Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernah mendengar tentang cabbage soup diet? Mirip seperti namanya, diet ini menganjurkan konsumsi sup kubis. Cabbage soup diet ini mengklaim mampu menurunkan berat badan sebanyak 4,5 kilogram dalam satu minggu. Benarkah demikian?

Apa Itu Cabbage Soup Diet?

Penerapan cabbage soup diet ini dilakukan dengan mengonsumsi sup kubis sebanyak dua kali dalam satu hari, bersamaan dengan beberapa jenis makanan yang telah ditentukan, yaitu:

  1. Hari pertama: buah, kecuali pisang
  2. Hari kedua: sayur berdaun, dan tidak dianjurkan mengonsumsi buah
  3. Hari ketiga: buah dan sayur
  4. Hari kempat: pisang dan susu skim
  5. Hari kelima: daging yang dipanggang, tanpa kulit, dan tomat
  6. Hari keenam: daging dan sayur
  7. Hari ketujuh: nasi merah, buah dan sayur

Bahan makanan dan sup yang dipilih dalam cabbage soup diet adalah makanan yang rendah lemak. Namun pembatasan bahan makanan yang sangat ketat menyebabkan diet ini termasuk diet yang sangat rendah kalori. Hal inilah yang menyebabkan cabbage soup diet mampu menurunkan berat badan dengan sangat cepat.

WebMD dan beberapa penelitian menyebutkan bahwa cabbage soup diet memang mampu menurunkan berat badan, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Berat badan kita turun hanya karena cairan yang dibuang

  2. Kandungan sodium kubis akan membuang cairan dalam tubuh dengan cepat, sehingga berkurangnya berat badan disebabkan karena cairan tubuh yang hilang.

  3. Penurunan berat badan hanya berlangsung sementara

  4. Berat badan hanya turun dalam beberapa minggu saja, karena dapat dipastikan tubuh kesulitan mempertahankan berat badan dengan pengaturan diet yang ketat sehingga massa tubuh cenderung mendukung untuk kembali ke berat badan semula.

  5. Rentan mengalami kekurangan asupan gizi

  6. Cabbage soup diet hanya dianjurkan diterapkan selama satu minggu saja karena asupan gizi tubuh tidak akan terpenuhi jika diet ini diterapkan dalam waktu lama.


Cabbage soup diet
bisa disebut fad diet dimana diet ini hanya mampu menurunkan berat badan tanpa bisa mempertahankannya.

Jadi, apakah Anda masih tertarik mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi