Terbit: 4 Oktober 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Surrogate Mother adalah program hamil terbaru sebagai solusi pasangan yang ingin cepat punya anak. Program hamil ini berupa sewa rahim atau ibu pengganti. Ketahui definisi, cara hamil, kontroversi, biaya Surrogate Mother, dll.

Apa-Itu-Surrogate-Mother-doktersehat

Apa Itu Surrogate Mother?

Surrogate Mother adalah program hamil dimana terdapat ibu pengganti yang hamil untuk menggantikan ibu aslinya, umumnya karena ibu aslinya mengalami masalah kesuburan, tidak bisa hamil, atau kondisi medis lainnya.

Surrogate Mother juga disebut dengan ibu pengganti atau sewa rahim. Anda menyewa rahim seorang wanita untuk hamil bayi Anda dengan sperma dan sel telur Anda dan pasangan, atau melalui pendonor sperma. Program hamil dengan metode sewa rahim ini sedang jadi tren beberapa tahun belakang ini dan menuai banyak kontroversi.

Pertanyaan paling banyak tentang metode sewa rahim ini adalah apakah DNA janin tersebut sama persis dengan DNA orang tua asli, bagaimana cara melakukan Surrogate Mother, biaya yang dibutuhkan, dan hukum legalitas dari ibu pengganti.

Tipe Surrogate Mother

Setelah Anda mengetahui apa itu Surrogate Mother (ibu pengganti), berikut ini adalah dua tipe program hamil ini:

1. Surrogate Mother Traditional

Surrogate Mother tradisional atau ibu pengganti tradisional adalah proses ibu pengganti yang diinseminasi buatan dengan sperma ayah. Ibu pengganti tersebut akan membuahi sperma dari ayah lalu hamil seperti pada umumnya ibu hamil. Setelah lahir, anak tersebut diberikan pada Anda untuk dibesarkan.

Program hamil dengan sewa rahim tradisional, sang ibu pengganti tersebut masih memiliki ikatan genetika dengan anak yang dilahirkan karena pembuahannya dilakukan dengan sel telur ibu pengganti. Bisa dikatakan si ibu pengganti tersebut sebenarnya adalah ibu kandung dari anak tersebut secara biologis.

2. Gestational Surrogates Mother

Metode sewa rahim ini tipe ini menggunakan teknik in Vitro Fertilization atau teknik bayi tabung. Cara melakukan sewa rahim tipe ini adalah dokter mengambil sel telur dari ibu dan sperma dari ayah. Sel telur dan sperma itu dibuahi dengan teknik bayi tabung, lalu embrio yang sudah siap tersebut ditransfer ke uterus ibu pengganti.

Secara genetika, ibu pengganti tidak terikat sama sekali dengan genetika janin. Janin tetap mewarisi DNA ayah dan ibu dari sel telur dan sperma mereka. Tugas ibu pengganti adalah merawat dan melahirkan anak dari pasangan tersebut dari rahimnya.

Metode ibu pengganti harus dilakukan dengan perjanjian yang jelas dan biaya yang sangat mahal. Setelah seorang ibu penggant melahirkan bayi tersebut, bayi diberikan ke pasangan tersebut.

Penyebab Program Hamil Surrogate Mother

Penyebab kenapa pasangan memilih program hamil Surrogate Mother dari berbagai program hamil lainnya, meliputi:

  • Masalah medis dengan rahim
  • Wanita tersebut telah melakukan pengangkatan rahim sebelumnya
  • Kondisi medis yang membahayakan wanita untuk hamil
  • Tidak bisa hamil dengan program hamil lainnya

Program hamil dengan metode ibu pengganti menjadi solusi untuk pasangan yang benar-benar tidak memungkin punya anak dengan cara tradisional karena alasan media, namun program ini menuai banyak sekali kontroversi. Pasangan yang memilih program hamil ini harus menyiapkan diri secara mental, emosional, dan finansial karena prosedur ini tidak mudah dilakukan.

Risiko Program Hamil Surrogate Mother

Terdapat beberapa risiko program hamil dengan sewa rahim walaupun metode ini sangat membantu untuk pasangan lain agar bisa memiliki anak. Risiko menjadi ibu pengganti seperti masalah kehamilan pada umumnya yaitu mual, muntah, berat badan naik, hingga kemungkinan keguguran.

Seorang ibu pengganti juga harus memerhatikan kesehatan mental mereka karena pasti tidak mudah untuk merawat dan menjaga janin untuk kemudian diberikan kepada pasangan lain. Serta kontroversi dan hukum legalitas anak dari ibu pengganti atau sewa rahim yang belum disahkan.

Biaya Surrogate Mother

Biaya Surrogate Mother atau ibu pengganti juga sangat mahal. Di Asia kecuali di Indonesia, harga sewa rahim Ibu pengganti paling murah mencapai 100 juta rupiah. Di Amerika harga sewa rahim atau ibu pengganti dapat mencapai 29-39 miliar rupiah.

Kontroversi Surrogate Mother

Program hamil dengan metode ini menuai banyak kontroversi, bahkan di berbagai negara menilai program ibu pengganti tidak sesuai dengan norma, budaya, hukum, dan agama. Surrogate Mother adalah pengembangan teknologi baru dalam dunia medis. Di beberapa negara program hamil dengan cara sewa rahim diizinkan apabila dilakukan dengan alasan medis, namun banyak pihak juga yang melarang sewa rahim dengan alasan apapun.

Program ini telah dijalankan banyak pasangan, salah satunya adalah pasangan Kim Kardashian dan Kanye West yang sudah dua kali melakukan program hamil dengan ibu pengganti karena kondisi Kim yang mengalami masalah medis placenta accreta, yaitu kondisi dimana plasenta tidak bisa terlepas saat melahirkan.

Selain dengan sewa rahim atau ibu pengganti, terdapat macam-macam program hamil lainnya yang bisa dilakukan dan terbukti efektif bisa cepat hamil. Jaga kesehatan reproduksi Anda dan pasangan serta lakukan program hamil yang sesuai dengan kondisi Anda. Itulah informasi tentang apa itu Surrogate Mother.

 

  1. Indira IVF. 2019. IVF Vs Surrogacy: Which is the better option?. https://www.indiraivf.com/ivf-vs-surrogacy/. (Diakses pada 24 September 2019).
  2. Lindsay, Jessica. 2018. What is a surrogate mother and how does the process work?. https://metro.co.uk/2018/01/17/surrogate-mother-process-work-7237274/. (Diakses pada 24 September 2019).
  3. WebMd. 2019. Using a Surrogate Mother: What You Need to Know. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/guide/using-surrogate-mother#1. (Diakses pada 24 September 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi