Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah anda penggemar buah delima? Berbagai buah-buahan tentu saja kaya akan vitamin dan mineral, namun delima mempunyai keunggulan yang membuatnya pantas Anda jadikan buah favorit.

Apa Saja Kandungan Gizi Delima?

Seperti yang kita ketahui bahwa delima memiliki warna oranye kemerahan di mana warna ini menunjukkan kandungan gizinya yang kaya akan vitamin dan fitonutrien, apa sajakah itu?

Menurut US Departement of Agriculture dan University of Canada, kandungan gizi delima adalah:

  1. Tinggi serat

  2. Meskipun daging buahnya berair dan bentuknya tidak sama dengan buah pada umumnya, namun kandungan serat yang ada pada 100 gram buah delima, yang setara dengan buah apel ukuran sedang, adalah 4 gram. Angka ini 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah lain yang cenderung umum kita konsumsi yaitu apel dan pisang.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  3. Kaya vitamin K

  4. Vitamin K yang ada pada buah delima sangat tinggi yaitu 16 mcg, angka ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin K orang dewasa pria. Angka ini hampir 5 kali lebih tinggi dibandingkan yang ada pada buah apel dan pisang. Seperti yang kita ketahui vitamin K penting untuk mendukung pembekuan darah dan baik untuk tulang.

  5. Memiliki banyak kandungan fitonutrien

  6. Buah delima disebut memiliki berbagai jenis fitonutrien, yaitu zat non gizi yang memiliki manfaat untuk mendukung fungsi organ dan sistem tubuh. Tiga manfaat utama fitonutrien pada delima adalah sebagai anti-oksidan, anti-penuaan dini dan anti-inflamasi atau peradangan. Hal ini tentu baik untuk mendukung fungsi organ jantung dan sistem pembuluh darah.

Manfaat yang ada pada buah delima tersebut bisa kita peroleh dengan berbagai cara, misalnya mengonsumsinya dalam bentuk buah segar, diolah sebagai campuran minuman, atau kini telah banyak tersedia olahan sirup dan jus delima.

Manfaat utama delima, baik biji, daging atau bahkan kulitnya kini banyak pula dibentuk menjadi ekstrak atau bubuk delima yang baik untuk kesehatan fungsi saraf otak dan jantung.

Nah, dengan melihat berbagai kandungan gizi yang ada pada buah delima, tentu pantas kan buah delima ini menjadi salah satu buah favorit Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi