Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Biasanya, orang yang mengalami anoreksia akan mengalami gangguan pola makan hingga kondisi fisiknya menjadi sangat kurus. Hal ini tentu akan sangat memengaruhi kondisi kesehatan, bahkan menyebabkan osteoporosis.

Anoreksia Ternyata Meningkatkan Risiko Osteoporosis

Risiko osteoporosis akan semakin tinggi jika anoreksia dialami oleh wanita, karena wanita sudah memiliki tingkat risiko osteoporosis yang tinggi. Hal ini disebabkan kalsium dalam tubuh wanita digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi janin selama masa kehamilan. Namun, adanya kondisi anoreksia dapat menyebabkan osteoporosis semakin tinggi risikonya.

National Institute of Health Osteoporosis and Related Bone Disease menyebutkan bahwa osteoporosis pada anoreksia disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Tidak adanya asupan gizi yang cukup

Asupan gizi yang tidak terpenuhi tentu akan memengaruhi kebutuhan organ dan jaringan tubuh secara. Hal ini juga termasuk kebutuhan tulang. Tulang membutuhkan zat gizi mikro, yaitu kalsium dan vitamin D, yang umumnya pada kondisi anoreksia kurang dapat terpenuhi.

2. Pengaruh produksi hormon

Kondisi berat badan yang sangat rendah menyebabkan produksi hormon estrogen pada wanita dan testoteron pada pria terhenti. Pada hal ini akan menyebabkan kondisi amenora yang memengaruhi siklus menstruasi, serta hingga menyebabkan hilangnya mineral tulang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Selain itu hormon kortisol akan diproduksi berlebih, hormon ini justru menjadi pemicu mineral tulang menjadi lebih cepat hilang.

3. Kepadatan tulang yang rendah

Tidak terpenuhinya kebutuhan kalsium dan vitamin D serta hilangnya mineral inti tulang akan menyebabkan kepadatan tulang semakin berkurang. Hal ini akan menyebabkan osteoporosis dan meningkatkan risiko fraktur atau patah tulang.

Hal ini tentu harus segera diatasi, pada penderita anoreksia penanganan dari sisi psikologis harus beriringan dengan pemenuhan asupan gizi.

Jika kondisi anoreksia sudah dapat diatasi maka penderita dianjurkan untuk memeriksakan kepadatan tulangnya melalui tes bone mineral density. Sehingga tidak hanya kondisi fisik yang semakin baik, namun kesehatan tulang juga akan terpantau, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi