Apa Saja yang Perlu Ada di Kamar Bayi?

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Ketika mengetahui bahwa Anda positif hamil, seluruh keluarga Anda tentu menyambutnya dengan penuh suka cita. Berbagai persiapan menyambut kelahiran si kecil dilakukan, termasuk salah satunya mempersiapkan kamar bayi. Barang apa saja yang harus ada di kamar bayi?

Photo Credit: pexels.com

Barang-barang yang perlu ada di kamar bayi

Sebagian orang tua memilih untuk tidur satu kamar dengan bayinya. Namun banyak juga yang ingin memberikan kamar khusus untuk anak mulai dari usia bayi. Bagi Anda yang ingin memberikan kamar khusus anak sejak usia bayi, berikut ini beberapa perabotan yang perlu ada di kamar bayi:

1. Tempat tidur bayi
Tempat tidur bayi bisa berupa boks bayi ukuran standar atau boks bayi ukuran custom yang bisa disesuaikan sehingga bisa digunakan hingga si kecil usia sekolah. Pilih tempat tidur bayi yang dilengkapi dengan pagar yang cukup tinggi untuk keamanan dan perlindungan bayi. Pilih kasur dengan bahan yang nyaman dan empuk, demikian juga perlengkapan lainnya seperti bantal, guling dan selimut bayi.

2. Meja ganti baju dan popok

Meja ganti baju dan popk atau baby tuffle merupakan salah satu perabotan yang perlu ada di kamar bayi. Pilih meja ganti baju dan popok yang memiliki banyak ruang untuk meletakkan berbagai produk perawatan bayi seperti popok, baby oil, baby losion, dan sebagainya.

3. Kursi untuk menyusui
Sediakan kursi untuk menyusui di kamar bayi agar ketika bayi terbangun dan butuh menyusu, Anda bisa segera menyusui di kamar. Pilih kursi dengan sandaran dan posisi duduk yang nyaman serta dilengkapi sandaran tangan. Menyusui kadang butuh waktu lama, sehingga penting untuk memiliki kursi menyusui yang nyaman.

4. Rak mainan anak

Meskipun bayi belum membutuhkan mainan dalam jumlah banyak, namun Anda bisa menyediakan rak mainan anak untuk menyimpan semua mainannya. Selain membuat kamar lebih rapi, juga akan membuat anak terbiasa untuk rapi sejak kecil.

Selain perabotan tersebut, Anda juga perlu memerhatikan hal-hal lain seperti pencahayaan, sirkulasi udara dan keamanan dari kamar bayi.

Selamat menyambut kelahiran si kecil!