Mengenal Pasteurisasi dalam Susu dan Produk Lainnya

doktersehat-susu-keju-telur

DokterSehat.Com– Tentu pernah Anda mendengar susu UHT. Biasanya susu dalam kemasan mencantumkan keterangan UHT di labelnya. Tapi, tahukah Anda apa arti keterangan UHT tersebut?

Lazimnya, bahan makanan yang akan kita konsumsi pasti melalui suatu proses, hingga makanan tersebut siap untuk kita konsumsi. Selama proses persiapan makanan, utamanya makanan mentah, seperti daging, susu dan ikan ikan, tentu bahan makanan rentan mengalami kontaminasi dengan bakteri.

Sehingga dibutuhkan proses tertentu untuk menjaga kualitas bahan makanan, salah satunya adalah pasteurisasi yang merupakan proses yang menghasilkan susu UHT.

Pasteurisasi dilakukan untuk membunuh bakteri patogen yang ada pada makanan, misalnya salmonela, yang dapat menyebabkan keracunan, demam hingga difteri.

Menurut International Dairy Food Association pasteurisasi dilakukan oleh industri makanan dengan menggunakan alat pemanasan suhu tertentu dengan durasi pemanasan yang berbeda-beda, beberapa jenis pasteurisasi adalah:

  • Vat pasteurization, dengan pemanasan suhu 63 derajat celcius selama 30 menit
  • Higher heat short timer, dengan pemanasan suhu 89 derajat celcius selama 1 detik
  • Ultra high temperatur pasteurization, atau UHT, dengan pemanasan suhu 138 derajat celcius selama 2 detik
  • Masih banyak jenis pasteurisasi lainnya yang tergantung suhu, durasi, jenis produk dan jenis bakteri yang akan dihilangkan

Produk yang di pasteurisasi ini lebih aman dibandingkan dengan produk biasa, sehingga dianjurkan untuk digunakan pada beberapa kondisi yang sedang rentan, misalnya balita, ibu hamil atau kondisi sakit.

Umumnya produk pasteurisasi ini adalah keluaran industri karena pasteurisasi adalah produk yang terstandar. Bahan makanan yang dapat di pasteurisasi adalah bahan makanan cair misalnya:

  • Susu
  • Telur, dalam cangkang, atau sudah terbuka untuk bahan baku industri makanan
  • Es krim
  • Jus buah
  • Krim

Produk terpasteurisasi tentu boleh dikonsumsi semua orang, dengan memilih produk pasteurisasi kualitas bahan makanan lebih terjaga hingga sampai di tangan konsumen untuk dikonsumsi.

Jadi, kini Anda sudah tahu kan, apa artinya keterangan UHT pada label susu kemasan?