Terbit: 6 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Angelica adalah nama untuk sebuah tanaman herbal yang dipercaya memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang dimaksud? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Angelica: Manfat, Efek Samping, Dosis, dll

Apa Itu Angelica?

Angelica adalah tumbuhan yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional, khususnya di negara-negara Asia. Akar dari sejumlah spesies tanaman ini sudah sejak lama digunakan untuk membuat obat-obatan herbal. Spesies yang paling sering dimanfaatkan akarnya adalah Angelica archangelica (A. Archangelica) dan Angelica sinensis (A. sinensis).

Akar dan bagian lain dari kedua tanaman ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional dan herbal, terutama A. sinensis. Spesies tersebut umum digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk berbagai tujuan, termasuk menyeimbangkan hormon, merawat sistem pencernaan, dan detoksifikasi organ hati (liver).

Kendati demikian, A. archangelica juga oleh masyarakat di beberapa negara Eropa dimanfaatkan untuk sejumlah kebutuhan mulai dari mengatasi gangguan pencernaan, sirkulasi darah, hingga gangguan kecemasan. Walaupun begitu, sebenarnya masih sedikit bukti ilmiah yang mendukung penggunaan keduanya.

Mekanisme Kerja Angelica

Dikarenakan masih terbatasnya studi ilmiah terhadap tanaman maupun akarnya, maka belum dapat dipastikan juga bagaimana mekanisme kerja dari tanaman ini. Akan tetapi, dari studi yang telah dilakukan, diketahui jika tanaman ini memiliki peran sebagai:

  • Antiseptik
  • Penenang

Manfaat Angelica bagi Kesehatan

Terbatasnya studi ilmiah yang telah dilakukan terhadap tanaman ini menyebabkan klaim mengenai manfaatnya bagi kesehatan belum bisa dikatakan valid. Meskipun begitu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui apa saja sih yang bisa ‘diberikan’ oleh tanaman herbal yang satu ini.

1. Merawat Kulit

Manfaat pertama dari tanaman yang masuk dalam keluarga apiaceae ini adalah untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan zat alami di dalam tanaman tersebut dipercaya dapat:

  • Melembutkan kulit
  • Membersihkan dan mencerahkan kulit
  • Mengatasi dan mencegah jerawat
  • Mengatasi ruam (eksim) pada kulit

Guna mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mencampurkan akarnya dengan gel lidah buaya. Kemudian, oleskan ke kulit tubuh khususnya kulit wajah. Sementara untuk badan, Anda bisa menggunakan Angelica yang sudah diolah menjadi minyak esensial, lalu campurkan dengan air hangat. Mandilah dengan campuran air hangat dan minyak tanaman tersebut.

2. Merawat Kesehatan Rambut

Tanaman ini dipercaya mengandung vitamin E. Oleh sebab itu, tanaman—baik daun, batang, maupun akar—juga diklaim dapat merawat kesehatan rambut.

Vitamin E yang terkandung di dalam akar tanaman tersebut akan membantu untuk menutrisi kulit kepala sekaligus memperlancar aliran darah menuju kulit kepala guna memasok oksigen. Ini tentu saja akan membuat rambut senantiasa sehat dan tumbuh dengan baik. Tidak hanya itu, akar tanaman juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan sel-sel rambut.

3. Meredakan Gejala Pra Menstruasi (PMS)

Manfaat selanjutnya dari tanaman ini adalah untuk meredakan gejala pra menstruasi (PMS) pada wanita yaitu perut kram. Tanaman bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon-hormon di dalam tubuh. Dengan demikian, gejala dapat mereda.

4. Memperlancar Pencernaan

Siapa sangka, tanaman ‘ajaib’ ini juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Ya, kandungan zat yang dimilikinya—meskipun belum bisa dikatakan kuat—diklaim dapat membantu memperlancar proses pencernaan dan penyerapan sari-sari makanan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, mengonsumsi tanaman tersebut juga disebut-sebut dapat membantu mengurangi gas berlebih di dalam perut.

5. Mengatasi Radang Sendi

Akar Angelica—khususnya A. sinensis— dapat mengatasi permasalahan sendi seperti osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis (RA), yakni kondisi di mana sendi mengalami peradangan (inflamasi) akibat gangguan autoimun.

Akar tanaman tersebut menurut penelitian berperan dalam menurunkan respons inflamasi, mengurangi rasa sakit dan memperbaiki beberapa gejala lainnya. Namun, penelitian tersebut belum bisa dijadikan acuan dikarenakan objek penelitian yang digunakan masih berupa hewan. Perlu adanya studi lebih lanjut dengan objek manusia guna memastikannya.

6. Mengatasi Nokturia

Nokturia adalah suatu kondisi ketika seseorang harus terbangun beberapa kali di malam hari untuk buang air kecil. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Scandanavian Journal of Urology lantas menganalisis perihal potensi penggunaan Angelica sebagai pengobatan untuk kondisi tersebut.

Peneliti menggunakan produk khusus yang berasal dari daun A. archangelica untuk merawat 69 pria berusia 45 ke atas. Para pasien diacak untuk menerima pengobatan herbal atau plasebo selama delapan minggu.

Para peneliti menyimpulkan bahwa pengobatan tanaman ini memang efektif untuk mengatasi nokturia. Akan tetapi, efektivitas tersebut tetap masih berada  di bawah plasebo.

7. Mencegah Kanker

Dalam penelitian pada hewan dan tabung reaksi, ekstrak A. sinensis dan A. archangelica terbukti dapat membunuh sel glioblastoma, yang merupakan bentuk kanker otak agresif. Namun, ini tidak berarti bahwa mengonsumsi suplemen akar tanaman tersebut dapat membunuh kanker otak pada manusia.

Dibutuhkan lebih banyak penelitian dengan objek manusia manusia sebelum keduanya benar-benar dapat dianggap sebagai ‘obat’ kanker yang potensial.

8. Mengobati Luka

A. sinensis juga diduga dapat meningkatkan penyembuhan luka. Tanaman tersebut berperan dalam mendorong angiogenesis atau pembentukan pembuluh darah baru.

Beberapa bukti ilmiah bahkan menemukan jika manfaat Angelica dalam mengobati luka ini juga termasuk luka pada kaki akibat diabetes.

9. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Pada beberapa studi lainnya, tanaman ini terbukti dapat mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder). Sayangnya, lagi-lagi hal tersebut belum dapat dipastikan dikarenakan objek penelitian yang digunakan dalam studi-studi tersebut masih berupa hewan.

Masih ada lagi beberapa manfaat yang kemungkinan bisa didapat dari Angelica, yaitu:

  • Mengatasi gangguan makan (anoreksia)
  • Mengatasi maag
  • Mengatasi stroke
  • Mengatasi demensia
  • Mengatasi demam
  • Mengatasi insomnia

Efek Samping Angelica

Penggunaan tanaman herbal ini mungkin akan menimbulkan gejala efek samping, kendati sangat jarang terjadi dan belum bisa dipastikan juga. Gejala efek samping yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Gangguan jantung
  • Peningkatan tekanan darah
  • Peningkatan sensitivitas kulit terhadap sinar UV
  • Dermatitis kontak

Segera hentikan pemakaian obat ini dan periksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala-gejala di atas. Dokter akan mencari tahu apakah gejala-gejala tersebut berkaitan dengan penggunaan obat herbal tersebut atau bukan.

Apakah Angelica Aman bagi Ibu Hamil dan Menyusui?

Belum bisa dipastikan apakah tanaman ini aman bila digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Maka dari itu, Anda yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan apabila hendak menggunakan obat herbal yang satu ini.

Interaksi Angelica

Tanaman herbal ini kemungkinan akan berinteraksi ketika digunakan bersamaan dengan sejumlah obat-obatan seperti:

  • Obat antikoagulan (warfarin, heparin, dsb.)
  • Obat kolesterol
  • Obat antikejang
  • Suplemen dengan komposisi ekstrak jeruk bali

Dosis Pemakaian Angelica

Angelica masuk ke dalam kategori obat herbal bebas. Penggunaannya bisa tanpa resep dokter. Kendati demikian, sebaiknya tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini, terutama apabila Anda sedang hamil atau menyusui, pun Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan yang memiliki interaksi dengannya.

1. Sediaan Angelica

Obat herbal ini tersedia dalam bentuk suplemen, minyak esensial, atau ramuan kering. Anda bisa mendapatkannya di toko obat.

2. Dosis Angelica

Dosis pemakaian obat bisa berbeda-beda untuk tiap orang. Ikuti petunjuk yang ada di kemasan atau jika masih ragu, tanyakan pada apoteker atau dokter.

 

  1. Anonim. Angelica. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-281/angelica (diakses pada 6 Oktober 2020)
  2. Mukherjee, P. 2019. 6 Surprising Benefits Of Angelica Herb For Skin, Hair And Health. https://www.stylecraze.com/articles/surprising-benefits-of-angelica-herb-for-skin-hair-and-health/ (diakses pada 6 Oktober 2020)
  3. Shoemaker, S. 2020. Angelica Root: Benefits, Uses, and Side Effects. https://www.healthline.com/nutrition/angelica-root#downsides (diakses pada 6 Oktober 2020)
  4. Wong, K. 2020. The Health Benefits of Angelica. https://www.verywellhealth.com/angelica-what-you-need-to-know-89539 (diakses pada 6 Oktober 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi