Apa Bedanya Kopi Hijau dengan Kopi Biasa?

kopi-hijau-doktersehat
Photo Credit: flickr/ McKay Savage

DokterSehat.Com– Berkumpul dengan teman, pasangan atau keluarga kini rasanya tidak lengkap jika tanpa kopi. Minuman ini sering menjadi teman dalam banyak suasana, kopi seperti sudah menjadi teman untuk semua kalangan. Penikmat kopi semakin meningkat dengan semakin banyaknya pula jenis-jenis kopi yang tersedia. Belakangan ini jenis kopi hijau mulai banyak dikenal orang dan dijadikan pilihan baru dalam menikmati kopi. Kira-kira apa yang membedakan kopi hijau dengan kopi biasa atau kopi hitam?

Kopi hijau atau kopi hitam terbuat dari biji kopi biasa namun yang membedakan adalah pada proses pengolahannya. Kopi hitam melalui proses pemanggangan hingga biji kopi berwarna hitam. Proses pemanggangan ini yang membedakan antara kopi hitam dengan kopi hijau.

Kopi hijau terbuat dari biji kopi biasa atau biji kopi yang sama dengan kopi hitam namun kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan. Hal ini yang menyebabkan kopi hijau disebut-sebut memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Pada proses pemanggangan kandungan asam klogorenat yang terdapat pada kopi cenderung hilang sehingga pada kopi hijau yang tidak melalui proses pemanggangan kandungan asam klogorenatnya masih dapat kita rasakan manfaatnya. Asam klogorenat ini telah dibuktikan manfaatnya dalam penurunan berat badan. Sehingga kopi hijau disebut-sebut sebagai kopi yang dapat membantu diet penurunan berat badan apabila dikonsumsi pada takaran yang tepat.

Disamping itu, proses pemanggangan pada kopi menyebabkan kandungan kafein meningkat. Hal ini pula yang menyebabkan adanya perbedaan kandungan kafein pada kopi hijau dan kopi hitam. Kandungan kafein pada kopi hijau cenderung lebih sedikit daripada kopi hitam. Kafein sendiri ternyata memiliki manfaat dalam membantu penurunan berat badan. Menurut Katherin Zeratsky, R.D. seorang pakar nutrisi dan diet terdapat beberapa manfaat pada kafein yang mampu menurunkan berat badan melalui efeknya yang dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran kalori.

Sekarang kita sudah mengetahui apa beda kopi hijau dan kopi hitam. Anda tinggal memilih mana kopi yang ingin anda nikmati, karena ternyata keduanya sama-sama memberi manfaat yang baik untuk tubuh kita.