Saat Hamil Ngidam Pasta? Perhatikan Hal Penting Ini

Photo Credit: pexels. com

DokterSehat.Com– Menghadapi ibu hamil, harus siap-siap dimintai yang ‘aneh-aneh’, terutama di trimester awal. Ya, banyak yang bilang, bumil akan mengalami masa ngidam.

Ngidam merupakan hal yang wajar dan umum dialami oleh setiap perempuan hamil. Tidak ada yang tahu persis mengapa ibu hamil bisa sangat menginginkan sesuatu makanan. Umumnya ibu hamil ngidam makanan yang manis, asin, atau gurih, dan ada juga yang ngidam pasta.

Mengapa ibu hamil ngidam?

Tidak ada yang tahu pasti mengapa ibu hamil mengalami ngidam, namun dilansir dari Live Strong, ngidam dapat disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan. Apa yang diinginkan ibu hamil pun dapat berubah seiring dengan usia kehamilan.

Sedangkan dikutip dari Baby Center, ngidam merupakan salah satu cara tubuh untuk menyampaikan apa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi ketika Anda ngidam pastam kemungkinan tubuh Anda sedang butuh karbohidrat, serat dan magnesium yang banyak ditemukan dalam olahan pasta. Demikian juga misalnya Anda ngidam daging atau steak, bisa jadi tubuh Anda sedang membutuhkan protein.

Jika ibu hamil ngidam pasta

Pasta mengandung gula tinggi yang dapat mendorong tubuh menghasilkan serotonin, senyawa yang bertugas memberikan rasa bahagia. Serotonin juga dapat mendorong ibu hamil untuk ngidam makanan yang dapat meningkatkan produksi serotonin mereka, salah satunya pasta.

Kadang keinginan ibu hamil tidak harus segera dituruti. Namun jika ingin memenuhi keinginan ibu hamil, maka perlu diperhatikan kandungan gizi lainnya dalam pasta tersebut. Jika Anda disarankan dokter untuk menjaga kenaikan berat badan, maka hindari mengonsumsi pasta dalam jumlah besar dan yang berkalori tinggi.

Pertimbangkan juga bahwa pasta pasti dilengkapi bahan tambahan lain yang mungkin tidak baik dikonsumsi terlalu banyak saat hamil seperti kandungan bahan pengawet atau penambah rasa dalam saus. Karena itu, untuk menyiasatinya Anda bisa menyantap pasta dalam porsi kecil dengan saus rendah natrium.