Terbit: 22 April 2018 | Diperbarui: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kesenian pada anak bisa diajarkan melalui hal yang sederhana seperti nyanyian atau kegiatan berwarna dan menggambar. Selain membuat anak senang, seni juga memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak. Apa saja?

Apa Saja Manfaat Kesenian bagi Anak?

Manfaat seni bagi tumbuh kembang anak

1. Sebagai sarana belajar
Lewat kesenian seperti bernyanyi, menggambar, dan mewarnai, anak-anak dapat belajar megenal angka, nama hewan dan tumbuhan. Pada anak-anak, mereka lebih mudah mengingat sesuatu melalui lagu atau gambar.

2. Mengembangkan kreativitas
Semua kegiatan yang berhubungan dengan seni akan meangsang anak untuk berimajiasi, mengasah kreativitas dan mengekspresikan diri. Jika kemampuan kreatif ini terus diasah, maka si kecil akan terus menerapkan cara berpikir kreatif hingga dewasa. Apa pun karya anak saat menggambar dan mewarna, meskipun masih tampak belum rapi, sebaiknya terus beri pujian. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

3. Mengasah kemampuan motorik

Kemampuan motorik anak dapat dilatih melalui kegiatan berkesenian seperti mewarna, menggambar, membuat kalung dari manik-manik, dan sebagainya. Dengan sering berlatih menggambar dan mewarnai, anak-anak akan memiliki kemampuan motorik yang baik.

4. Meningkatkan konsentrasi dan disiplin

Saat berkesenian, anak-anak akan belajar fokus untuk menyelesaikan satu hal. Anak akan belajar untuk mematuhi aturan, dan berusaha memberikan kemampuan terbaiknya untuk menyelesaikan tugasnya tersebut.

5. Melatih kerja sama
Seni tidak selalu dikerjakan sendirian. Ketika anak-anak melakukan pentas tari berkelompok atau seni musik, anak akan belajar mengenai pembagian tugas dan kerja sama untuk menciptakan penampilan yang baik.

Ada banyak cara untuk mengenalkan anak pada kesenian. Selain mengenalkan pada aktivitas menggambar atau memarnai di rumah, Anda juga bisa mengajak anak untuk menyaksikan pentas kesenian atau galeri seni.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Bagaimana dengan buah hati Anda, Mom? Apa kesenian yang disukai si kecil?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi