Apa Saja Gizi Yang Perlu Dipersiapkan Ibu Untuk Kehamilan?

doktersehat-hamil-tes-usg

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa saat kehamilan berbagai kebutuhan gizi tubuh ibu meningkat, sehingga saat hamil ibu menjadi harus banyak mengonsumsi makanan yang bergizi. Namun sebenarnya, persiapan gizi untuk kehamilan tidak hanya dimulai saat ibu mengetahui dirinya hamil karena persiapannya bisa dimulai sejak masa sebelum kehamilan.

Umumnya ibu baru mengetahui bahwa dirinya hamil pada saat janin sudah memasuki usia di atas 1-2 minggu. Padahal pembentukan organ vital janin, yaitu otak dan sum-sum tulang belakang terbentuk pada minggu-minggu awal tersebut.

Hal inilah yang menyebabkan ibu sebaiknya memiliki persiapan atau bahan baku untuk janin membentuk organ penting tubuhnya.

Lalu, apa zat gizi yang perlu disiapkan sejak masa sebelum kehamilan? Menurut British Nutrition Foundation, ada beberapa hal terkait gizi yang perlu diperhatikan ibu dalam masa persiapan kehamilan, yaitu:

  1. Kondisi fisik ibu yang normal

  2. Berat badan yang terlalu kurus akan menyebabkan kebutuhan gizi untuk ibu dan bayi tidak terpenuhi. Sedangkan berat badan yang berlebihan bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit selama kehamilan. Untuk itu penting bagi ibu memerhatikan kondisi tubuhnya dengan menghitung indeks massa tubuh dan mengusahakan agar hasilnya optimal.

  3. Asam folat

  4. Asam folat merupakan bahan baku utama pembentukan otak dan sum-sum tulang belakang bayi. Ibu perlu mengonsumsi banyak bahan makanan kaya asam folat misalnya sayur berdaun hijau gelap dan daging merah. Selain itu berkonsultasilah dengan dokter jika mungkin diperlukan persiapan asam folat dari pemberian suplemen.

  5. Vitamin D

  6. Vitamin D pada tubuh ibu harus selalu “ditabung”, baik dengan banyak mengonsumsi makanan sumber vitamin D atau suplemen, utamanya jika ibu tidak bisa mendapatkannya dari paparan sinar matahari secara langsung. Vitamin D pada tubuh ibu penting untuk mendukung fungsi tulang dimana kalsium pada tubuh ibu akan digunakan untuk pembentukan tulang janin. Pemenuhan vitamin D yang cukup sejak sebelum masa kehamilan akan mengurangi risiko ibu mengalami osteoporosis.

    Nah, itu dia tiga hal terkait gizi yang perlu dipersiapkan selama masa kehamilan, dengan persiapan yang tepat tentu tumbuh kembang janin akan semakin baik, kan?