DokterSehat.Com– Penuaan dini menjadi satu dari sekian banyak masalah pada kulit yang menakutkan. Penyebab yang cukup besar dari permasalahan ini adalah radikal bebas. Untuk menangkal paparan radikal bebas pada kulit, Anda butuh antioksidan. Namun, apa saja jenis antioksidan yang bagus untuk kulit? Kami memiliki informasi yang disadur dari Huffpost mengenai hal ini. Mari simak bersama!

doktersehat-antioksidan-mencegah-penuaan-dini

1. Vitamin E

Huffpost menempatkan Vitamin E sebagai antioksidan yang bagus untuk mengatasi penuaan dini di posisi pertama. Vitamin E mudah dijumpai dalam berbagai jenis sayuran, biji-bijian dan daging. Jenis antioksidan ini bisa membuat kulit Anda tampak muda dengan membantu meningkatkan produksi kolagen hingga dapat menyamarkan kerutan, garis halus dan bintik-bintik tanda penuaan.

2. Lycopene

Jenis antioksidan yang bagus untuk kulit nomor dua, bisa Anda temui pada buah dan sayuran berwarna merah. Anda bisa mendapatkannya dari bayam merah atau sayuran lainnya yang berwarna merah. Lycopene meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan DNA kulit yang membuatnya jadi keriput. Tentu ini bisa sekaligus mencegah penuaan dini pada kulit.

3. Teh Hijau

Teh hijau, menjelma jadi pahlawan baru bagi dunia kesehatan. Zat antioksidan yang ada di dalamnya bisa membantu mencegah berbagai penyakit, dari mulai jantung, kanker, hingga masalah kulit. Antioksidan yang terdapat pada teh hijau disebut katekin. Katekin berfungsi untuk membersihkan kerusakan sel pada kulit dan menyamarkan kerutan, noda dan tanpa penuaan lainnya.

Ketika diaplikasikan langsung pada kulit, Huffpost melansir, teh hijau dapat mengurangi risiko kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh cahaya matahari, mengurangi peradangan serta mengatasi radikal bebas. Berita baiknya adalah, jumlah katekin dalam teh hijau lima kali lebih banyak dibanding dengan teh hitam.

Selain ketiga jenis antioksidan yang bagus untuk kulit yang sudah disebutkan di atas, jenis antioksidan lainnya antara lain Resveratrol, Coffee Berry, antioksidan yang ada pada Biji Anggur, Genistein, Niaciamide, dan terakhir Vitamin C.