami adalah:

  • Rasa sakit di sekitar mata
  • Sakit kepala yang mungkin diperburuk dengan menggunakan mata Anda
  • Mata kering atau berair
  • Penglihatan kabur
  • Mata terbakar, sakit, atau lelah
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Kesulitan membuka mata
  • Vertigo

Menurut American Academy of Ophthalmology, beberapa orang juga mengalami ciri-ciri mata lelah secara refleks, di antaranya:

  • Migrain
  • Mual
  • Otot-otot wajah berkedut

Pengobatan Mata Lelah secara Alami

Mata lelah adalah masalah yang sangat sering terjadi, karena sebagian besar pekerjaan membutuhkan penggunaan komputer secara konstan. Begitupun popularitas smartphone, yang memiliki layar cerah, juga berkontribusi terhadap masalah ini. Mengalami mata lelah bisa sangat tidak nyaman, dan untuk mengatasinya Anda bisa menghilangkan penyebabnya. Berikut ini adalah cara mengatasi mata lelah yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Pijat mata

Pijat lembut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke mata dan membantu mengendurkan otot mata. Cara mengatasi mata lelah ini dapat dilakukan dengan memijat kelopak mata dan otot-otot di atas alis selama sekitar 20 detik, kemudian bergerak ke daerah kelopak mata bawah terhadap tulang bawah selama 20 detik. Lakukan cara ini sekali atau dua kali sehari dapat memberikan sedikit kelegaan.

2. Palming

Mulailah dengan menggosok kedua tangan bersamaan untuk menghasilkan hangat. Setelah cukup hangat, tempelkan di kedua telapak tangan di atas mata dan biarkan selama sekitar 30 detik tanpa memberikan tekanan tambahan. Cara mengatasi mata lelah ini dapat dilakukan sebanyak yang diperlukan.

3. Berjemur

Matahari adalah sumber energi yang besar, dan dapat digunakan untuk membantu ketegangan mata. Berdiri di bawah sinar matahari langsung dengan kelopak mata tertutup, dapat meredakan ketegangan mata. Tips ini paling baik dilakukan di pagi hari. Namun, penting untuk tidak melihat langsung ke matahari.

4. Latihan mata

Cara mengatasi mata lelah dengan latihan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata serta memperkuatnya agar lebih baik dalam fokus dan konsentrasi. Latihan fokus, seperti melihat objek yang jauh kemudian kembali ke fokus, adalah latihan yang baik. Juga, memutar mata searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam membantu meregangkan otot mata.

5. Air dingin

Memercikkan air dingin ke mata dapat meredakan mata lelah secara ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengendurkan mata yang lelah. Tips ini juga dapat mengurangi tampilan mata bengkak.

6. Kompres hangat

Suhu panas juga merupakan cara mengatasi mata lelah yang efektif, membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Cara ini paling baik dilakukan dengan merendam kain dalam air hangat kemudian memerasnya. Lalu, letakkan kain lembap pada mata.

7. Air mawar

Air rendaman mawar dianggap sebagai penenang alami untuk mata lelah, juga dapat meremajakan kulit di sekitar mata, mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata. Tips ini bisa dilakukan dengan menggunakan sedikit bola kapas dan meletakkannya di mata dua kali sehari.

8. Mentimun

Memiliki sifat astringen alami, ini membantu menenangkan otot mata yang lelah dan bahkan dapat mengurangi bengkak dan lingkaran hitam. Mengiris mentimun berukuran sedang dan menempelkannya di mata sekali atau dua kali sehari dapat meredakan mata lelah.

9. Susu murni

Dapat efektif dalam mengurangi iritasi mata dan bengkak. Ini bisa dilakukan dengan mencelupkan bola kapas ke dalam susu dingin dan meletakkannya di mata.

10. Mengatur pencahayaan

Dengan mematikan kelebihan cahaya, mata Anda harus bekerja lebih sedikit untuk menyesuaikan dengan peningkatan kecerahan. Terlalu banyak cahaya dapat merangsang mata secara berlebihan, yang menyebabkan mata lelah.

11. Menyesuaikan warna pada monitor

Disebut juga menyesuaikan suhu warna, fitur ini biasanya ditemukan di sebagian besar komputer dan smatrphone dan melibatkan perubahan jumlah cahaya biru yang ditampilkan, yang telah diketahui menyebabkan gangguan mata dan gangguan tidur.

Pengobatan Mata Lelah secara Medis

Perawatan medis untuk mata lelah terkadang diperlukan ketika gejalanya parah atau terkait dengan kondisi yang menyebabkannya. Kunjungi dokter spesialis mata atau dokter mata jika mengalami masalah dengan penglihatan atau jika mata lelah berlanjut bahkan setelah mengurangi waktu di dapan layar dan mengambil tindakan lain untuk mengistirahatkan mata Anda.

Perawatan medis untuk mata lelah dan gejala mata lelah tergantung pada penyebabnya dan mungkin bisa diatasi dengan:

  • Kacamata
  • Lensa kontak
  • Operasi refraktif
  • Obat tetes mata resep

Pencegahan Mata Lelah

Ada banya cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah mata lelah, di antaranya:

1. Lakukan aturan 20-20-20

Seringkali kelelahan mata terjadi ketika Anda melakukan satu aktivitas terlalu lama tanpa istirahat. Anda harus mengalihkan fokus Anda ke sesuatu selain aktivitas setiap 20 menit. Apa yang Anda fokuskan harus berjarak 20 kaki, dan harus melihatnya setidaknya selama 20 detik. Ini dikenal sebagai aturan 20-20-20.

Tidak hanya mengalihkan fokus setiap 20 menit, tetapi juga memastikan untuk berpaling dari aktivitas yang intens selama beberapa jam di siang hari. Jika harus bekerja di depan layar atau mengemudi jarak jauh selama beberapa jam, pastikan untuk menyeimbangkan aktivitas dengan orang lain yang membutuhkan penggunaan mata Anda. Misalnya, berjalan-jalan di luar di bawah cahaya alami selama istirahat makan siang, jika Anda menghabiskan sepanjang pagi bekerja dengan komputer.

2. Atur jarak pandang layar

Pastikan melihat perangkat digital pada jarak yang benar dan di posisi yang tepat. Layar harus berada beberapa meter dari mata Anda, atau sekitar panjang lengan. Anda harus melihat layar setinggi mata Anda atau sedikit di bawahnya. Cara ini berlaku untuk penggunaan smatphone.

Tips praktis lain untuk perangkat digital adalah memperbesar teks di layar agar sesuai dengan tingkat kenyamanan mata Anda.

3. Atus cahaya yang tepat

Pencahayaan bisa menyebabkan mata lelah. Cahaya bisa terlalu redup atau terlalu terang, tergantung aktivitasnya. Cahaya seharusnya datang dari belakang Anda jika Anda berfokus pada sesuatu seperti membaca. Peredupan lampu dapat membantu mengurangi kelelahan mata saat menonton TV.

4. Gunakan obat tetes mata

Fokus yang intens, terutama saat melihat layar, dapat menyebabkan pengurangan dramatis dalam berapa kali berkedip per menit. Saat kurang berkedip, mata bisa menjadi kering dan teriritasi. Atasilah kondisi tersebut dengan menggunakan obat tetes mata. Anda juga bisa mencoba untuk berkedip lebih sering saat di depan layar, yang dapat mencegah terjadinya gejala.

5. Cek udara ruangan

Anda mungkin menghabiskan waktu di tempat yang memiliki kualitas udara yang buruk. Lingkungan dan tempat yang kering atau menggunakan kipas angin dan alat pemanas dan pendingin dapat menyebabkan kelelahan mata. Lakukan cara berikut jika suhu ruangan tidak sesuai:

  • Tingkatkan udara dengan pelembab udara
  • Matikan sistem pemanas dan pendingin
  • Pindah ke tempat yang tidak memiliki masalah udara yang sama

6. Menggunakan kacamata yang tepat

Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan apakah Anda memerlukan kacamata khusus untuk mengurangi mata lelah. Anda bahkan mungkin memerlukan lensa khusus, alat, atau terapi mata untuk aktivitas yang menyebabkan ketegangan pada mata. Pelapis dan warna tertentu untuk lensa dapat membantu mata Anda.

8. Kurangi waktu yang dihabiskan untuk satu aktivitas

Cara sederhana untuk menghindari mata lelah adalah dengan membatasi waktu Anda terpapar pada satu aktivitas yang membutuhkan fokus yang intens. Cobalah untuk menghabiskan lebih sedikit waktu dengan perangkat digital Anda.