Anda Harus Tahu, Inilah 3 Fakta Tentang Infeksi Ragi pada Vagina

penyakit-vagina-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Vagina merupakan organ vital wanita yang bersifat sensitif dan sangat rentan terhadap penyakit. Sudah menjadi kewajiban seorang wanita untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. Saat vagina terjangkit suatu penyakit, maka bisa mempengaruhi bagian tubuh yang lain.

Photo Credit : pexels.com

Ragi adalah jamur yang memang wajar berada di dalam vagina namun dengan jumlah yang sedikit. Akan tetapi, jika pertumbuhan ragi tersebut sudah terlalu banyak, maka Anda akan terkena infeksi jamur yang disebut dengan infeksi ragi. Infeksi ragi biasanya terjadi pada saat wanita sedang menstruasi atau hamil mengalami perubahan hormon.

Berikut adalah beberapa fakta tentang infeksi jamur ragi pada vagina yang wajib Anda ketahui.

1. Gejala Infeksi Ragi Sangat Samar

Seperti yang Anda ketahui, bahwa suatu penyakit pada wanita tidak akan terlihat langsing atau tampak samar. Maka dari itu, sebagian besar wanita akan mengabaikan gejala tersebut. Padahal, bisa saja gejala tersebut merupakan suatu pertanda akan adanya penyakit serius. Sama halnya dengan gejala infeksi ragi, gejala iritasi juga sangat sensitif terhadap detergen. Untuk membedakannya, Anda bisa melihat tingkat keputihan yang keluar dari vagina. Jika sangat banyak dan keluar secara terus menerus, maka kemungkinan besar Anda terkena infeksi ragi.

2. Ragi Tumbuh Karena Makanan Manis

Perkembangan ragi bisa dikendalikan dengan bakteri baik yang disebut laktobasillus. Bakteri ini memang ada di dalam vagina yang berfungsi untuk melindungi vagina dari bakteri jahat yang menyebabkan infeksi atau penyakit berbahaya lainnya. Makanan manis bisa menjadi pemicu tumbuhnya ragi. Selain itu, obat antibiotik yang biasa Anda konsumsi juga dapat membunuh bakteri baik dalam vagina sehingga tidak dapat mengendalikan pertumbuhan ragi.

3. Stres dan Cemas Pemicu Tumbuhnya Ragi

Bukan hanya masalah makanan saja yang menjadi faktor tumbuhnya ragi, tetapi pikiran stres dan cemas juga akan membuat ragi tumbuh liar dan meningkatkan keputihan yang keluar dari vagina menjadi semakin banyak. Untuk itu, Anda harus selalu berpikir positif agat tidak merasa stres dan cemas sehingga bisa terhindar dari infeksi jamur pada vagina.