Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua orang tua pasti menginginkan kehamilan yang sehat sehingga si kecil juga dapat terlahir sehat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan melakukan imunisasi ketika sebelum dan saat hamil. Apa saja imunisasi yang diperlukan saat hamil?

Apa Saja Imunisasi yang Aman Bagi Ibu Hamil?

Imunisasi saat hamil

Imunisasi bisa dilakukan sebelum Anda dan pasangan memulai program kehamilan. Vaksin pada ibu hamil tidak hanya penting untuk melindungi kesehatan ibu hamil, namun juga baik untuk melindungi janin. Namun tidak semua vaksin boleh dilakukan pada ibu hamil. Beberapa vaksin yang bisa diberikan pada ibu hamil antara lain:

1. Vaksin influenza
Banyak yang menganggap vaksin influenza tidak diperlukan karena flu adalah penyakit ringan. Namun saat hamil daya tahan tubuh ibu dapat berkurang sehingga flu bisa jadi penyakit yang mengganggu. Selain itu flu juga dpaat memicu gangguan kesehatan lainnya yang berisiko bagi ibu dan janin.

2. Vaksin tetanus diphteria pertusis (Tdap)
Vaksin ini dilakukan untuk mencegah penyakit tetanus, difteri dan pertussis pada ibu hamil dan janin. Dianjurkan memberikan vaksin ini ketika ibu memasuki trimester tiga, namun ibu hamil boleh melakukan vaksin ini pada trimester dua.

3. Hepatitis B
Bagi ibu yang mengalami hepatitis saat hamil, dapat berisiko menularkan penyakit ini pada janinnya. Maka dari itu sebaiknya ibu hamil melakukan imunisasi hepatitis B untuk mencegah penularan kondisi ini pada janin. Umumnya imunisasi hepatitis B diberikan 3 kali sepanjang usia kehamilan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Imunisasi yang tidak dianjurkan saat kehamilan

Tidak semua imunisasi bisa diberikan pada ibu hamil. Beberapa vaksin seperti vaksin MMR, cacar, Hepatitis A, Pneumokokus, HPV dan polio adalah jenis vaksin yang tidak disarankan untuk diberikan pada ibu hamil. Jika Anda berencana untuk melakukan vaksin tersebut, sebaiknya pastikan Anda mendapatkannya tidak dalam kondisi hamil.

Untuk lebih amannya, sebelum melakukan imunisasi atau vaksin apa pun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi