Bisakah Tidur Terlentang dan Angkat Kaki Setelah Seks Percepat Kehamilan

doktersehat seks untuk kehamilan

DokterSehat.Com – Wanita yang baru saja menikah dan ingin segera mendapatkan momongan pasti sering mendapatkan selentingan tentang cara cepat hamil. Dari beberapa isu yang beredar, ada yang menyarankan pria dan wanita bercinta setiap 2-3 hari sekali dan ada yang menyuruh wanita mengangkat kaki setelah bercinta.

Isu pertama sebenar benar. Sperma terbentuk dengan sempurna selama 48-72 jam. Bercinta setiap 2-3 hari sekali akan meningkatkan peluang terjadinya pembuahan. Sementara itu, bagaimana dengan isu kedua? Apakah dengan mengangkat kaki bisa membuat wanita mudah hamil.

Kecepatan tembak sperma dan pergerakannya

Sebenarnya tanpa diangkat kakinya pun kehamilan masih bisa terjadi. Saat pria mengalami ejakulasi, penis akan menembakkan air mani yang berisi sperma dengan kecepatan 45 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini, sperma bisa dengan  mudah dihantar sampai ke area serviks sebelum akhirnya berenang ke rahim.

Kecepatan sperma juga memengaruhi besar dan kecilnya peluang pembuahan. Normalnya kecepatan sperma sekitar 25 mikrometer per detik. Kalau kecepatan sperma menurun, peluang terjadi kehamilan akan turun menjadi 10 persen.

Pengaruh mengangkat kaki usai bercinta

Kembali lagi ke masalah kaki yang diangkat. Hingga saat ini belum apa penelitian yang menunjukkan efektivitas tidur mengangkat kaki selama beberapa saat agar cepat hamil. Jadi, mau mengangkat kaki atau tidak kehamilan tetap bisa terjadi.

Daripada membingungkan masalah kaki yang diangkat atau tidak, wanita harus memikirkan faktor  yang mempercepat kehamilan lainnya. Pertama adalah masa subur yang terjadi 14 hari setelah hari terakhir menstruasi. Selain itu kesehatan dari vagina juga memengaruhi cepat atau lambatnya pembahan. Kalau vagina mengalami infeksi, kehamilan tentu akan sulit terjadi.

Nah, sudah tahu kan kalau mengangkat kaki atau tidak kehamilan tetap bisa terjadi. Semoga bisa menambah pengetahuan.