Apa Perbedaan Sunblock dengan Sunscreen?

skincare-perawatan-wajah-muka-sunblock-sunscreen-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan menggunakan produk yang mengandung SPF ataupun sun protector. Bicara soal produk tersebut, Anda tentu sudah tidak asing dengan sunscreen dan sunblock.

Kendati memiliki fungsi yang sama, ternyata dua jenis skincare ini sangatlah berbeda. Berikut sejumlah perbedaan yang wajib untuk diketahui mengenai sunscreen dan sunblock.

Photo Credit: pexels.com

1. Sunscreen

Dilansir dari laman New Medical, sunscreen merupakan skincare yang terbuat dari campuran bahan kimia tertentu. Biasanya, bahan utama dari sunscreen terdiri dari benzophenones yang dikombinasikan dengan cinnamates dan salicylates.

Fungsi dari pemakaian sunscreen ternyata tidak hanya menetralkan kulit saja. Namun, juga dapat menyerap sinar radiasi UVA sebelum sinar tersebut masuk menuju lapisan dermal.

Lebih lanjut, sunscreen biasanya juga dilengkapi dengan bahan yang dikenal sebagai ecamsule. Ecamsule merupakan bahan yang dapat menghalangi sinar radiasi, terutama UVA yang kerap menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Penggunaan sunscreen rupanya hanya bertahan selama beberapa jam saja tergantung besar SPF. Tidak heran jika Anda diharuskan untuk mengoleskan kembali sunscreen setiap beberapa jam sekali.

2. Sunblock

Berbeda dari sunscreen, sunblock rupanya terbuat dari kombinasi bahan dengan broad-spectrum protection seperti zinc dioxide dan titanium dioxide. Tidak heran jika sunblock berperan dalam mencegah dampak buruk radiasi sinar UVB. Bahkan, laman News Medical mengklaim jika sunblock dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA sekaligus UVB.

Penggunaan sunblock sendiri rupanya sering meninggalkan noda putih pada kulit setelah diaplikasikan. Hal ini tentu berbeda dengan sunscreen yang tidak meninggalkan warna pada kulit.

Kendati dua skincare pelindung kulit ini memiliki fungsi yang berbeda dalam mencegah radiasi sinar UV, Anda tidak perlu bingung memilihnya. Pasalnya, banyak brand yang sudah mengeluarkan kombinasi dari sunscreen dan sunblock. Tentu saja hal tersebut akan membantu Anda dalam melindungi kulit secara optimal.