10 Penyebab Lendir di Tenggorokan dan Cara Mengatasinya

tenggorokan-berlendir-doktesehat

DokterSehat.Com– Kehadiran lendir di tenggorokan tentu saja membuat Anda merasa tidak nyaman untuk berbicara dan mengurangi tingkat percaya diri. Akibat tenggorokan berlendir, aktivitas menjadi terganggu. Sebagai solusi, ada beberapa cara menghilangkan lendir di tenggorokan secara alami. Sebelum mempelajari bagaimana cara menghilangkan lendir di tenggorokan, mari ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab lendir di tenggorokan.

Ada orang yang bertanya mengapa dia setiap bangun pagi selalu berlendir tenggorokannya, lendir ini sejenis dahak yang menyangkut di tenggorokan Anda (Seperti ingus). Mungkin Anda berpikir jika ia sedang sakit atau pilek, namun bagaimana jika ternyata Anda sehat-sehat saja, tetapi selalu ada lendir di tenggorokan setiap pagi hari. Apakah dengan rutin minum suplemen dan vitamin merupakan salah satu alternatif cara menghilangkan lendir di tenggorokan?

Penyebab Lendir di Tenggorokan

Selengkapnya mari kita cari tahu lebih dalam penyebab tenggorokan berlendir.

1. Tenggorokan berlendir karena kekurangan cairan tubuh

Salah satu alasan terdapat lendir di tenggorokan yaitu karena masalah kekurangan cairan tubuh. Selain itu, ada juga penyebab tenggorokan berlendir lainnya, yakni asap kendaraan atau polusi kendaraan yang dapat menyebabkan tenggorokan berlendir.

Aktivitas tersebut memang bisa menyebabkan gangguan atau radang tenggorokan, gangguan pada saluran pernapasan, dan juga mengakibatkan saluran pencernaan terganggu.

2. Lendir di tenggorokan akibat merokok

Merokok dapat menjadi penyebab lendir di tenggorokan karena membuat iritasi bagian atas sistem pernapasan internal, mengakibatkan produksi lendir berlebih. Hasil akhirnya, para perokok seringkali merasa tenggorokan berlendir juga disertai batuk-batuk.

3. Infeksi kandidiasis

Jamur kandida merupakan penyebab tenggorokan berlendir yang disertai dengan bercak-bercak di bagian mulut lainnya. Cara menghilangkan lendir di tenggorokan akibat infeksi kandidiasis adalah menjalani pengobatan antijamur.

4. Alergi makanan

Dalam beberapa kasus, alergi atau sensitivitas makanan dapat menyebabkan gatal dan berlendir di tenggorokan. Biasanya susu menjadi penyebabnya, tetapi makanan seperti telur, beras, dan kedelai juga dapat menyebabkan tenggorokan berlendir. Perawatan dalam kasus seperti itu adalah menghindari makanan yang yang menimbulkan gejala tenggorokan berlendir.

5. Efek samping obat

Beberapa obat tekanan darah dapat menyebabkan gatal di tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan berlendir. Jika minum obat tekanan darah dan sering membersihkan tenggorokan, bicaralah dengan dokter Anda tentang kemungkinan mencari obat lain.

6. Post-nasal drip (PND)

Ini terjadi ketika lendir berpindah dari belakang hidung ke tenggorokan. Jika post-nasal drip terjadi setelah makan, bisa disebabkan oleh alergi, sinusitis, atau rinitis vasomotor.

7. Demam atau flu

Lendir mengental ketika infeksi ada di dalam tubuh, seperti pilek atau flu. Perubahan warna lendir dapat menandakan pilek atau flu juga.

8. Kehamilan

Hidung mampet, batuk, dan bersin adalah umum selama kehamilan bersama dengan gejala mual di pagi hari lainnya. Estrogen adalah penyebab lendir di tenggorokan selama kehamilan.

9. Alergi musiman

Sesuatu yang menyebabkan Anda alergi dapat mengubah tingkat lendir, tetapi penggunaan antihistamin atau menghilangkan alergen akan membuatnya hilang.

10. Bronkitis akut

Ini adalah jenis bronkitis yang menyebabkan peradangan pada tabung bronkial dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau kadang-kadang infeksi bakteri. Bronkitis akut bisa menular.

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan

Salah satu tips yang dapat Anda coba untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan yaitu dengan minum air putih yang cukup, menghilangkan kebiasaan merokok dan penyebab lendir di tenggorokan, juga Anda dapat mencoba mengganti rokok dengan mengunyah permen karet, memang susah awalnya, namun lama kelamaan Anda tentu akan terbiasa dengan itu semua.

Berikut ini tips lainnya yang dapat Anda coba untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan yaitu:

1. Cukup minum air

Untuk kebiasaan minum air putih yang cukup, sebaiknya Anda minum air putih dalam waktu menjelang tidur dan juga setelah bangun tidur, selain itu sehari-hari juga harus terpenuhi, minimal dalam sehari  minum air putih sebanyak 800 mililiter.

2. Kurangi minuman manis

Selain cukup minum air, juga wajib mengurangi konsumsi minuman manis, minuman bersoda, dan juga minuman yang mengandung alkohol. Sebab minuman tersebut menyebabkan tenggorokan berlendir.

3. Mandi air hangat

Tips berikutnya mandi air hangat yang dapat dapat menyebabkan lendir di tenggorokan hilang, dan Anda menjadi lebih mudah mengeluarkan lendir tersebut. Biasanya lendir itu akan berwarna hijau, karena memang ada bibit penyakitnya di lendir tersebut, terutama jika Anda sedang terserang flu pada saat.

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dengan mandi air hangat ini memang termasuk salah satu metode alami untuk membantu menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung.

4. Berkumur dengan air garam

Cara ini dapat menenangkan tenggorokan yang teriritasi dan dapat membantu menghilangkan lendir di tenggorokan. Satu sendok teh garam dalam segelas air hangat dapat berkumur beberapa kali per hari.

5. Menjaga udara tetap lembap

Cara menghilangkan lendir di tenggorokan dan hidung berikutnya dengan menjaga kelembapan udara. Udara yang kering dapat mengiritasi hidung dan tenggorokan, juga menyebabkan lebih banyak lendir terbentuk sebagai pelumas. Menaruh humidifier (alat pelembap udara) di kamar tidur dapat membantu tidur lebih baik, menjaga hidung tetap bersih, dan mencegah sakit tenggorokan.

6. Menghindari iritasi

Bahan kimia, wewangian, dan polusi dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan saluran udara yang lebih rendah. Ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lendir di tenggorokan.

7. Melacak reaksi makanan

Beberapa makanan dapat menyebabkan reaksi yang menyerupai alergi musiman. Mereka dapat menyebabkan hidung berlendir dan tenggorokan gatal, bahkan menyebabkan lendir berlebih. Catatlah makanan apa pun yang memicu peningkatan dahak atau lendir di tenggorokan.

8. Makan banyak buah

Satu studi menemukan bahwa diet kaya serat dari buah, dan mungkin kedelai, dapat menyebabkan lebih sedikit masalah pernapasan terkait dengan lendir di tenggorokan.

9. Hindari makanan yang menyebabkan acid reflux

Refluks asam dapat menyebabkan peningkatan dahak dan lendir di tenggorokan. Orang yang mudah mengalami mulas harus menghindari makanan pemicu dan bertanya kepada dokter tentang bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

10. Tidak merokok dan hindari asap rokok

Perokok aktif dan perokok pasif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak dan lendir di tenggorokan.

Jika lendir ditenggorokan sulit dihilangkan, konsultasikanlah ke dokter THT.

Rasa mual apakah karena lendir di tenggorokan?

Mungkin Anda merasakan mual ketika terdapat lendir di tenggorokan, dan menjadi bertanya-tanya, apakah mual tersebut karena adanya lendir di tenggorokan atau bukan?

Jawabannya bukan, karena lendir di tenggorokan itu tak mengakibatkan rasa mual pada perut Anda. Tenggorokan berlendir itu lebih mengarah ke gangguan tenggorokan yang gatal dan menjadi tak nyaman makan dan minum, karena saluran tenggorokan ini tersambung dengan saluran pernapasan.

Selain itu biasanya tenggorokan pun akan memerah. Jika Anda merasa mual, itu bukan karena masalah lendir ini, melainkan karena ada masalah pada asam lambung di tenggorokan Anda yang terlalu tinggi. Atau Anda sedang sakit maag.

Agar daya tahan tubuh tidak turun dan tak mudah sakit, maka Anda sebaiknya meminum vitamin, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.