Penyebab Lendir di Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

doktersehat-sakit-flu-batuk-orang-tua-penumonia-tersedak

DokterSehat.Com– Kehadiran Lendir di tenggorokan tentu saja membuat Anda merasa tidak nyaman untuk berbicara dan mengurangi tingkat percaya diri. Akibat tenggorokan berlendir, aktivitas menjad terganggu.

Sebelum mempelajari bagaimana cara menghilangkan lendir di tenggorokan, mari ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab lendir di tenggorokan.

Ada orang yang bertanya mengapa dia setiap bangun pagi selalu tenggorokan berlendir, lendir ini sejenis dahak yang menyangkut di tenggorokan Anda (Seperti ingus). Mungkin Anda berpikir jika Anda itu sedang sakit atau pilek, namun bagaimana jika ternyata Anda sehat-sehat saja namun tetap saja ada lendir tenggorokan di pagi hari.

Apakah dengan rutin minum suplemen dan vitamin merupakan salah satu alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan? Mari kita cari tahu lebih dalam.

Penyebab Lendir di Tenggorokan

Tenggorokan berlendir karena kekurangan cairan tubuh

Salah satu terdapat lendir di tenggorokan yaitu karena masalah kekurangan cairan tubuh. Selain itu, juga ada beberapa penyebab tenggorokan berlendir lain, yakni asap kendaraan, dan kebanyakan merokok, itu juga dapat menyebabkan lendir muncul pada tenggorokan Anda.

Aktivitas tersebut memang bisa menyebabkan gangguan atau radang tenggorokan juga gangguan pada saluran pernafasan, dan juga mengakibatkan saluran pencernaan terganggu.

Lendir di tenggorokan akibat merokok

Merokok dapat menjadi penyebab lendir di tenggorokan karena membuat iritasi bagian atas sistem pernafasan internal, mengakibatkan produksi lendir berlebih. Hasil akhirnya, para perokok seringkali merasa tenggorokan berlendir juga disertai batuk-batuk.

Infeksi Kandidiasis

Jamur kandida merupakan penyebab tenggorokan berlendir yang disertai dengan bercak-bercak di bagian mulut lainnya. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan akibat infeksi kandidiasis adalah menjalani pengobatan anti jamur.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

Salah satu tips yang dapat Anda coba untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan yaitu dengan minum air putih yang cukup, menghilangkan kebiasaan merokok dan penyebab lendir di tenggorokan, juga Anda dapat mencoba mengganti rokok dengan mengunyah permen karet, memang susah awalnya, namun lama kelamaan Anda tentu akan terbiasa dengan itu semua.

Untuk kebiasaan minum air putih yang cukup, sebaiknya Anda minum air putih dalam waktu menjelang tidur dan juga setelah bangun tidur, selain itu sehari-hari juga harus terpenuhi, minimal dalam sehati Anda minum air putih sebanyak 800 mililiter.

Selain itu juga Anda wajib mengurangi konsumsi minuman manis, minuman bersoda, dan juga minuman yang ada alkoholnya. Sebab itu semua juga tidak baik dan dapat menyebabkan tenggorokan berlendir.

Disebutkan juga bahwa dengan mandi air hangat itu dapat menyebabkan lendir di tenggorokan hilang, dan Anda menjadi lebih mudah mengeluarkan lendir tersebut. Biasanya lendir itu akan berwarna hijau, karena memang ada bibit penyakitnya di lendir tersebut, terutama jika Anda sedang terserang flu pada saat itu.

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan mandi air hangat ini memang termasuk salah satu metode alami untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan, juga di hidung. Jika memang lendir masih tetap susah hilang, Anda dapat mencoba konsultasi dengan dokter THT.

Rasa mual apakah karena lendir di tenggorokan?

Mungkin Anda merasakan mual ketika terdapat lendir pada tenggorokan, dan Anda menjadi bertanya-tanya, apakah mual tersebut karena adanya lendir di tenggorokan Anda atau bukan.

Jawabannya bukan, karena lendir di tenggorokan itu tak mengakibatkan rasa mual pada perut Anda. Tenggorokan berlendir itu lebih mengarah ke gangguan tenggorokan yang gatal dan Anda menjadi tak nyaman makan dan minum, karena saluran tenggorokan ini tersambung dengan saluran pernafasan juga.

Selain itu biasanya tenggorokan pun akan memerah. Jika Anda merasa mual, itu bukan karena masalah lendir ini, melainkan karena ada masalah pada asam lambung di tenggorokan Anda yang terlalu tinggi.

Atau Anda sedang sakit maag. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak turun dan Anda tak mudah sakit, maka Anda sebaiknya meminum vitamin, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Semoga Anda lekas sehat kembali.