Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar istilah kalori kosong? Namanya memang menarik ya, namun kira-kira apa sih maksud dari kolri kosong atau empty calories?

Apa Itu Kalori Kosong?

Seperti yang kita ketahui, bahwa semua makanan yang kita konsumsi tentu memiliki kalori ya. Kalori merupakan unit yang digunakan untuk mengukur energi.

Asupan kalori ini terbentuk dari adanya kandungan gizi pada bahan makanan. Umumnya adalah karbohidrat, protein dan lemak serta berbagai turunannya.

Istilah kalori kosong kerap disalahartikan dengan makanan yang tidak memiliki kalori, sehingga banyak orang yang menyangka bahwa kalori kosong adalah makanan yang justru baik dikonsumsi untuk diet. Padahal definisi kalori kosong bukanlah demikian.

Dietitian dari Mayo Clinic, Amber Bonsall, menjelaskan apa itu makna dari kalori kosong yang sebenarnya.

Kalori kosong adalah makanan yang tidak memiliki kandungan gizi

Bonsall menjelaskan bahwa makanan yang disebut dengan makanan berkalori kosong adalah makanan yang tidak mempunyai kandungan gizi tambahan, baik zat gizi makro maupun vitamin dan mineral.

Padahal zat gizi tersebut amat penting bagi fungsi organ dan sistem tubuh secara umum.

Meskipun beberapa bahan makanan yang tidak memiliki kalori, misalnya air putih, memang dikonsumsi dalam jumlah banyak. Nyatanya kini ada banyak makanan yang kerap dikonsumsi yang juga merupakan makanan berkalori kosong lho.

Makanan yang tinggi gula tambahan termasuk makanan berkalori kosong

Kalori kosong kita peroleh dari konsumsi makanan manis seperti gula atau minuman bersoda. Selain itu, makanan yang hanya mampu membuat kita rasa craving kita akan makanan manis dan asin, seperti camilan keripik, juga merupakan makanan berkalori kosong.

Berbeda dengan arti namanya, makanan berkalori kosong ini justru menyebabkan berat badan tubuh jadi semakin meningkat. Sehingga risiko obesitas justru semakin meningkat.

Untuk itu, Bonsall menyarankan agar kita tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori kosong, jika ingin mengonsumsinya, maka usahakan selalu lengkapi asupan gizi tubuh.

Misalnya mengonsumsi keripik bersamaan dengan salad sayur dan daging. Dengan begitu, asupan kalori kita akan semakin menyehatkan, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi