5 Penyebab Depresi Saat Hamil

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

DokterSehat.Com– Kehamilan tentunya jadi momen yang membahagiakan. Namun ternyata tidak semua kehamilan terasa nyaman bagi perempuan. Ada saja masalah yang tanpa disadari menyebabkan stres dan depresi saat hamil. Lalu bagaimana mengatasinya?

Penyebab depresi saat hamil

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami depresi. Perubahan hormonal juga dapat membuat ibu hamil lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan lebih dari biasanya. Namun seringnya ibu hamil mengabaikan kondisi ini karena menganggapnya sebagai mood swing karena pengaruh kehamilan belaka.

Beberapa pemicu depresi saat hamil di antaranya:
1. Adanya masalah dengan kehamilan
Kehamilan merupakan momen yang dapat menguras emosi, terutama saat Anda mengalami gangguan kehamilan seperti nyeri punggung, tekanan darah tinggi, mengandung bayi kembar, dan sebagainya.

2. Ketakutan akan persalinan
Ketakutan akan persalinan juga menjadi salah satu penyebab depresi pada ibu hamil. Umumnya ketakutan ini dialami oleh ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan, meskipun juga kadang dialami oleh ibu yang hamil untuk kedua kalinya atau lebih.

3. Memiliki riwayat depresi
Bagi wanita yang memiliki riwayat depresi sebelum hamil akan lebih mudah untuk mengalami depresi saat kehamilan. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke ahli kejiwaan apabila Anda merasa mulai merasakan gejala awal depresi saat kehamilan.

4. Masalah dengan pasangan

Tidak semua kehamilan atau kelahiran bayi dapat membuat suasana menjadi lebih bahagia. Pada beberapa kasus, kehamilan justru memicu masalah baru di dalam keluarga. Situasi ini tentunya sangat berat bagi ibu hamil. Tak jarang masalah ini dapat menyebabkan depresi bagi ibu hamil.

5. Faktor risiko lain
Beberapa faktor risiko lain seperti hamil di usia muda, pernikahan tidak direstui orang tua, kondisi finansial yang sedang tidak baik juga dapat menyebabkan masalah yang memicu depresi.

Bagaimana jika mengalami depresi saat hamil?

Apabila Anda sudah merasa gejala depresi saat hamil, sebaiknya segera temui ahli kejiwaan untuk membicarakan masalah Anda. Terutama jika depresi sudah berlanjut pada kondisi mengkhawatirkan seperti gangguan kesehatan janin karena dapat memicu kelahiran prematur atau keguguran.

Jangan ragu untuk bercerita pada orang terdekat Anda mengenai depresi yang Anda rasakan. Semakin terbuka dan berbagi dengan yang lain, beban Anda akan semakin ringan.