7 Antioksidan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

sumber-antioksidan-doktersehat

DokterSehat.Com – Antioksidan adalah salah satu nutrisi yang paling penting untuk tubuh. Mengapa demikian? Karena antioksidan adalah komponen yang menjaga daya tahan. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan, tubuh tidak akan mudah sakit dan organ di dalam tubuh bisa berfungsi dengan maksimal.

Antioksidan juga bisa bekerja sebagai agen untuk memberantas penyakit atau radikal bebas di dalam tubuh. Itulah kenapa saat sedang sakit kita selalu dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan dengan antioksidan atau suplemen tertentu.

Manfaat antioksidan untuk tubuh

Antioksidan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Kalau Anda mengonsumsinya secara rutin, beberapa jenis manfaat di bawah ini bisa segera didapatkan.

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Inflamasi yang terjadi di jantung dan pembuluh darah bisa dicegah setiap saat.
  • Mencegah gangguan pada otak seperti penurunan memori akibat demensia atau stres yang berlebihan yang berakibat pada kondisi depresi.
  • Mencegah munculnya sel kanker pada tubuh. Antioksidan akan merawat sel agar radikal bebas tidak masuk atau segera mengatasi abnormalitas pada sel yang memicu kondisi kanker.
  • Antioksidan bisa mengatasi stres berlebihan pada tubuh yang memicu kondisi inflamasi pada saluran kemih.
  • Menurunkan risiko gangguan pada ginjal sehingga organ yang menyaring air dan racun ini tidak mudah rusak.

Jenis antioksidan terbaik untuk tubuh

Antioksidan yang diperoleh dari makanan dan minuman ada banyak jenisnya. Dari beberapa jenis antioksidan itu, berikut beberapa yang paling bermanfaat untuk tubuh.

  1. Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat untuk kesehatan mata seperti melindungi dari kerusakan dan menjaga penglihatan agar selalu sempurna. Selain bermanfaat untuk mata, vitamin A juga bermanfaat untuk mengatasi beberapa jenis kanker spesifik seperti serviks dan kandung kemih.

Vitamin A juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan dan menjaga wajah agar tidak mudah terinfeksi dan mengalami jerawat. Anda bisa mendapatkan vitamin A dari beberapa jenis makanan seperti wortel, telur, olahan susu, dan hati.

  1. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat penting. Dengan rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C, Anda bisa mendapatkan manfaat antara lain sistem kekebalan yang meningkat, penurunan risiko terkena penyakit kronis, penurunan gangguan jantung, dan mencegah defisiensi zat besi.

Vitamin C bisa didapatkan dengan mudah dari buah seperti jeruk atau buah yang memiliki rasa asam lainnya. Selain itu cabai yang memiliki rasa pedas juga memiliki kadar vitamin C yang cukup tinggi sehingga cocok untuk dicampurkan ke dalam makanan.

  1. Vitamin E

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang sangat ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh. mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E bisa mengatasi pengerasan pada arteri, menstabilkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah terjadinya kanker pada tubuh.

Vitamin E juga membantu tubuh menjadi lebih sehat khususnya pada mereka yang kerap merokok setiap hari, terpapar radiasi dan pencemaran zat kimia, sering berada di bawah sinar matahari. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu sayur seperti brokoli dan bayam juga sumber yang tepat.

  1. Betakaroten

Betakaroten merupakan antioksidan yang berfungsi sebagai penjaga kesehatan kulit. Selain itu, antioksidan yang banyak terdapat pada wortel, ubi, dan sayuran hijau ini juga bisa mencegah terjadinya kanker dan menjaga kesehatan paru khususnya mereka yang sering merokok.

  1. Likopen

Likopen juga merupakan salah satu antioksidan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen akan membuat kesehatan jantung Anda meningkat. Selain itu antioksidan ini juga menjaga tubuh dari paparan sinar matahari dan juga menurunkan risiko kanker. Likopen banyak terdapat di tomat, jambu biji merah, semangka, dan pepaya.

  1. Lutein

Lutein sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata seperti mencegah terjadinya katarak, mata tua, dan mata yang terganggu akibat kondisi diabetes. Antioksidan ini juga menjaga kesehatan kulit sehingga Anda tidak mudah mengalami kanker melanoma.

Lutein bisa dengan mudah didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti bayam, brokoli, kacang polong, kiwi, cabai, anggur, dan sayuran hijau lainnya.

  1. Selenium

Selenium adalah antioksidan yang secara spesifik bisa mencegah terjadinya kanker serviks dan rahim. Selain Itu, antioksidan yang sangat kuat ini juga menjaga kesehatan jantung, mencegah terjadinya kepikunan, dan menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang mempengaruhi metabolisme. Makanan dengan kandungan selenium terdiri dari ikan, daging merah, ayam, telur, beras merah, jamur, oatmeal, dan bayam.

Cara mendapatkan antioksidan setiap hari

Salah satu penyebab utama kekurangan antioksidan adalah cara makan yang salah. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui tips makan sehat agar asupan nutrisi yang penting bisa didapatkan dengan mudah.

  • Selalu ikutkan buah dan sayuran di setiap makanan yang akan santap. Kalau Anda bisa memakan sayur sebagai pendamping nasi lalu buah sebagai pencuci mulut.
  • Sebisa mungkin mengonsumsi teh hijau setiap hari minimal satu cangkir.
  • Makanan yang kaya dengan antioksidan biasanya memiliki warna lebih cerah seperti hijau, kuning, dan merah. Perhatikan isi piring yang Anda pakai, apakah berwarna atau hanya putih dan cokelat saja.
  • Rempah seperti kunyit dan jahe mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat. Sebisa mungkin untuk memanfaatkannya.
  • Saat ingin ngemil jangan lupa mengonsumsi biji-bijian atau kacang yang sehat seperti biji bunga matahari dan almond atau walnut.

Demikian ulasan tentang makanan yang mengandung antioksidan dan jenis antioksidan yang terbaik untuk tubuh. Nah, menurut Anda, apa yang harus kita lakukan agar kebutuhan antioksidan bisa selalu terpenuhi setiap saat?