Terbit: 4 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kehamilan adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi orangtua. Begitu pun dengan kelahiran bayi. Meskipun ada banyak momen untuk merayakannya selama sembilan bulan itu, kejutan pada akhir periode ini adalah salah satu kesenangan terbesar yang dapat Anda alami.

Apa Itu Tali Pusar dan Efeknya pada Kehamilan?

Photo Credit: flickr.com

Terlepas dari kegembiraan selama sembilan bulan ini, ada juga situasi di mana komplikasi atau masalah tertentu mungkin timbul selama kehamilan.

Salah satu situasi yang mungkin muncul saat hamil adalah kondisi bayi memiliki dua pembuluh darah di tali pusar. Jika dokter Anda telah membicarakan hal ini dengan Anda, wajar bila Anda khawatir tentang apa artinya bagi Anda dan juga bayi sepanjang kehamilan. Perhatikan secara terperinci untuk memahami artinya.

Apa itu tali pusar?
Tali pusar menghubungkan bayi yang sedang tumbuh dalam kandungan dengan Anda. Tali pusar memasok makanan bergizi dan oksigen dari plasenta. Sementara satu pembuluh darah mengalir ke hati, yang lain mengedarkan darah ke jantung. Tali pusar juga membawa limbah menjauh dari janin Anda, yang kemudian akan tersingkir dari tubuh Anda.

Sekarang setelah Anda tahu apa itu tali pusar, mari kita ketahui apa arti 2 pembuluh darah di tali pusar ini, seperti dilansir dari Mom Junction.

Dua pembuluh darah di tali pusar
Terkadang tali pusar bayi memiliki tiga pembuluh darah. Pada kasus ini di antaranya:

  • Vena membawa nutrisi dari plasenta ke bayi Anda
  • Dua arteri membawa kembali limbah ke plasenta

Dalam kasus dua pembuluh darah di tali pusar:

  • Hanya ada satu vena dan satu arteri
  • Inilah sebabnya mengapa kondisi ini dikenal memiliki satu pembuluh darah di tali pusar
  • Biasanya tidak ada tanda-tanda dua pembuluh darah di tali pusar. Anda perlu menjalani diagnosis yang tepat untuk mengetahui hal ini.

Pengujian untuk dua pembuluh darah di tali pusar
Ada beberapa tes yang tersedia untuk menentukan kasus dua pembuluh darahdi tali pusar. Mari kita simak:

Dalam proses pemeriksaan ultrasound (pengobatan dengan gelombang suara) di tengah kehamilan, dokter Anda harus mencari tiga pembuluh darah di tali pusar. Namun, kabar baiknya adalah bahwa hal itu tidak umum terjadi dan diketahui hanya terjadi pada 1,5 persen kehamilan.

Dua Pembuluh di Tali Pusar dan Efeknya pada Kehamilan
Biasanya dua pembuluh darah di tali pusar, juga dikenal sebagai Single Umbilical Artery (SUA) atau tali pusar tunggal, tidak akan menjadi ancaman bagi kehamilan Anda dan Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan bayi Anda yang sedang berkembang. Namun, pemahaman tentang hal yang sama akan membantu Anda mengatasinya dengan lebih baik:

  • Kehilangan satu arteri. Dalam beberapa kasus, hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi Anda dan bahkan bisa berisiko pada kelahiran bayi.
  • Anda harus menyadari fakta bahwa tali pusar, jantung dan ginjal bayi Anda berkembang pada saat bersamaan. Kemungkinan kelainan ringan pada organ meningkat dalam kasus ini.
  • Dokter Anda harus memeriksa dengan seksama ginjal dan jantungnya. Dia mungkin menyarankan ekokardiogram (pemeriksaan darah) pada trimester kedua Anda untuk memastikan tidak ada bahaya.
  • Sebelumnya diyakini bahwa dua pembuluh darah tali pusar, meningkatkan risiko down sindrom atau cacat lahir. Namun studi ini terbukti salah.

Pada sebagian besar kasus bayi yang telah didiagnosis dengan kondisi ini, nikmati kesehatan yang sempurna. Bidan dan dokter menyarankan agar Anda melakukan pemindaian pertumbuhan secara teratur untuk benar-benar menyingkirkan kemungkinan pembatasan pertumbuhan intrauterin (kehamilan tunggal).

Bayi dengan temuan ini terkena risiko ginjal yang lebih besar. Dengan demikian, sangat penting bahwa Anda membawa bayi Anda untuk memeriksakan bayi secara rutin setelah kelahiran.

Ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi dengan tali pusar tunggal, Anda bisa menikmati kehamilan yang sehat. Bicaralah dengan dokter Anda tentang semua keraguan yang membuat Anda khawatir.

Anda juga harus membuat sebuah poin penting untuk menghadiri semua sesi pemeriksaan untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan janin Anda normal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi