11 Cara Mengobati Bisul secara Alami, Mudah dan Efektif

bisul-doktersehat

DokterSehat.Com – Bisul adalah benjolan berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit akibat infeksi bakteri pada folikel rambut. Bisul biasanya muncul berwarna merah dan lunak yang menyakitkan. Bisul tumbuh cepat dan membesar hingga pecah dan mengering. Area kulit yang paling mungkin tumbuh bisul adalah wajah, bagian belakang leher, ketiak, paha dan bokong. Cara mengobati bisul biasanya dapat dilakukan di rumah, tetapi jika kondisi yang lebih parah harus mendapatkan pertolongan medis.

Cara Mengobati Bisul yang Alami di Rumah

Barikut ini berbagai alternatif cara mengobati bisul secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Kompres Hangat  

Bagi yang pernah mengalami bisul, tentu tahu rasanya sakit nyeri yang ditimbulkannya. Penanganan yang baik akan membantu meringankan rasa nyeri tersebut. Cara mengobati bisul ini dapat membantu meredakan nyeri dan sensasi panas.

Kompres hangat membantu meningkatkan sirkulasi di area bisul, yang membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi, jadi kompres hangat adalah salah satu obat bisul alami terbaik yang dapat digunakan.

Kompres hangat ke area area bisul secara perlahan selama 20 menit. Lakukan cara mengobati bisul secara alami ini sebanyak tiga atau empat kali setiap sehari, sampai nyeri, perih dan sensasi terbakar hilang.

2. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat, yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri penyebab bisul. Tea tree oil tidak boleh dioleskan langsung pada kulit, karena dapat menimbulkan efek samping sensasi terbakar. Anda harus mencampurkannya dengan bahan lain seperti minyak kelapa atau minyak zaitun

Campurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Celupkan kapas pada campuran tersebut dan oleskan ke area bisul dua atau tiga kali per hari. Lakukan cara ini setiap hari sampai bisul benar-benar sembuh.

3. Minyak Jarak

Cara mengobati bisul juga bisa menggunakan minyak jarak. Minyak ini mengandung senyawa asam ricinoleic, yang merupakan anti-inflamasi alami yang ampuh. Ini dapat dikombinasikan dengan sifat antibakterinya yang kuat, membuatnya menjadi pengobatan alami yang bagus untuk mengobati bisul.

Caranya cukup mudah, oleskan sedikit minyak jarak secara tipis-tipis pada area bisul setidaknya tiga kali sehari sampai sensasi panas atau terbakar mereda.

4. Serbuk Kunyit

Serbuk kunyit juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang dapat membantu menyembuhkan bisul dengan cepat. Kunyit telah digunakan untuk membersihkan darah selama ribuan tahun dalam pengobatan timur.

Anda dapat memilih cara mengobati bisul secara alami ini dengan mengonsumsi bubuk kunyit atau menggunakannya secara topikal untuk bisul keras tak bermata.

Rebuslah satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, kemudian minum tiga kali sehari setelah didinginkan. Sementara untuk menggunakannya secara topikal, campurkan bubuk kunyit dengan air atau jahe untuk membuat pasta, dan oleskan pada bisul setidaknya dua kali sehari.

5. Garam Epsom

Garam Epsom tidak hanya bisa menenangkan, jenis garam ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk kemampuan untuk mengobati bisul. Garam sebenarnya bisa membantu mengeringkan nanah pada bisul.

Larutkan garam Epsom dalam air hangat dan rendam kain kompres. Kemudian terapkan kompres ke area bisul selama 20 menit. Lakukan cara menyembuhkan bisul ini setidaknya tiga kali sehari sampai sensasi panas atau terbakar hilang.

Baca juga: Sering Makan Telur Menyebabkan Anak Bisulan?

6. Neem Oil

Ini adalah minyak nabati dari India yang dihasilkan dari biji neem. Neem oil memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang dapat membantu mengobati infeksi pada kulit, – termasuk mengobati bisul dengan cepat.

Cara mengobati bisul secara alami dengan neem oil cukup mudah, oleskan minyak langsung ke area bisul yang terasa panas atau sensasi terbakar sebanyak tiga hingga empat kali sehari. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah mengoleskan.

7. Cuka Sari Apel 

Cuka sari apel adalah sumber antimikroba yang dikenal dapat membunuh bakteri dan mengembalikan tingkat pH kulit secara efisien. Jadi, cuka sari apel cocok digunakan sebagai obat bisul alami.

Rendamlah kapas ke dalam cuka sari apel, peras sedikit, dan terapkan di atas bisul dan biarkan selama 10 menit. Ulangi cara menyembuhkan bisul ini beberapa kali di siang hari dan selalu menggunakan kapas yang baru setiap kali melakukannya.

8. Bawang Putih

Bawang putih mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi, berkat senyawa yang kaya akan belerang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua sifat tersebut dapat menyembuhkan bisul dengan cepat.

Tumbuklah 2 hingga 3 siung bawang putih kemudian peras untuk mendapatkan ekstraknya. Lalu oleskan pada bisul dan biarkan hingga terasa panas dan mengering. Lakukan cara menghilangkan bisul ini sebanyak dua kali sehari.

9. Bawang Merah

Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki senyawa yang mengandung belerang dengan sifat antimikroba. Bawang merah juga mengandung flavonoid dan antioksidan yang menyembuhkan dan memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

Cara menghilangkan bisul ini menggunakan irisan bawang merah, kemudian terapkan di atas bisul dan perban dengan kain kasa. Setelah dibiarkan selama beberapa jam, ganti irisan bawang dengan yang segar. Mudah bukan?

Baca juga: 6 Cara Mengobati Bisul dengan Bawang Bombai

10. Gel Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang dapat menyembuhkan segala kondisi yang berhubungan dengan dermatologis. Lidah buaya juga bisa dijadikan obat bisul alami yang efektif.

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan dari rasa sakit, mempercepat proses penyembuhan bisul, dan sebagai antiseptik.

Cara mengobati bisul secara alami ini dengan mengoleskan gel lidah buaya segar pada bisul sebanyak dua hingga tiga kali sehari, sampai bisul sembuh dalam beberapa hari. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang tersedia di apotek.

11. Kentang

Selain dinikmati sebagai kentang goreng atau makanan olahan lainnya, kentang bisa dijadikan obat bisul alami. Para ilmuwan telah meneliti beberapa senyawa dalam kentang yang bermanfaat sebagai antibiotik dan sumber antimikroba.

Seiring dengan pengobatan rumahan ini, Anda juga disarankan minum sekitar delapan gelas air dalam sehari. Tips ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi infeksi folikel rambut.

Parut satu kentang segar yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian peras hingga menghasilkan sari kentang. Rendam bola kapas dalam sari kentang dan oleskan pada bisul yang meradang. Biarkan kapas di atas bisul selama beberapa menit dna bilas dengan air bersih. Cara menghilangkan bisul ini bisa dilakukan tiga hingga empat kali dalam sehari.

Baca juga: Daftar Obat Bisul yang Manjur dan Alami, Bisul Cepat Sembuh!

Kapan Perlu Periksa ke Dokter?

Jika bisul yang sudah penuh nanah tidak kunjung pecah, dokter akan membuat sayatan untuk mengeluarkan nanah tersebut. Setelah itu dokter akan memberi antibiotik. Tindakan ini hanya perlu waktu singkat sehingga Anda tidak perlu menginap di rumah sakit.

Setiap orang bisa mengalami bisul, namun beberapa kondisi membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk mengalaminya, seperti eksim atau kudis, berat badan berlebih, gangguan sistem imunitas, dan diabetes.

Cara Mencegah Bisul

Belum ada cara untuk mencegah risiko mengalami bisul, terutama jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tetapi ada langkah-langkah untuk mengurangi risiko dan membantu menghindari infeksi bakteri, di antaranya:

  1. Cuci permukaan kulit secara teratur dengan sabun ringan atau membilas dengan antibakteri.
  2. Menggunakan kain bertekstur, sikat, sarung tangan, atau scrub alami untuk pengelupasan kulit seminggu sekali, terutama ketiak, selangkangan, wajah, dan bahu.
  3. Cukup minum agar tetap terhidrasi dan makan makanan bergizi untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  4. Berolahraga secara teratur.
  5. Membersihkan dan menutupi kulit yang luka dengan balutan steril, seperti perban atau kain kasa.
  6. Mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun atau sabun antibakteri setelah beraktivitas.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Gotter, Ana. 2017. Home Remedies for Boils. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-boils#remedies (20 September 2019)
  2. Kukreja, Kushneet. 2019. 13 Effective Home Remedies To Get Rid Of Boils On the Inner Thighs. https://www.stylecraze.com/articles/home-remedies-on-how-to-get-rid-of-boils-on-the-inner-thighs/#gref (20 September 2019)
  3. Huizen, Jennife. 2017. Home remedies for boils. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319939.php (20 September 2019)